Salah satu hal penting yang perlu kamu ketahui dalam rangka untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan adalah biaya perbaikan mobil tabrakan.

Memang, biaya perbaikan mobil tabrakan parah dan yang ringan tentu akan sangat beragam karena memiliki tingkat kesulitan pengerjaan yang jauh berbeda. Selain itu, harga yang ditawarkan juga seringkali berbeda antara bengkel resmi dan bengkel umum biasa.

Jika kamu sedang mencari informasi mengenai rincian biaya perbaikan mobil tabrakan, kamu bisa menyimak penjabarannya pada artikel berikut ini. 

Biaya perbaikan mobil tabrakan berdasarkan jenis kerusakannya 

Biaya perbaikan mobil tabrakan tentu akan berbeda tergantung dari tingkat dan jenis kerusakan yang ditimbulkannya. 

Semakin parah tabrakan, maka akan menimbulkan masalah fisik pada kendaraan yang akhirnya membutuhkan perbaikan tinggi sehingga harganya akan menjadi jauh lebih mahal. 

Sebagai gambaran, berikut adalah biaya perbaikan mobil tabrakan yang harus dikeluarkan dilihat dari jenis dan tingkat kerusakannya. 

1. Biaya perbaikan mobil tabrakan parah

Mobil dengan insiden tabrakan yang parah tentu akan menawarkan biaya yang berbeda dengan yang hanya menimbulkan baretan ringan saja pada body kendaraan. 

Sebab, usaha yang diperlukan untuk mengerjakan perbaikan tersebut tentu akan memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan kerusakan ringan. Tidak heran jika perkiraan biaya perbaikan mobil tabrakan parah ini mulai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Hal ini karena perbaikan tidak hanya dilakukan pada body mobil saja namun juga akan ada beberapa komponen mobil lainnya yang rusak sehingga juga harus ikut diganti.

2. Biaya perbaikan mobil penyok depan

Kerusakan yang paling sering terjadi saat tabrakan mobil adalah adanya bagian penyok yang diakibatkan oleh tabrakan baik karena kendaraan lain ataupun kelalaian diri sendiri. Selain itu, biaya perbaikan mobil penyok parah tentu akan berbeda dengan yang ringan.

Bahkan perbedaan bagian penyok depan dan belakang juga akan menawarkan estimasi biaya perbaikan yang juga akan memiliki nominal berbeda. 

Jika kamu mengalami penyok pada bagian depan, maka perbaikannya akan masuk biaya dalam kategori yang cukup berat bahkan hingga jutaan rupiah untuk peyok yang berat karena pada bagian kap mobil terdapat banyak mesin krusial untuk mengoperasikan kendaraan.

Adapun biaya mobil penyok sedikit, terutama pada bagian panel yang berukuran kecil seperti pintu adalah sekitar Rp300 sampai Rp600 ribu. Sementara biaya untuk panel besar adalah sekitar Rp800 ribu – Rp1,7 juta.

3. Biaya perbaikan mobil tabrakan penyok belakang

Pada bagian belakang kendaraan biasanya memiliki bumper dan bagasi dengan biaya perbaikan yang berbeda. Sebab, panel kecil seperti bumper biaya perbaikannya adalah sekitar Rp450 – Rp600 ribu. 

Sedangkan untuk penyok pada bagian bagasi  yang merupakan kap besar maka tentu biaya yang ditawarkan akan menjadi lebih tinggi yaitu sekitar Rp700 – Rp800 ribu. Kasus seperti ini sering terjadi biasanya karena mobil penyok ditabrak motor. 

4. Perbaikan mesin sasis mobil yang rusak

Tidak hanya melulu pada bagian eksterior mobil, kejadian tabrakan juga memiliki kemungkinan untuk membuat kerusakan pada kolong atau sasis. Sayangnya, jika bagian ini rusak kamu perlu untuk menggantinya dengan yang baru atau memotong bagian sasis yang rusak. 

Kisaran biaya perbaikan mesin sasis mobil yang rusak adalah sekitar Rp150- Rp200 ribu. Jika sasis semakin panjang yang rusak maka biaya yang dikeluarkan oleh pemilik mobil tentu juga akan menjadi lebih besar pula.

