Mobil Toyota Kijang Kapsul masih menjadi pilihan bagi konsumen mobil bekas. Harganya yang cukup terjangkau di kantong menjadi salah satu daya tarik tersendiri. 

Sebagai informasi, Kijang Kapsul hadir pada 90-an. Konsep awalnya adalah sebagai kendaraan niaga, tetapi kemudian beralih sebagai kendaraan penumpang pada generasi ketiga.

Kijang Kapsul terbagi menjadi beberapa tipe. Tipe standar dari Kijang Kapsul adalah SX dan LX, tipe deluxe adalah SX dan LSX, serta tipe grand adalah SGX dan LGX. 

Kijang Krista menjadi tipe paling tinggi (terbaik). Perbedaan tipe mobil tersebut bisa tampak dari huruf pertama, misalnya S untuk short dan L untuk Long. 

Mobil Kijang Kapsul tipe S ditandai dengan kursi bagian belakang yang menghadap ke samping, sementara pada tipe L kursi bagian belakang menghadap ke depan.

Harga mobil Toyota Kijang Kapsul

Dilansir dari berbagai situs jual beli mobil online, berikut daftar harga Toyota Kijang bekas tahun 90-an. Harga yang tertera di bawah ini bergantung pada kondisi mobil, jarak tempuh, serta warna dan kelengkapan surat.

Tipe Tahun Harga
Toyota Kijang SX 1997 Rp33 juta
Toyota Kijang SSX 1997 Rp47 juta
Toyota Kijang SGX 1997 Rp65 juta
Toyota Kijang LX 1997 Rp43 juta
Toyota Kijang LSX 1997 Rp58 juta
Toyota Kijang LGX 1997 Rp68 juta
Kijang Krista 2001 Rp63 juta

Kelebihan mobil Kijang Kapsul

Meskipun usia Kijang Kapsul sudah memasuki kepala dua, perawatannya cukup mudah. Selain itu, harga jualnya juga stabil karena peminat mobil bekas masih tinggi. 

Di beberapa daerah, harga mobil Kijang Kapsul masih dipatok tinggi. Tak hanya itu, kamu juga tidak perlu pusing mencari suku cadang atau spare part, karena masih mudah ditemukan di pasaran.

Dari sisi perawatan mesin, mobil ini bisa dibilang bandel, awet, dan tidak rewel. Bahkan, mesin mobil Kijang Kapsul ini juga sering dimanfaatkan sebagai mesin pengganti. Tak hanya itu, kabinnya juga lapang dan menjadi patokan kabin MPV.

Mesin yang dimiliki mobil Kijang Kapsul 1.800cc, 2.000, dan Diesel 2.400 cc membuatnya tampak tangguh. Selain itu, ground clearance mobil tersebut juga terbilang cukup tinggi dan bisa digunakan di berbagai medan. Suspensinya yang empuk menjadikannya cukup nyaman digunakan sebagai mobil harian.

Walaupun hadir di era 90-an, tampilan yang dimiliki Kijang Kapsul timeless, alias bisa digunakan di zaman apa pun. Bentuk body-nya yang membulat membuat tingkat keaerodinamisan mobil ini lebih baik dari generasi sebelumnya. 

Oleh sebab itu, jangan heran kalau Kijang Kapsul masih bisa melaju kencang dan stabil saat digunakan di jalur bebas hambatan.

Sasis yang digunakan pada Kijang Kapsul juga cukup kuat dan lentur karena menggunakan konstruksi rangka berjenis ladder frame alias model tangga. Oleh sebab itu, sasis pada mobil Kijang Kapsul jarang sekali mengalami masalah, misalnya patah pada sasis.

Kekurangan Kijang Kapsul

Hal yang perlu kamu ingat saat memutuskan membeli mobil Kijang Kapsul adalah konsumsi bahan bakarnya yang boros. Kijang Kapsul memiliki AC double blower, sehingga ketika dinyalakan akan membuat boros bahan bakar.

