VIVA Lifestyle – Tempat wisata anak di Bandung memang menjadi pencarian yang masif, apalagi oleh orang tua yang ingin membawa anaknya untuk berlibur atau sekedar melepas penat.

Tentunya, para orang tua ingin memberikan pengalaman wisata yang terbaik dan child friendly untuk anaknya. Tempat wisata anak di Bandung memang banyak.

Apalagi, Bandung jadi salah satu kota yang paling banyak didatangi wisatawan di sekitar Jawa Barat. Bandung adalah ibu kota Jawa Barat, dari Jakarta, memakan waktu kira – kira 2,5 jam, melalui jalan Tol.

Ortu Catat! Ini 8 Tempat Wisata Anak di Bandung

Bus wisata Bandung, bandros

Photo :

  • Instagram/Uptangkutan_bdg

Selain mobil, juga ada banyak akses transportasi ke Bandung, seperti kereta api, travel, bus dan lainnya. Hal ini membuat Bandung jadi kota ramah wisatawan termasuk wisata untuk anak. 

Nah, berikut adalah 8 tempat wisata anak di Bandung yang telah disusun oleh Viva.

Tempat Wisata Anak di Bandung : 

Wisata alam bertema cowboy di De Ranch, Bandung

Wisata alam bertema cowboy di De Ranch, Bandung

Photo :

1. De’Ranch Lembang

Wisata Nasional DeRanch Lembang.

Wisata Nasional DeRanch Lembang.

Tempat wisata anak di Bandung yang pertama, tentunya sudah tak asing lagi, yaitu De’Ranch Lembang. Seperti namanya, destinasi ini berlokasi di Bandung bagian atas, yaitu Lembang. Orang tua bisa membawa anak-anak dan sanak keluarga yang berkunjung ke tempat ini, untuk menjajal wisata kuda ala cowboy seperti di film-film. 

Selain itu, pengunjung juga bisa melihat koleksi binatang sekalian memberi makanan segar, seperti sayuran. 

Koleksi binatang juga banyak, ada kuda yang bisa ditunggangi si kecil, kelinci, burung dan lainnya. Tersedia juga tempat pemancingan, area bermain anak, restoran, serta lokasi untuk kegiatan memanah. Kuliner di sini juga tak kalah enak dan memiliki banyak varian menu untuk anak.

2. Farmhouse Susu Lembang

Farmhouse Lembang

Tempat wisata anak di Bandung kedua masih berlokasi di Lembang, tepatnya di Farmhouse Susu Lembang. satunya karena menawarkan konsep suasana ala Eropa. 

Para pengunjung bisa mencoba berbagai aktivitas seru, seperti belajar soal pengolahan susu dari proses pemerahan hingga siap dikonsumsi. 

Terdapat banyak bangunan ala Eropa yang Instagramable dan bisa dijadikan spot berfoto atau berselfie, termasuk pengunjung juga menyewa kostum tradisional Eropa untuk foto keluarga. 

Biaya masuk ke Farmhouse Susu Lembang per orangnya adalah Rp 30.000. Tiket tersebut nantinya bisa ditukarkan dengan susu murni atau diskon makanan di Backyard. Hanya pengunjung usia di atas 2 tahun yang wajib membayar tiket masuk. Alamatnya berada di Jalan Raya Lembang Nomor 108, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. Buka pukul 09.00 sampai 18.00 WIB. 

3. Rabbit Town

Rabbit Town

Anak – anak tentunya suka dengan binatang. Nah, Rabbit Town juga bisa jadi destinasi wisata sekalian juga agar anak belajar mengenai kelinci. Namun, di Rabbit Town tak hanya sekedar kelinci saja, loh. Ada berbagai jenis binatang lainnya yang bisa dilihat pengunjung.

Tempat wisata ini juga sangat cocok bagi para orang tua yang mencari tempat wisata di Bandung yang ramah dikunjungi anak-anak. Sebab, selain bisa bermain, banyak juga spot dengan desain warna-warni yang memanjakan mata dan tak membosankan. 