5. Biaya mobil lecet dan baret

Biaya perbaikan mobil tabrakan lainnya yang harus dikeluarkan untuk kerusakan lecet dan mobil baret biasanya akan dihitung per jumlah panel yang hendak diperbaiki. 

Jika panel yang mengalami lecet termasuk kecil maka biaya yang dikenakan adalah sekitar Rp300-Rp650 ribu.

Akan tetapi, untuk ukuran panel yang cukup besar maka biaya yang akan dikenakan adalah berkisar antara Rp650-Rp900 ribu tergantung dari tingkat kesulitan selama pengerjaan.

Biaya perbaikan di bengkel resmi vs bengkel umum

Biaya perbaikan di bengkel resmi dan umum tentu akan memiliki beberapa perbedaan yang paling mendasar. 

Keunggulan bengkel resmi yakni memiliki onderdil yang terjamin 100% original dan memiliki montir yang profesional dan bersertifikat. 

Supaya kamu menjadi lebih paham, berikut adalah perbedaan biaya perbaikan mobil tabrakan yang bisa berguna sebagai bahan pertimbangan dalam memilih bengkel mobil tabrakan. 

1.  Perbaikan di bengkel resmi     

Salah satu keunggulan dari melakukan service di bengkel resmi yaitu adalah layanan dan fasilitas yang diberikannya. 

Bahkan tidak hanya itu saja, perbaikan oleh bengkel resmi seringkali memiliki ruang steril untuk pengerjaan kendaraan sehingga dapat terhindar dari debu yang menempel karena adanya proses perbaikan.

Demi mendapatkan segala kenyamanan tersebut, kamu dapat membayar Rp700 ribu – 1,5 juta per panel. Jadi, kamu dapat memperbaiki mobil milikmu setelah kecelakaan dengan mengalikan harga per panel lalu dikalikan dengan jumlah panel yang rusak.

2. Perbaikan di bengkel umum

Biaya perbaikan mobil tabrakan di bengkel umum biasanya akan jauh lebih murah dibandingkan dengan bengkel resmi. Sebab, di bengkel ini para teknisinya dapat menangani beberapa permintaan service sekaligus sehingga seringkali ada bagian yang kurang detail untuk diperbaiki.

Kisaran biaya perbaikan mobil tabrakan di bengkel umum adalah sekitar Rp200 ribu – Rp500 ribu per panel tergantung dari jenis dan tingkat kerusakan yang dikeluhkan. 

Pastikan untuk memilih bengkel umum dengan seksama agar kamu bisa mendapatkan pelayanan terbaik dengan harga yang terjangkau. Selain itu, pilih yang sudah berpengalaman agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan di mana yang akan datang pada mesin kendaraan milikmu.

Tips dari Lifepal! Usahakan untuk menservis kendaraan kamu di bengkel resmi yang memiliki kualitas terjamin. Jika harus di bengkel umum, lebih baik di bengkel yang sudah memiliki brand atau nama besar sehingga kamu bisa lebih merasa tenang. 

Agar tidak terlalu membebani keuangan, akan lebih baik lagi jika kamu memiliki asuransi mobil sehingga kamu bisa membawa mobil yang rusak akibat tabrakan ke bengkel rekanan asuransi. 

Manfaatkan asuransi mobil untuk meng-cover biaya perbaikan di bengkel 

Memiliki mobil tentu sudah harus siap dengan berbagai biaya yang menyertainya. Yang biasanya paling menguras kantong adalah biaya perbaikan mobil di bengkel. 

Karena itu, agar keuangan kamu tidak terbebani karena mahalnya biaya servis mobil, gunakan asuransi mobil terbaik yang bisa meng-cover biaya kerusakan baik kecil maupun besar. 

Temukan asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan kamu melalui kuis asuransi mobil terbaik dari Lifepal berikut ini. 

Setelah itu, hitung biaya premi asuransi yang mesti kamu bayarkan menggunakan kalkulator premi asuransi mobil yang sudah disesuaikan dengan aturan dari Otoritas Jasa Keuangan. 

Pertanyaan seputar biaya perbaikan mobil tabrakan

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.