Kamis, 28 Juli 2022 – 05:00 WIB

VIVA Lifestyle – Ocean Dream Samudra merupakan tempat rekreasi di Jakarta menarik yang wajib kamu kunjungi. Di Ocean Cream Samudra, kamu bisa menyaksikan pertunjukan teater bawah air, akuarium raksasa, dan menyaksikan serta berinteraksi dengan hewan-hewan laut yang jinak dan lucu.

Tempat wisata Ocean Dream Samudra ini diresmikan pada juni 1974 oleh Gubernur Ali Sadikin. Tujuan di bangun Ocean Dream Samudra ini sebagai tempat hiburan yang edukatif. Juga sebagai perwujudan mengenalkan kepada masyarakat tentang laut beserta potensinya. Ocean Dream Samudra merupakan Edutainment Theme Park bernuansa konservasi alam yang memberikan pengalaman untuk mengenal lebih dekat dan menyayangi aneka satwa laut.

Ocean Dream Samudra merupakan unit oceanarium terbesar yang terdiri dari pentas lumba-lumba, pentas singa laut, pentas aneka satwa, peragaan satwa, akuarium ikan laut dan tawar, serta taman yang merupakan habitat beraneka macam burung.

Terobosan Ancol ini menjadi pusat studi konservasi ex-situ lumba-lumba (dolphinarium) karena memiliki konsep dan manajemen lumba-lumba yang paling lengkap, meliputi berbagai unsur yang saling mendukung seperti kolam penampungan lumba-lumba, water treatment, trainer/keeper, pengadaan ikan yang berkualitas, laboratorium, para medis dan dokter hewan.

Lokasi dan tiket Ocean Dream Samudra

Ocean Dream Samudra Ancol, Wisata Edukasi Menarik di Jakarta

Ocean Dream Samudra

Photo :

  • Instagram @oceandreamsamudra

Ocean Dream Samudra berlokasi di Taman Impian Ancol, Jalan Lodan Timur No.7, RW.10 RW.10, RW.10, Kota Tua, Ancol,, Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta, Indonesia, 14430. Untuk jam operasionalnya buka setiap hari mulai pukul 09.00 – 15.30 WIB. Harga tiket masuknya juga bervariasi. Berikut daftar harga tiket masuk Ocean Dream Samudra.

Harga Tiket Masuk:

Hari Biasa:

  • Reguler Samudra + Ancol: Rp 110.000
  • Reguler Samudra + Gondola: Rp 148.000
  • Reguler Samudra + Sea World: Rp 160.000

Akhir Pekan:

  • Reguler Samudra + Ancol: Rp 130.000
  • Reguler Samudra + Gondola: Rp 172.000
  • Reguler Samudra + Sea World: Rp 190.000

Tiket Annual Pass:

  • Bundling Annual Pass (Samudra & Sea World): Rp 305.000
  • Bundling (Sea World & Samudra + Ancol): Rp 195.000
  • Annual Pass Samudra ecard: Rp 190.000

Beberapa hal yang perlu kamu perhatian saat membeli tiket: 

  • Pembelian tiket masuk H-1 sebelum kunjungan melalui website resmi www.ancol.com.
  • Anak dengan tinggi badan 80 cm wajib memiliki tiket masuk.
  • Wajib sudah vaksin dan menggunakan aplikasi Peduli Lindungi.
  • Anak usia di bawah 12 tahun sudah boleh berkunjung.

Wahana dan atraksi di Ocean Dream Samudra

Ocean Dream Samudra

Ocean Dream Samudra

Photo :

  • Instagram @oceandreamsamudra

Terdapat beragam Wahana dan atraksi yang ada di Ocean Dream Samudra Ancol. Berikut daftarnya:

1. Water Stuntman Show

Di Water Stuntman Show, pengunjung bisa menyaksikan keseruan atraksi drama bajak laut layaknya film action. Pengunjung juga bisa melihat pertempuran water stuntman di laut untuk melawan sang bajak laut Scorpion. Pertunjukan ini lengkap dengan special effect seperti efek tembakan hingga ledakan yang memukau para penonton.

2. Underwater Show

Di Underwater Show ini pengunjung bisa menyaksikan pertunjukan drama yang dilakukan di dalam air. Dengan kaca aquarium raksasa, para pemain menampilkan interaksi antara penyelam dengan lumba-lumba.

3. Pertunjukan Hewan

Pertunjukan ini menampilkan kepintaran berbagai hewan seperti burung kakak tua, beruang madu, singa laut hingga berang-berang. Hewan lucu dan menggemaskan itu akan menampilkan berbagai atraksi seperti bertepuk tangan, bermain bola, dan lainnya.

4. Atraksi Lumba-Lumba dan Singa Laut

Ocean Dream Samudra memiliki pertunjukan andalan yakni atraksi lumba-lumba dan singa laut. Di sini pengunjung bisa melihat atraksi dari hewan-hewan tersebut seperti berdiri di air, melompat, berjoget, hingga melompat melewati ring. Kamu akan takjub dengan pertunjukan itu.

5. Theater 4D

Di dalam Theater 4D pengunjung bisa menonton film yang bertemakan lautan dengan menggunakan kacamata khusus sehingga membuat apa yang ada di layar seperti berada di depan mata. Selain kacamata yang menambah efek nyata, kursi penonton juga dibuat bergerak sesuai tampilan film sehingga seperti nyata dan menambah keseruan saat menonton.

6. Wahana Permainan Anak

Di Ocean Dream Samudra juga terdapat beberapa wahana permainan untuk anak dan keluarga seperti, Bumper Car, Wahana Boto-Boto, Wahana Ubur-Ubur, dan lainnya.

Syarat & Ketentuan Kunjungan di Taman Impian Jaya Ancol

Ocean Dream Samudra

Ocean Dream Samudra

Photo :

  • Instagram @oceandreamsamudra

Ada aturan yang harus kamu ketahui dan pahami saat berkunjung ke Ancol. Berikut beberapa syarat dan ketentuannya.

1. Mematuhi seluruh syarat dan ketentuan serta kebijakan kunjungan yang ditetapkan oleh Ancol (Keputusan Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 118 Tahun 2022), antara lain sebagai berikut :

    – Wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan hanya dengan kategori Hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk

    – Anak usia dibawah 12 (dua belas) tahun diperbolehkan masuk dengan syarat didampingi orang tua dan menunjukan bukti vaksinasi minimal dosis pertama

    – Mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di kawasan Ancol Takan Impian, termasuk namun tidak terbatas selalu menggunakan masker dengan benar dan menjaga jarak (tidak berkerumun) selama berada di dalam kawasan Ancol.

    – Mematuhi pembatasan jumlah kunjungan dan jam operasional serta ketentuan khusus lainnya yang berlaku di masing-masing unit rekreasi Ancol.

2. Bertanggung jawab secara penuh atas kebenaran informasi yang diberikan sehubungan dengan pemberian persetujuan ini.

3. Mengerti dan menyetujui untuk tidak diizinkan masuk ke kawasan Taman Impian Jaya Ancol dan akan menjadwalkan ulang hari kunjungan (tiket dianggap belum digunakan) di reservasi online reservasi.ancol.com.

Demikian informasi seputar wahana yang ada di Ocean Dream Samudra Ancol. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat berlibur.

Artikel ini bersumber dari www.viva.co.id.