8 Tahun Tunaiku Salurkan Pinjaman Total Rp8 Triliun ke Masyarakat Indonesia
Chief Technology Officer Amar Bank Kevin Kane

Tunaiku, platform pinjaman digital berbasis aplikasi pertama di Indonesia dari PT Bank Amar Indonesia Tbk (Amar Bank), bank digital pure-play pertama dan satu-satunya di Indonesia, merayakan dampak sosial yang positif di hari  jadinya ke-8 tahun.

Hingga saat ini, Tunaiku terus melanjutkan komitmennya untuk menyediakan akses keuangan bagi segmen masyarakat yang belum dan kurang terlayani oleh perbankan dan lembaga keuangan (unbanked and underserved), dan telah mengomunikasikan dampak positifnya dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui kampanye #Semua8isaLebih.

Selama 8 tahun terakhir, Tunaiku telah berhasil menjadi platform pinjaman digital yang bermanfaat dan berupaya meningkatkan taraf hidup masyarakat. Aplikasi ini  telah membantu kehidupan masyarakat Indonesia dengan total pinjaman lebih dari 850.000 dengan total penyaluran dana sebesar lebih dari Rp 8 triliun sejak tahun 2014.

Tunaiku telah diunduh lebih dari 9 juta kali dan dimanfaatkan berulang kali oleh nasabahnya, hal ini membuktikan bahwa Tunaiku dapat diandalkan dalam setiap fase kehidupan mereka. Sampai saat ini, 3 tujuan utama peminjam Tunaiku adalah pinjaman yang memiliki tujuan produktif dan berkelanjutan seperti untuk renovasi, modal usaha, dan pendidikan.

“Di hari jadinya yang ke-8, Tunaiku ingin menyampaikan apresiasi kepada para nasabah dan seluruh pemangku kepentingan yang telah membuat Tunaiku berkembang hingga menjadi brand terpercaya. Kami akan terus memanfaatkan teknologi untuk menciptakan dampak sosial yang semakin penting untuk pemulihan ekonomi pascapandemi,” ujar Vishal Tulsian, Presiden Direktur PT Bank Amar Indonesia Tbk.

Vishal mengaku ada tiga hal yang membedakan Tunaiku dengan pinjaman digital lain, yaitu: pertama, komitmen. Menurut Bank Indonesia, 91,3 juta orang Indonesia masih belum tercakup oleh layanan perbankan, atau unbanked . Tunaiku dan Amar Bank telah berkomitmen sejak awal untuk memperluas lebih banyak akses ke layanan keuangan dan mendukung inklusi keuangan. Jadi tidak hanya mengejar profit, tetapi juga tentang pertumbuhan yang berkelanjutan dan memberikan dampak sosial bagi masyarakat, terutama bagi mereka yang unbanked dan underserved.

Kedua, transformasi digital. Melalui Tunaiku, Amar Bank telah bertransformasi secara digital sejak tahun 2014 sehingga infrastruktur, sistem, dan keamanan digitalnya sudah teruji dan selalu terus dikembangkan.

Ketiga, mindset and culture. Di era digital, bukan lagi nasabah yang mendatangi bank tapi bank yang hadir dalam setiap fase kehidupan nasabah. Tunaiku terus berfokus terhadap nasabah dan kebutuhan mereka, serta mengandalkan hasil data riset dan interview untuk mendapatkan wawasan mengenai kebutuhan masyarakat yang terus berkembang. Inilah mengapa Tunaiku dapat memenuhi kebutuhan nasabahnya dengan produk dan layanannya yang tepat sasaran.

“Inilah perbedaan Tunaiku dari pinjaman digital lainnya, yang telah membuat Tunaiku mendapatkan kepercayaan dari masyarakat dan berhasil meraih berbagai prestasi serta penghargaan selama 8 tahun terakhir,” kata Maria Firani, Corporate Communication PT Bank Amar Indonesia Tbk.

Untuk memeriahkan ulang tahunnya, Tunaiku mengadakan serangkaian acara internal dan eksternal, antara lain aksi sosial ‘Donor Darah bersama Tunaiku’ yang  bekerja sama dengan PMI Jakarta Pusat serta dimeriahkan oleh Amarites (sebagai karyawan Amar Bank), referral Tunaiku, nasabah, dan masyarakat sekitar. Sebagai bagian dari program apresiasi Tunaiku dan untuk mendorong perencanaan keuangan yang lebih baik dengan melakukan pembayaran pinjaman lebih cepat, Tunaiku mengadakan ‘Bayar Lebih Cepat Challenge’, nasabah ditantang untuk membayar cicilan  periode Juni paling lambat 30 Juni 2022. 8 nasabah yang beruntung akan mendapatkan hadiah tabungan Senyumku masing-masing Rp 800.000.

Sebagai penutup perayaan, Tunaiku menggelar IG Live Talk Show mengenai edukasi keuangan yang dipandu oleh Shafira Umm. Bersama Maria Firani talk show ini bertemakan ‘The Good Debts: Dampak Sosial Tunaiku’ yang diselenggarakan pada 24 Juni 2022, dan mengajak masyarakat untuk berdiskusi bersama tentang bagaimana menggunakan pinjaman produktif dan dampak positif yang diberikan Tunaiku untuk membantu masyarakat meningkatkan taraf hidup mereka.

Swa.co.id


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.