Dapatkan perlindungan finansial dari asuransi mobil supaya kamu terjamin dari mahalnya biaya servis dan perbaikan di bengkel. Berkat asuransi mobil, tabungan dan investasimu tetap aman.

3. Perhatikan kepadatan dan density peredam

Peredam yang bagus bukan hanya mengutamakan ketebalan, akan tetapi juga kepadatan dan density bahannya. 

Sebaiknya pilihlah peredam dengan kriteria berikut:

  • Pilih peredam yang ringan namun padat
  • Pilihlah peredam yang terbuat dari bahan toxic free atau bebas racun
  • Lebih baik untuk menggunakan peredam yang memang dirancang khusus untuk mobil, sehingga tahan dengan suhu tinggi 

4. Pertimbangkan budget

Penting untuk mempertimbangkan budget yang kamu miliki dengan harga peredam yang akan kamu beli. 

Tips Memilih Peredam Suara Mobil Diesel yang Bagus

Pilihlah peredam yang paling sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan budget, namun juga tetap memperhatikan kualitas dari peredam tersebut. 

Tips meredam suara bising mesin diesel

Selain memasangkan peredam suara mobil diesel pada bodi mobil, ada beberapa hal yang juga bisa kamu lakukan untuk meredam atau mengurangi bunyi bising dari mesin diesel, di antaranya:

1. Memberikan tambahan aditif oli

Untuk mengurangi suara dari mesin diesel, pastikan bahwa oli yang digunakan sudah sesuai dan cocok dengan jenis mesin mobil kamu. 

Selain itu kamu juga bisa menambahkan aditif oli pada mesin, di mana bahan ini dapat berfungsi untuk menambah kemampuan oli dalam melapisi bagian yang bergerak. Dengan begitu gesekan dan bunyi yang ditimbulkan juga semakin minim. 

2. Menambahkan lapisan anti karat

Selain dengan peredam suara mobil diesel, kamu juga bisa menambahkan lapisan anti karat pada kolong kendaraan untuk mengurangi kebisingan. 

Selain untuk mengurangi suara bising, lapisan anti karat ini juga bisa menghaluskan suara mesin diesel. Dengan lapisan anti karat ini kebisingan bahkan dapat dikurangi hingga 20%.

3. Melakukan tune up

Munculnya suara kasar dari mobil bermesin diesel ternyata juga bisa dipicu karena adanya masalah pada sistem pembakaran, sehingga mesin tidak dapat bekerja dengan maksimal. Umumnya masalah ini disebabkan adanya tumpukan kotoran yang terendap di dalam mesin. 

Untuk mengatasi masalah ini kamu bisa melakukan tune up di bengkel langganan kamu. Pastikan juga bahwa semua komponen mobil diesel kamu benar-benar di tune up secara menyeluruh terutama pada komponen EGR atau Exhaust Gas Recirculation.

Cara pemasangan peredam suara mobil diesel

Memasang peredam suara mobil diesel merupakan salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk mengurangi suara deru dari mesin diesel. Dengan mengurangi paparan suara dari mesin diesel, kamu pun bisa berkendara dengan lebih nyaman. 

Berikut hal yang perlu diperhatikan saat akan memasang peredam suara mobil diesel:

1. Cari dulu sumber suaranya

Sebelum memasang peredam suara mobil diesel, alangkah baiknya cari tahu dulu dari mana asal sumber suara bising yang muncul.

Sebagai contoh, apabila mobil kamu merupakan mobil diesel dengan penggerak roda belakang, umumnya bunyi bising berasal dari jalur propeller shaft yaitu mulai dari girboks sampai ke gardan belakang. 

Biasanya suara bising masuk melalui celah sambungan plat bodi atau lubang kabel yang terhubung dengan ruang kabin. 

Suara bising juga bisa masuk karena plat body yang terlalu tipis, sehingga tidak bisa menghalau suara bising yang berasal dari putaran as kopel agar tidak masuk ke dalam kabin.

2. Gunakan peredam audio

Untuk meredam bunyi bising dari mesin diesel, kamu bisa menggunakan peredam suara atau peredam kabin yang biasanya digunakan oleh para instalatur audio mobil. 

Umumnya bahan peredam suara ini berupa lembaran yang bisa ditempel pada plat bodi atau bisa juga bahan yang disemprotkan. 

Untuk meredam suara mesin diesel, kamu bisa memasang peredam pada area yang menjadi sumber bunyi, misalnya saja pada area firewall dan lantai kabin. 

Bagian tersebut merupakan bagian yang menjadi pemisah langsung antara mesin dan gardan dengan kabin. Kamu juga bisa menambahkan peredam pada area pintu-pintu dan juga di balik kap mesin. 

Pentingnya memiliki asuransi mobil

Asuransi mobil berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadap mobil kamu dari berbagai resiko yang mungkin terjadi di masa yang akan datang. 

Berbagai resiko yang dimaksud misalnya kerusakan akibat kecelakaan, bencana alam, huru-hara, terorisme, atau bahkan resiko kehilangan. 

Dengan adanya asuransi mobil ini maka kamu tak perlu bingung menanggung seluruh kerugian yang terjadi akibat resiko-resiko tersebut. 

Perusahaan asuransi akan memberikan ganti rugi atas kerugian yang kamu alami, sesuai dengan perjanjian yang disepakati bersama dalam polis asuransi. 

Adanya asuransi mobil juga dapat menghindarkan kamu dari kerugian yang besar, sehingga tidak akan mengganggu kondisi finansial.

Untuk perlindungan yang lebih lengkap dan menyeluruh, kamu bisa membeli asuransi all risk, dimana produk asuransi ini dapat memberikan perlindungan terhadap berbagai jenis risiko dengan tingkat kerugian rendah hingga tinggi sekalipun. 

Cek besaran premi yang harus dibayar dengan kalkulator premi asuransi mobil berikut ini.

FAQ seputar peredam suara mobil diesel

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memasang peredam yaitu:

  • Cari tahu dulu sumber suara bising
  • Gunakan peredam audio
  • Perhatikan tingkat kepadatan dan density peredam
  • Sesuai budget 
  • Sesuaikan pembelian peredam sesuai tempat pemasangan
  • Perhatikan jumlah peredam yang dibutuhkan

Sebaiknya pilihlah peredam dengan kriteria berikut:

Brand_A_10_IBD
Brand_A_10_IBM
  • Pilih peredam yang ringan namun padat
  • Pilihlah peredam yang terbuat dari bahan toxic free atau bebas racun
  • Lebih baik untuk menggunakan peredam yang memang dirancang khusus untuk mobil, sehingga tahan dengan suhu tinggi

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.