VIVA Lifestyle – BPJS sekarang sudah menyediakan fasilitas tambahan dalam bentuk apotek online. Hal ini sebagai langkah tindak lanjut atas minimnya ketersediaan obat pada apotek yang sudah bekerja sama. keberadaan apotek online BPJS pun disambut positif oleh masyarakat karena dianggap semakin memudahkan. Lalu sebenarnya apa itu apotek online dan apa saja manfaatnya?

Berikut Viva berikan ulasan yang dirangkum dari berbagai sumber mengenai penjelasan, manfaat dan cara membeli apotek online bpjs.

Apa Itu Apotek BPJS Online?

Pengertian, Manfaat dan Cara Menggunakan Apotek Online BPJS

KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa dan Komjen Gatot datangi BPJS Kesehatan

BPJS yang menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan Nasional telah lama dijalankan sejak 2015. Namun dari dulu hingga kini, ada satu masalah serupa yang masih terjadi. Obat-obat yang tersedia di apotek referensi stoknya hanya sedikit, sehingga pasien sering kesulitan mendapatkannya.

Solusi Pemerintah

Sebagai upaya peningkatan masalah kekurangan stok obat, pemerintahsmikan program perilisan baru yang Mulanya Apotek Online. Program ini berbasis digital yang dapat diakses semua orang selama terhubung ke jaringan internet.

Pengenalan Kepada Masyarakat

BPJS Kesehatan/Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan.

BPJS Kesehatan/Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan.

Pemerintah juga terus mensosialisasikan kepada masyarakat tentang apa itu apotek online bpjs agar semakin dikenal. Program ini dibuat agar mendapatkan obat karena minim stok dapat teratasi.

Wujud Aplikasi Apotek Online

Apotek Online berwujud aplikasi yang dapat dioperasikan pada perangkat smartphone, baik di Android maupun iOS. Aplikasi ini telah terintegrasi dengan berbagai apotek yang menjadi tempat rujukan BPJS. Pengguna membutuhkan koneksi internet untuk mengaksesnya.

Kemudahan untuk Semua Pihak

Aplikasi satu ini dibuat agar memberikan kemudahan bagi semua pihak. Para peserta BPJS (pasien), tenaga fasilitas kesehatan, apoteker, dan lain-lain dapat mengoperasikan aplikasi yang didesain lebih praktis daripada Apotek Online berbasis web yang dirilis sebelumnya.

Apa Manfaat Apotek Online BPJS?

Aplikasi digital dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan

Aplikasi digital dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan

Photo :

  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Dengan adanya Apotek Online, jaminan kesehatan tidak perlu lagi menebus obat di tempat selain faskes rujukan. Aplikasi ini juga membantu mengklaim klaim secara lebih cepat. Berikut manfaat apotek bpjs online yang perlu diketahui.

Mempercepat Pelaporan Keluhan Terkait Stok Obat

Aplikasi Apotek Online telah tersambungkan secara digital, sehingga dapat diakses dari mana saja dan kapan saja. Tak ada batasan untuk melakukan transaksi di sini. Jikapun suatu saat stok obat habis, maka pelaporan keluhan terkait hal ini dapat dilakukan secara lebih cepat.

Apotek Online juga memudahkan pihak faskes rujukan untuk membuat keluhan, pengaduan, atau permintaan seputar stok obat. Prosesnya pun sudah bisa diakses secara online berdasarkan form yang tersedia di aplikasi.

Bekerja dengan Sistem Terintegrasi

Jika ada yang bertanya apa itu apotek online bpjs dan bagaimana aplikasi ini bekerja, jawabannya tidak rumit. Aplikasi ini bekerja menggunakan sistem yang telah terintegrasi dengan server pusat untuk dijadikan apotek rujukan.

Menyelenggarakan Layanan Kesehatan Lebih Memadai

Sekarang telah memasuki era digital, maka segala keperluan akan lebih praktis jika tersedia secara online. Sama halnya dengan BPJS, dengan adanya Apotek Online ini diharapkan dapat meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat yang lebih memadai.

Memiliki Fitur Banyak untuk Kemudahan Layanan

Dari definisi tentang apa itu apotek online bpjs, dapat diketahui gambaran bahwa aplikasi ini telah dilengkapi dengan beragam fitur pilihan untuk pemesanan dan pelaporan obat. Pengguna baru bisa menggunakan panduan yang telah disediakan jika bingung dalam memilih fitur.

BPJS kesehatan

Beberapa fitur yang tersedia antara lain klaim untuk obat kemoterapi, RPB, obat penyakit kronis, dan lain-lain. Ada pula fitur pelaporan bagi yang mengeluhkan seputar ketersediaan obat. Tak hanya itu, ada juga layanan brigning SIM obat untuk rumah sakit rujukan.

Itulah penjelasan tentang apa itu apotek online bpjs beserta manfaatnya. BPJS adalah salah satu asuransi kesehatan yang diprogram secara resmi oleh pemerintah. Namun sayang ada beberapa hal yang tidak dicover oleh BPJS, oleh karena itu penting bagi kamu untuk tetap terlindungi secara optimal dengan menambah asuransi swasta.

Kamu dapat memilih layanan Super Life Protection dari Super You, yang uang pertanggungannya hingga Rp 600 Juta. Klik di sini untuk info detail lebih lanjut.

Cara Membeli Obat di Apotek Online BPJS

Berikut cara membeli obat di Apotek Online BPJS:

1. Mendaftar Akun Apotek Online BPJS

Simak langkah-langkah berikut untuk mendaftar akun baru di aplikasi Apotek Online BPJS: Silakan datangi petugas BPJS Center di kantor BPJS Kesehatan.

Kamu harus membawa serta menunjukkan resep dan surat keterangan dari faskes yang menyatakan bahwa obat yang kamu perlukan sudah habis.

Langsung kepada petugas yang berjaga dan sampaikan maksud Anda, dalam hal ini melakukan pendaftaran akun Apotek Online Petugas akan memberikan surat kelayakan untuk menebus obat di apotek rujukan.

Kamu bisa melakukan pendataan resep di menu Faskes Asal Resep yang ada di aplikasi. Setelah resep masuk, apoteker akan melakukan validasi obat berdasarkan kode yang dimasukkan. Kamu hanya perlu menunggu beberapa saat untuk proses validasi. Resep hanya bisa di-input Maka, pastikan kamu menulisnya dengan benar.

2. Membeli Obat di Apotek Online BPJS

Setelah kamu mendaftarkan resep, kamu bisa langsung memanfaatkan aplikasi untuk membeli obat. Kamu bisa memasukkan lebih dari satu resep.

Setelah data yang kamu masukkan diterima server, aplikasi akan melakukan validasi obat berdasarkan kode jenisnya. Jumlah obat dalam resep umumnya akan menentukan lama persiapan resep dan akumulasi tagihan yang Kamu bayar.

 

Artikel ini bersumber dari www.viva.co.id.