Untuk sektor dapur pacunya, suara mesinnya terdengar cukup keras saat dikendarai. Bahkan, suaranya yang cukup bising terdengar sampai kabin. 

Hal itu tentu akan mengurangi kenyamanan pengemudi dan penumpang. Selain itu, karet bodi Kijang Kapsul bekas juga rata-rata sudah getas dan mengelupas.

Terkait fitur keselamatan pada Kijang Kapsul sebaiknya juga dijadikan pertimbangan sebelum kamu memutuskan membelinya. Sebab, mobil tersebut hanya memiliki seatbelt, tidak ada fitur keselamatan lainnya. 

Sehingga, kamu harus hati-hati saat mengendarai mobil bekas Kijang Kapsul, apalagi di jalanan berkontur dengan kecepatan tinggi.

Kamu juga disarankan untuk tidak mengendarai Kijang Kapsul dengan kecepatan di atas 140 km/jam, sebab itu adalah batas maksimal kekuatan mobil tersebut. 

Tenaga yang dihasilkan tidak terlalu bagus karena teknologi mesin yang dimiliki belum modern, apalagi karakter torsinya juga berada di putaran rendah.

Asuransikan mobil Kijang Kapsul kamu, ya!

Saat membeli mobil bekas, kamu juga harus menyesuaikan diri dengan bujet yang kamu punya. Tak kalah penting, jangan lupa untuk melengkapinya dengan asuransi mobil agar tetap aman dan nyaman saat berkendara. 

Biarpun mobil bekas, perlindungan finansial dari asuransi mobil tetap diperlukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebab biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Ingin tahu jenis asuransi mobil apa yang cocok buatmu? Kamu bisa mencari tahunya dengan kuis asuransi mobil terbaik di sini!

Untuk preminya, kamu bisa mengeceknya menggunakan kalkulator premi asuransi mobil di sini:

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Tips dari Lifepal! Meski Kijang Kapsul sudah cukup berumur, mobil ini memiliki berbagai kelebihan yang membuatnya masih layak untuk dipakai.

Selain itu, kamu juga enggak perlu mengkhawatirkan spare part-nya, karena kamu bisa dengan mudah menemukannya. Untuk harganya sendiri, kamu bisa mendapatkannya mulai dari Rp33 juta untuk tipe Toyota Kijang SX keluaran tahun 1997.

Meski begitu, jangan lupakan untuk menyertakan asuransi mobil. Kamu bisa memilih asuransi mobil all risk ataupun TLO sebagai perlindungan finansialmu. Kamu bisa memilih salah satu jenis tersebut disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Yuk, gunakan kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus ditabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa digunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Hitung uang pertanggungan asuransi kamu

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).

Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Perlu diketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi jiwa terbaik

 

Pertanyaan seputar mobil Kijang Kapsul

Usia Kijang Kapsul sudah tidak muda lagi, tetapi perawatannya cukup mudah. Selain itu, harga jualnya juga stabil karena peminatnya masih tinggi. 

Di beberapa daerah, harga mobil Kijang Kapsul masih dipatok tinggi. Tak hanya itu, kamu juga tidak perlu pusing mencari suku cadang, karena masih mudah ditemukan di pasaran.

Dari sisi perawatan mesin, mobil ini bisa dibilang bandel, awet, dan tidak rewel. Mesin Kijang Kapsul ini juga sering dimanfaatkan sebagai mesin pengganti. Tak hanya itu, kabinnya juga lapang dan menjadi patokan kabin MPV.

Mesin yang dimiliki Kijang Kapsul 1.800cc, 2.000, dan Diesel 2.400 cc membuatnya tampak tangguh. Selain itu, ground clearance mobil tersebut juga terbilang cukup tinggi dan bisa digunakan di berbagai medan. Suspensinya yang empuk menjadikannya cukup nyaman digunakan sebagai mobil harian.

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.