Timnas U-19 Indonesia Tidak Lolos ke Semifinal Meski Menang Bila Vietnam Vs Thailand Seri 1-1, 2-2

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Timnas Indonesia U-19 wajib mendapatkan kemenangan saat menghadapi Myanmar U-19 pada laga pamungkas grup A Piala AFF U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (10/7/2022) malam.

Hasil kemenangan atas Myanmar di laga pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2022 akan membuka peluang skuad Garuda Nusantara lolos ke babak semifinal Piala AFF-19 2022.

Akan tetapi hasil menang saja tak cukup. Ronaldo Kwateh dkk. juga harus berharap dari hasil pertandingan Thailand U-19 vs Vietnam U-19 yang  bergulir besok malam.

Baca juga: Aturan Ini Bikin Timnas U-19 Indonesia Gagal ke Semifinal Kalau Vietnam Vs Thailand Imbang 1-1?

Timnas U-19 Indonesia Tidak Lolos ke Semifinal Meski Menang Bila Vietnam Vs Thailand Seri 1-1/2-2
Pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 Subhan Fajri mencoba melewati penjaga gawang Filipina pada laga Piala AFF U-19 di Stadion Candrabhaga, Bekasi, Jumat (8/7/2022). Indonesia unggul 3-1 pada babak pertama pertandingan. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)

Baca juga: Klasemen Piala AFF U19 2022 Seusai Indonesia Gulung Filipina 5-1, Garuda Ganggu Vietnam-Thailand

Apabila hasil kedua negara yang kini berada di peringkat pertama dan kedua grup A itu ada yang kalah, Indonesia U-19 bisa melaju ke semifinal sebagai runner-up dengan catatan Indonesia harus menang lawan Myanmar.

Peluang lainnya Indonesia melaju ke semifinal yakni laga Thailand U-19 vs Vietnam U-19 harus berakhir imbang tanpa gol.

Akan tetapi bila Thailand U-19 vs Vietnam U-19 bermain imbang dengan skor 1-1, 2-2 dan seterusnya itu membuat Indonesia harus tersingkir.

Baca juga: Sebut Indonesia U-19 Pasti ke Semifinal, Pelatih dari Malaysia Jagokan Vietnam daripada Thailand

Ketiga pemain Timnas Indonesia U-19 Razzaa Fachrezi Aziz, Ronaldo Joybera R Junior Kwateh dan Dimas Juliono Pamungkas mencoba merebut bola dari para pemain Timnas Thailand U-19 pada laga ketiga babak penyisihan Piala AFF U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (6/7/2022). Hingga wasit meniup peluit panjang Indonesia harus menerima hasil imbang 0-0 dari Thailand. Tribunnews/Jeprima
Ketiga pemain Timnas Indonesia U-19 Razzaa Fachrezi Aziz, Ronaldo Joybera R Junior Kwateh dan Dimas Juliono Pamungkas mencoba merebut bola dari para pemain Timnas Thailand U-19 pada laga ketiga babak penyisihan Piala AFF U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (6/7/2022). Hingga wasit meniup peluit panjang Indonesia harus menerima hasil imbang 0-0 dari Thailand. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)

Jika skenario itu terjadi, maka Thailand dan Vietnam lah yang melaju ke babak semifinal Piala AFF U-19 2022 dengan keunggulan head to head.

“Syarat Indonesia lolos Indonesia harus menang, berapapun skornya dan Vietnam vs Thailand harus saling mengalahkan atau Vietnam vs Thailand imbang skor 0-0,” ujar Bandung Saputra, Media Officer PSSI, Sabtu (9/7/2022).

Bandung menyebut, jika Thailand Vs Vietnam berkahir seri dengan dihiasi gol, maka Timnas U-19 Indonesia gagal ke semifinal merujuk pada klasemen kecil antara Indonesia, Thailand, dan Vietnam yang menghitung head to head antartim.

Baca juga: Aturan Ini Bikin Timnas U-19 Indonesia Gagal ke Semifinal Kalau Vietnam Vs Thailand Imbang 1-1?

“Tetapi kalau Vietnam vs Thailand imbang 1-1, 2-2 atau lebih, Indonesia Tidak Lolos ke Semifinal karena head to head dulu dan dibikin klasemen kecil mereka bertiga. Terus hasil Indonesia vs Vietnam dan Thailand skor imbang 0-0 semua,” jelasnya.

Pertandingan Indonesia U-19 vs Myanmar U-19 akan tersaji di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Minggu (10/7/2022) pukul 20.00 WIB.

Pada waktu yang sama, Timnas Thailand U-19 akan menghadapi Vietnam U-19 di Stadion Madya, Jakarta.


Artikel ini bersumber dari www.tribunnews.com.