Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) ikut serta mendorong pengembangan wisata dan ekonomi kreatif Kota Bontang, Kalimantan Timur, sebagai upaya menyambut Ibu Kota Negara (IKN).

Hal tersebut dilakukan PKT melalui monitoring pengembangan pembinaan program Guntung Eco Culture Sport Tourism (GECST), dengan menggelar Management Goes to Community bertajuk Senam Sehat Karyawan Bersama Warga Guntung (Semawar Guntung) di lamin adat Kutai Guntung.

Direktur Keuangan dan Umum PKT Qomaruzzaman mengatakan, pembinaan program GECST ini salah satu bentuk keseriusan PKT dalam mendorong pengembangan potensi wisata Kota Bontang, setelah keberhasilan pembinaan program Better Living in Malahing selama lima tahun.

Baca juga: Arsitek Harapkan Sentuhan Etnik yang Kuat di Pembangunan Infrastruktur Pemerintahan IKN

Better Living in Malahing masuk menjadi 100 destinasi wisata nasional, sehingga pengembangan potensi lainnya ditindaklanjuti PKT melalui program GECST agar pariwisata Bontang semakin tumbuh dan berkembang.

“Program GECST merupakan kesinambungan pembinaan sektor pariwisata yang digagas PKT setelah Better Living in Malahing, dan akan dijalankan dalam lima tahun ke depan,” ujar Qomaruzzaman dalam keterangannya, Sabtu (23/7/2022).

Baca juga: Agustus, Badan Otorita Akan Mulai Jajaki Partisipasi Pasar Bangun IKNĀ 

Berkaca pada Better Living in Malahing, kata Qomaruzzaman, pengembangan potensi wisata budaya dan olahraga pada program GECST juga akan diikuti dengan peningkatan kapasitas sumberdaya manusia dengan mengedepankan aspek pemberdayaan masyarakat.

Hal ini ditindaklanjuti dengan pembentukan FKPP Kelurahan Guntung, sebagai pengelola GECST yang dibekali berbagai keterampilan disamping penguatan infrastruktur penunjang dan fasilitas wisata di Kelurahan Guntung.

“Selain pengembangan potensi wisata, masyarakat pun bisa lebih berdaya dengan berbagai keterampilan. Seperti Better Living in Malahing yang kini masyarakatnya bisa mandiri, hal ini juga akan menjadi goals GECST,” tambah Qomaruzzaman.

Baca juga: Kementerian PUPR Pastikan Japan International Cooperation Agency Ikut Berperan Dalam Pembangunan IKN

Menurut Qomaruzzaman, pengembangan potensi wisata juga target PKT untuk kesiapan menyambut Ibu Kota Negara (IKN), agar Bontang sebagai kawasan penyangga memiliki destinasi unggulan yang dapat menarik minat wisatawan, serta mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap daerah dan pembangunan masyarakat.


Artikel ini bersumber dari www.tribunnews.com.