Perusahaan logistik di Indonesia saat ini semakin cepat tumbuh dan semakin berkembang. Cara yang paling ampuh untuk mengikuti perkembangan zaman yaitu dengan mengembangkan beberapa aspek teknologinya yang bertujuan untuk memudahkan pengiriman barang.

Tidak hanya pengiriman barang ekspedisi saja yang berkembang pesat, seperti JNE, Tiki J&T, dan SiCepat, namun beberapa perusahaan logistik jenis cargo juga sudah mulai berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan tersebut. Hal itu, ditandai dengan adanya layanan-layanan baru yang mempermudah transporter dan juga pengirim barang. Apa saja perkembangan pada pelayanan jenis Cargo? Perkembangan layanan pada jenis Cargo sendiri ditandai dengan adanya teknologi baru yang memudahkan transporter dalam menemukan pelanggan, sementara itu pelanggan atau juga disebut Shipper juga dapat menemukan jasa pengiriman jenis Cargo dengan mudah atau berbasis teknologi.

Berbeda dengan pengiriman lainnya, jenis Cargo sendiri biasanya dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar, perusahaan manufaktur, pengusaha menengah, dan juga dibutuhkan oleh masyarakat untuk kehidupan sehari-hari. Untuk kamu yang saat ini masih belum tahu dan ingin mencari referensi pengiriman via Cargo melalui jalan darat atau trucking, berikut ini beberapa perusahaan Cargo Indonesia dengan teknologi terbaik yang memudahkan pengiriman barang dengan lebih efisien.

Cargo sendiri merupakan jenis pengiriman dengan muatan lebih besar daripada ekspedisi. Oleh karena itu, Cargo dan ekspedisi sendiri memiliki makna yang berbeda. Pelayanan Cargo memiliki minimum pengiriman yaitu 10 kg dengan jenis pengiriman LTL (Less Than Truckload), dan jenis FTL (Full Than Truckload) dengan minimal pengiriman 3 kg sampai 4 kg. Apa saja sih perusahaan Cargo saat ini yang biasa melakukan pengiriman berat di Indonesia?

Kargo Technologies

Kargo merupakan salah satu startup logistik yang melayani pengiriman jenis cargo berbasis teknologi. Cargo memberikan pelayanan pengiriman atau perpindahan barang dari muat hingga bongkar ke seluruh pulau Jawa. Kargo.tech saat ini menjadi salah satu jasa pengiriman logistik dengan mengandalkan aplikasi yang berfungsi untuk mempertemukan pengirim (Shipper) dengan penyedia jasa truk (Transporter). Dengan begini shipper yang selama ini kesulitan ingin menyewa truk untuk pengiriman akan lebih mudah dengan melakukan pemesanan melalui aplikasi yang disediakan oleh Kargo.tech.

Tidak hanya itu saja namun Kargo sendiri juga sudah bersinergi dengan perusahaan-perusahaan besar yang umum mempercayakan pengirimannya dengan Kargo, alasannya karena penggunaan aplikasinya lebih mudah, dan asuransi gratis yang ditawarkan oleh Kargo sendiri. Selain itu yang menarik adalah, Kargo menyiapkan sejumlah dana untuk pendanaan bagi transporter yang membutuhkan untuk kegunaan perusahaan transporter. Dengan begini, Kargo tidak hanya membantu layanan pengiriman, namun juga membantu keuangan dari transporter itu sendiri.

Trawlbens

Trawlbens merupakan jasa logistik yang pertama kali yang mengusung proses pengiriman dengan menggunakan aplikasi. Trawlbens sendiri melayani pengiriman cargo dengan tarif yang mengaku jauh lebih murah dibandingkan jasa logistik lainnya. Fitur yang ditawarkan oleh Trawlbens sendiri adalah real time tracking, dan transparansi pembayaran yang dapat secara langsung menunjukan harga kepada transporter dan juga shipper. Harapannya aplikasi Trawlbens dapat menjadi solusi permasalahan logistik yang terfokus kepada para UMKM, sehingga dapat menikmati pengiriman logistik secara premium dengan ongkos kirim yang lebih murah.

Deliveree

Deliveree merupakan salah satu jasa pengiriman Cargo yang saat ini tengah berkembang pesat melalui digitalnya. Tentu secara digital marketing, saat ini pencarian dikuasai oleh jasa pengiriman Deliveree. Jasa pengiriman ini menawarkan teknologi pencarian truk dengan menggunakan aplikasi yang dapat memudahkan mitra Deliveree dengan pengguna truk pengiriman yang mempertemukan mereka. Tidak hanya sistem FTL (Full of Truck Load), namun Deliveree sendiri menawarkan jenis LTL (Less Than Truckload) untuk pengiriman barangnya. Saat ini rating aplikasi Deliveree sendiri memiliki nilai 4.8 di playstore dengan kurang lebihnya mempunyai 1,5 juta pengguna aplikasi.

Simak Juga : Ekspedisi Cargo Surabaya Makassar

JNE Cargo/ JTR

JTR adalah layanan pengiriman yang diluncurkan dari tim ekspedisi JNE untuk keperluan pengiriman trucking. Namun sistem JTR sendiri sedikit berbeda dengan 3 perusahaan di atas, yaitu mengirimkan barang pesanan muatan kecil melalui layanan JTR atau menggunakan truk untuk beberapa pengiriman, sehingga pengiriman dilakukan menggunakan sistem LTL (Less Than Truckload). Walaupun berbeda, layanan ini masuk ke dalam jenis pengiriman Cargo terbaik karena sudah banyak digunakan sebagai pengiriman barang oleh e commerce di Indonesia, termasuk pengiriman motor, atau barang-barang pindahan rumah.

Ritase

Ritase merupakan platform layanan logistik berbasis aplikasi mobile dan desktop yang menghubungkan antara pengirim barang dan juga pengantar barang. Ritase sendiri juga sudah memiliki 500 vendor transporters yang siap mengirimkan barang yang diminta. Dengan mengembangkan aplikasinya, Ritase sudah banyak memiliki transporter dari berbagai daerah, mulai dari di Jakarta, Surabaya, Sidoarjo dan masih banyak lagi. Untuk saat ini Ritase sendiri fokus kepada mitra Ritase, hal ini untuk memenuhi permintaan pengiriman yang diminta oleh pelanggan (shipper) Ritase sendiri.