Merdeka.com – Sudah menjadi rahasia umum jika sepeda motor merupakan salah satu kendaraan paling fleksibel untuk digunakan sehari-hari. Motor menjadi kendaraan yang praktis untuk menembus kemacetan, memiliki akselerasi tinggi, serta perawatan yang cenderung mudah serta murah.

Maka nggak heran jika penjualan kendaraan roda dua ini terus meningkat dari waktu ke waktu. Bahkan, nggak cuma motor baru saja yang diburu. Kendaraan roda dua bekas pun menjadi primadona lantaran harganya yang cenderung murah serta kualitasnya bisa sangat bagus.

Namun, membeli motor bekas nggak boleh dilakukan sembarangan. Ada tips dan trik khusus yang perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk membeli motor bekas. Apa saja?

Cek Kondisi Fisik dan Riwayat Motor

Aspek utama yang wajib dicek sebelum membeli motor bekas adalah memastikan kondisi fisik terutama mesin motor. Bagian fisik yang perlu dicek antara lain body, rangka, keaslian suku cadang, oli, kesehatan mesin, hingga transmisi.

Pengecekan ini perlu dilakukan bahkan ketika motor yang diincar masih hitungan bulan dan berusia muda. Seperti motor Vixion bekas yang selalu menjadi primadona para pemburu motor bekas.

Selain itu, cari tahu juga riwayat kendaraan sebelum membeli. Pastikan untuk mengetahui riwayat mulai dari kecelakaan bahkan bekas kebanjiran untuk memastikan kondisi mesin serta menyesuaikan kisaran harga.

Cari Tahu Nomor Rangka dan Nomor Mesin Motor

Selain bagian mesin, aspek administratif motor bekas juga wajib banget untuk dicek. Dalam hal ini, nomor rangka dan nomor mesin perlu disesuaikan dengan STNK atau BPKB.

Meski begitu, kamu tetap harus waspada meski nomor rangka dan BPKB sama. Hal ini penting sebab sindikat curanmor juga sudah bisa mengatur berbagai cara guna menyiasati barang curian.

Guna memastikannya, kamu bisa memanfaatkan layanan kepolisian dengan mengirim pesan singkat dengan format Metro(spasi)nomor polisi dan kirim ke 1717.

Lakukan Test Drive setelah Memastikan Semua Bagian Motor Aman

Mesin motor bekas incaran masih sangat bagus dan administrasi surat menyurat sudah aman, hal terakhir yang perlu dilakukan adalah dengan test drive. Dengan cara ini, kamu bisa mengetahui performa motor incaranmu.

Selain itu, test drive juga berfungsi untuk mengetahui apakah terdapat kebocoran pada oli atau air radiator. Pada sesi test drive juga bisa diketahui getaran kendaraan pada area stang, kinerja kelistrikan, lampu, speedometer, rem, dan sejenisnya.

Nggak boleh diremehkan, test drive sangat penting dilakukan terutama ketika kamu sedang mengincar motor bekas yang dirilis pada lebih dari 10 tahun lalu. Hal ini penting lantaran kendaraan berusia tua seperti motor RX King bekas juga masih menjadi primadona bagi para pecinta kendaraan tua.

Kamu berniat untuk berburu motor bekas? Dapatkan motor bekas berkualitas di Tokopedia. Bukan cuma menghadirkan berbagai kebutuhan harian, Tokopedia juga menjadi gerai motor bekas online berkualitas dengan harga terbaik. Penasaran? Langsung saja cek di Tokopedia sekarang!

[jfw]


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.