Tiket masuk ke kawasan Rabbit Town gratis dan tempatnya juga dibuka setiap hari dari pukul 10.00 hingga 20.00 WIB.  Rabbit Town berlokasi tepatnya di Jalan Rancabentang Nomor 30-32, Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat.

4. Jendela Alam

Jendela Alam merupakan salah satu tempat wisata edukasi dengan nuansa alam yang menawarkan aktivitas berkebun dan para pengunjung juga bisa memberi makan hewan ternak. Pengunjung bisa langsung memberi makan, mengelus bahkan bermain langsung dengan binatang yang ada di sana. Anak – anak juga bisa merasakan memanen langsung hasil dari pertanian yang ada di Jendela Alam. Seru bukan?

Jendela Alam  erlokasi di Komplek Graha Puspa, Jalan Sersan Bajuri km 4,5 Cihideung, Lembang. Para pengunjung dikenakan harga tiket masuk Jendela Alam dimulai dari harga Rp 24.000 saja untuk satu orang. Di tempat ini, pengunjung bisa memilih dua tipe paket, yaitu Paket Fun Farming atau Paket Fun Adventure.

5. Dusun Bambu Family

Dusun Bambu

Tempat wisata yang ini, selain ramah anak, juga enak untuk dikunjungi bersama keluarga. Di Dusun Bambu ini, pengunjung akan mendapatkan suasana tenang dan nyaman dengan menikmati kuliner khas Jawa Barat di tepi danau. Mengusung konsep eco friendly, tempat wisata di Bandung ini menjadi salah satu tempat wisata yang ramah lingkungan di Jawa Barat.

Areanya yang luas, dengan tata kelola yang baik. Tersedia area kuliner berupa restoran unik, playground untuk anak dan tempat menginap seperti villa dan glamping. Ditambah, ada taman terbuka yang luas membuat liburan dengan anak dan keluarga akan semakin berkesan. Jangan lupa untuk menikmati area Lutung Kasarung yang menjadi favorit di sini. Harga tiket masuknya adalah Rp 25.000 di hari biasa dan Rp30.000 di hari libur atau akhir pekan.

6. Dago Dream Park

Dago Dreampark, Bandung.

Tempat wisata anak di Bandung selanjutnya adalah Dago Dream Park. Lokasinya berada di kawasan Lembang, dengan cuaca yang sejuk dan dingin akan membuat suasana liburan dengan membawa anak dan keluarga akan semakin nyaman. 

Selain itu wisata di kawasan Lembang ini juga menyediakan beragam fasilitas yang bisa dinikmati, seperti Up house, Sky Tree, Aladdin Carpet, Sky a Bike, hingga Row a Boat. Untuk tiket masuknya saja, pengunjung harus membayar Rp40.000 perorang.

7. Ciwidey Valey Hot Spring Waterpark Resort

Di Bandung, juga ada waterpark atau taman bermain air yang bagus. Berlokasi di Ciwidey, Ciwidey Valer Hot Spring Water Resort sering jadi pilihan orang tua untuk berwisata bersama anaknya. 

Berbeda dengan waterpark biasa, pada waterpark ini, menggunakan air panas yang langsung dialirkan dari alam. Selain itu, juga ada restaurant dan resort untuk menginap.

Biaya masuk ke water park ini cukup terjangkau Rp20.000,00 per orang dan itu sudah termasuk welcome drink. Untuk menikmati kolam renang, dan sand bath Spa dengan air panas ini , pengunjung harus membayar lagi sebesar Rp50.000,00.

8. Floating Market

Floating market Lembang

Floating market Lembang

Photo :

Tempat wisata anak di Bandung terakhir adalah Floating Market yang terletak di Lembang. Tentunya, kawasan wisata ini sangat cocok untuk anak, karena ada wahana permainan, menikmati kuliner di atas perahu, hingga spot foto yaitu wahana kota mini dan taman bunga. 

Biaya masuk adalah Rp30.000 per orang. Untuk pengunjung yang membawa kendaraan mobil dan motor akan dikenakan parkir sebesar Rp30.000 untuk mobil dan Rp5.000 untuk motor.

Artikel ini bersumber dari www.viva.co.id.