VIVA Lifestyle – Saloka Semarang bisa menjadi pilihan destinasi wisata saat sedang berkunjung ke Jawa Tengah. Taman hiburan ini sudah tak asing khususnya bagi masyarakat kawasan JogloSemar (Jogja-Solo-Semarang) dan tentunya Jawa Tengah. Lokasinya sangat strategis di jalur utama Semarang-Solo. Saloka  Semarang Theme Park merupakan salah satu tempat wisata terbesar di Jawa Tengah dengan setidaknya 25 wahana permainan yang seru.

Taman hiburan ini telah resmi terbuka untuk umum 15 Desember 2018 di area dengan luas setidaknya 18 hektar. Ternyata nama Saloka sebenarnya berasal dari legenda lokal Baru Klinthing (seekor naga hijau yang bisa bicara). Baru Klinting adalah anak Nyai Salokantara, yang mengawali terjadinya Rawa Pening. Oleh karena itu karakter Baru Klinthing yang bersifat jujur, pemberani, cerdas, dan bersahabat ini pun menjadi maskot Saloka Semarang. Para pengunjung juga bisa sedikit belajar sejarah di sini. 

Saloka Semarang, Destinasi Taman Hiburan di Jawa Tengah

Taman Bermain Saloka Semarang

Melansir dari Kemenparekraf, Belajar sesuatu bisa jadi sangat menyenangkan selama media penyampaiannya tepat. Itulah yang berusaha disuguhkan oleh berbagai tempat wisata yang mengusung tema edukasi. Demi mencerdaskan anak bangsa namun tetap bisa memberi kebahagiaan dan kesenangan, saat ini sudah banyak sekali sarana edukasi berupa taman hiburan yang bisa ditemukan di hampir semua kota besar di Indonesia.

Kawasan ini sangat luas, yang berdiri di atas lahan seluas 12 hektar. Saloka Theme Park memiliki 25 wahana yang terbagi dalam 5 zona permainan, yaitu zona Pesisir, zona Belalantar, zona Kamayayi, zona Ararya, dan zona Segara Prada.

Saloka Semarang hadir sebagai salah satu destinasi wisata Pesona Indonesia yang berbentuk taman rekreasi tematik keluarga di Jawa Tengah yang mengusung konsep kearifan lokal. Berlokasi di persimpangan antara kota Semarang, Salatiga, Surakarta dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di dalam kawasan ini juga terdapat pertunjukkan Baru Klinthing untuk memberikan hiburan pada pengunjung. Area rekreasi juga dilengkapi dengan restoran, cafe, dan foodtruck, supaya pengunjung tidak merasa kelaparan dan kehausan. Selain itu, makanan dan minuman yang tersedia dapat dinikmati sambil bersantai.

Tentu saja, Saloka Semarang dibangun dengan peralatan modern nan canggih oleh tenaga ahli berpengalaman dengan lisensi internasional, jadi bisa tenang saat menikmati permainan yang ada. Melansir dari berbagai sumber, berikut wahana yang bisa dikunjungi di Saloka Semarang

Berikut ini wahana yang dapat dikunjungi di Saloka Semarang

Taman Bermain Saloka Semarang

Taman Bermain Saloka Semarang

Zona Pesisir

Di zona pesisir ini Saloka Theme Park mengajak para pengunjung serasa berada di pantai. Mereka telah mengatur berbagai dekorasi, bangunan hingga interiornya untuk membawa pengunjung berfantasi. Terdapat beberapa wahana hiburan yang berada di zona ini, yaitu

Cakrawala

Wahana ini merupakan sebuah bianglala yang cukup besar. Wisatawan bisa menikmati keindahan Rawa Pening dari Cakrawala setinggi 33 meter ini

Lumbung Ilmu Galileo

Wahana ini akan mengajak wisatawan, terutama anak-anak untuk mengenal para ilmuwan dunia.

Arena Jejogedan dan Kapal Jenju

Di wahana ini kamu bisa bermain sambil menikmati keindahan air mancur menari dengan latar sebuah kapal jenju.

Cafe Jenju

Setelah puas bermain di zona ini kamu bisa mengisi perutmu dengan aneka donat dan pizza di

Cafe Jenju.

