300 UMKM Meriahkan Djakarta Festival 2022

Kamar Dagang dan Industri (KADIN) DKI Jakarta menggelar event Djakarta Festival 2022 (DjakFest) di ParkirTimur Senayan, Jakarta Selatan pada 26-28 Agustus 2022. Diharapkan gelaran ini dapat mendukung pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) di DKI Jakarta meningkat bisnisnya.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) DKI Jakarta Diana Dewi mengatakan, DJakarta Festival 2022 merupakan komitmen Kadin bersama seluruh pemangku kepentingan untuk berkolaborasi dalam mendorong bangkit dan pulihnya usaha IKM dan UMKM serta perekonomian di DKI Jakarta melalui kegiatan promosi produk-produk unggulan mereka.

Bukan saja pameran, ada juga konser musik Andra and The Back Bone, Galba Lesmana, Black Stone Band, dan penampilan Kadin 5 wilayah kota. Serta berbagai perlombaan, sajian kuliner, fashion show, handycraft, dan lainnya.

Kegiatan Djakarta Festival 2022 terinspirasi oleh Djakarta Fair dimulai pada tahun 1968 yang juga diinisiasi KADIN Jaya. Sekarang kegiatan ini dikenal bernama Pekan Raya Jakarta. Djakarta Festival ini berkolaborasi dengan Dinas Parekraf, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan Dinas PPUKM DKI Jakarta untuk para IKM dan UMKM di Provinsi DKl Jakarta khususnya binaan KADIN DKI Jakarta, Dinas PPUKM DKI Jakarta serta Jakpreneur di Provinsi DKI Jakarta.

“Melalui kegiatan ini, KADIN DKI Jakarta juga melihatkan UMKM milik penyandang disabilitas. Pelibatan kelompok disabel ini merupakan wujud nyata komitmen kami untuk mendorong perkembangan UMKM milik disabilitas agar dapat sejajar dengan UMKM lainnya,” ujar Diana.

Ketua Penyelenggara Djakarta Festival 2022 Uchy Hardiman mengatakan, kegiatan ini merupakan gelaran perdana KADIN DKI Jakarta setelah pandemi berlalu. “Produk yang dipasarkan pada Djakarta Festival, antara lain tas bahan rajutan, kreasi dari batik tenun. Seluruh pelaku IKM dan UMKM yang mengikuti event ini mendapat stan (tenda, meja, kursi, listrik) secara gratis, tanpa dipungut biaya. Mudah-mudahan, ke depan, acara ini dapat menjadi inspirasi serta menjadi cikal bakal pilot project untuk KADIN seluruhIndonesia,” terang Uchy.

Dukungan layanan digital juga diberikan pada para pelaku usaha dan pengunjung dalam event Djakfest, KADIN DKI Jakarta dengan dukungan solusi sistem pembayaran digital PT Netzme Kreasi Indonesia (Netzme). Kolaborasi antara KADIN DKI Jakarta dan Netzme pada pembayaran non tunai di merchantmerchant DjakFest2022 melalui sistem pembayaran berbasikan QRIS. Bukan hanya itu saja, peserta pameran juga bisa monitoring secara digital transaksi serta monitoring secara digital pengunjung Djakarta Festival 2022.

Event Djakarta Festival (Djakfest) 2022 diikuti oleh 300 peserta/merchant IKM dan UMKM di bidan gusaha kuliner, fashion, craft dan technopreneur dengan produk yang telah lolos kurasi dari pihak penyelenggara dalam hal izin usaha, model kemasan, jumlah kapasitasproduksi per hari, serta portfolio yang dimiliki. Dari total peserta/merchant yang mengikuti event ini, lebih dari 220 merchant tersebut sudah menggunakan sistem pembayaranmelalui QRIS.

CEO Netzme, Vicky G. Saputra mengapresiasi kepercayaan KADIN DKI Jakarta yang telah memilih Netzme sebagai mitra kolaborasi dalam penyediaan layanan digital guna mendukung event Djakarta Festival 2022.

“Kami mendukung langkah pemerintah dalam meningkatkan inklusi dan literasi keuangan serta digital masyarakat serta memperkuat pemulihan ekonomi pascapandemi, khususnya UMKM di DKI Jakarta. Kampanye pemanfaatan QRIS yang selalu kami lakukan juga merupakan upaya kami dalam mendukung pencapaian target program 15 Juta Pengguna Baru QRIS yang digagas Bank Indonesia,” kata Vicky.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.