Zona Balalantara

Sesuai namanya, di zona ini kamu akan diajak seolah-olah berada di dalam hutan. Ada beberapa wahana di zona ini meliputi:

Kumbang Layang

Kamu bisa menikmati sensasi mengendarai air bike dengan ketinggian 4 meter. Panjang lintasannya mencapai 500 meter.

Angon Ingon

Di wahana ini pengunjung akan diajak mengenal aneka satwa, seperti beragam macam burung, unggas, kura-kura, kelinci, dan hewan lainnya.

Safari Bocah

Pengunjung bisa mengendarai kereta bersafari di jalanan yang penuh tanaman bunga dan jamur. Perjalanan akan memakan waktu 5 menit.

Adu Nyali

Wahana ini merupakan permainan rumah hantu yang penuh kejutan. Ada beberapa cerita yang ditampilkan di rumah hantu tersebut.

Zona Kamayayi

Zona ini paling dicari oleh anak-anak. Mereka bisa menjajal beberapa permainan di zona ini.

Tata-titi

Wahana ini diperuntukkan bagi anak 5-10 tahun. Mereka bisa mengendarai mobil-mobilan dengan beberapa tantangan.

Polah Bocah

Ada berbagai permainan untuk anak usia 1-6 tahun seperti mandi bola, cangkir berputar, perosotan dan lain-lain.

Komidi Kuda Laut

Wahana ini merupakan komidi putar dengan bentuk kuda laut yang bisa dinaiki oleh anak-anak berumur maksimal 10 tahun.

Semprat Semprot

Di wahana ini kamu akan bermain basah-basahan. Jadi jangan lupa membawa pakaian ganti.

Ilustrasi hidup bahagia.

Zona Ararya

Zona ini cocok untuk wisatawan yang menyukai tantangan dan sensasi ekstrem.

Lika-liku

Wahana ini merupakan permainan sejenis roller coaster dengan ketinggian 12 meter. Wisatawan akan diajak meluncur selama sekitar 2 menit.

Paku Bumi

Kamu akan merasakan sensasi jatuh dari ketinggian 38 meter, kemudian kembali naik dengan kecepatan tinggi.

Bengak-bengok

Wahana dengan bentuk lingkaran ini akan melaju maju-mundur dan berputar perlahan-lahan di atas rel setengah lingkaran. Semakin lama lajunya akan semakin tinggi – mendekati kemiringan 90 derajat.

Obat-abit

Wahana ini memberikan sensasi duduk berayun dan melayang secara perlahan.

Senggal-senggol

Bagi kamu yang sudah pernah main boom boom car atau montor senggol tentu sudah tidak asing lagi dengan permainan ini.

Rimba Cafe

Setelah lelah memacu adrenalin, kamu bisa beristirahat di cafe dengan tema hutan.

Zona Segara Prada

Di zona ini wisatawan akan diajak merasakan sensasi berada di kawasan pertambangan. Adapun beberapa wahana yang disiapkan meliputi:

Taman Galelio

Di taman ini wisatawan bisa mencoba permainan yang menerapkan sains. Lokasinya berada di dekat Lumbung Ilmu Galileo.

Gonjang-ganjing

Wahana ini berupa kano berputar yang akan melintasi jeram sepanjang 360 meter.

Kedai Daimami

Kedai ini memiliki desain seperti suasana di pertambangan. Ada berbagai masakan Jepang di sini.

Harga Tiket Saloka Theme Park

Saloka Theme Park memiliki harga tiket yang berbeda untuk weekdays dan weekend.

Harga tiket pada weekdays seharga Rp 120.000 per orang

Harga tiket pada weekend seharga Rp 150.000 per orang

Tiket dapat dipesan melalui laman salokapark.com, pembayaran tiket dapat dilakukan di minimarket, bank, maupun layanan pembayaran secara online.

Dilihat sekilas, Saloka Semarang memang mirip seperti Dufan di Jakarta yang menawarkan berbagai wahana menarik. Bagi warga di sekitar Jawa Tengah yang belum bisa ke ibu kota, mengunjungi tempat hiburan ini bisa menjadi pengobat rindu namun kualitas wahana yang ditawarkan pun patut diacungi jempol dan bisa dikatakan tidak kalah dari berbagai taman hiburan yang sudah ada di Indonesia karena memiliki nilai lebih. 

Artikel ini bersumber dari www.viva.co.id.