Sejatinya, cara cek mobil ada GPS atau tidak merupakan hal penting yang harus diketahui oleh setiap pemilik kendaraan untuk membantu mengetahui lokasi akurat mobil dengan mudah.

Sebab, hal ini akan sangat membantu untuk mencegah kehilangan mobil terutama saat dicuri ataupun dibawa kabur oleh seseorang.

Kini, beragam cara mengetahui mobil dipasang GPS atau tidak sudah dapat dilakukan dengan mudah bahkan juga bisa dilakukan hanya menggunakan aplikasi di dalam smartphone saja.

Simak  beragam cara cek GPS ini yang dapat kamu lakukan dengan mudah pada artikel berikut ini!

Beberapa cara cek mobil ada GPS atau tidak

Adanya GPS tentu akan sangat membantu keberadaanya dalam berbagai hal mulai dari mengetahui posisi asli kendaraan secara akurat dan real-time hingga untuk skala yang lebih canggih dapat mendengarkan percakapan di dalam kendaraan.

Bahkan tidak hanya itu saja, adanya GPS yang canggih pada mobil juga dapat mematikan mesin kendaraan dari jarak jauh sehingga sangat berguna saat mobil mengalami pencurian atau dibawa kabur oleh orang lain.

Simak ulasan mengenai GPS mobil terbaik di artikel Lifepal lainnya!

Memang, adanya GPS akan membantu mobil yang dimiliki menjadi lebih aman. Akan tetapi, seringkali banyak orang yang masuk belum mengetahui apakah kendaraan yang mereka miliki sudah terpasang GPS atau belum.

Terlebih, bisa jadi ada orang lain yang menyadap mobil kita dengan meletakkan GPS pada kendaraan yang kamu miliki, hal ini tentu akan sangat mengganggu privasimu. Agar menjadi lebih aman, berikut adalah beberapa cara mengetahui mobil dipasang gps atau tidak, diantaranya adalah:

1. Membawa langsung ke teknisi GPS yang lebih berpengalaman

Tidak semua orang mampu untuk memasang ataupun mendeteksi adanya GPS dalam sebuah mobil. Kalau mau memasangnya sendiri, kamu bisa mempelajari cara pasang GPS di mobil di artikel Lifepal lainnya!

Oleh sebab itulah, penting untuk langsung datang ke teknisi GPS yang berpengalaman untuk meminimalisir terjadinya resiko saat hendak memang GPS ataupun mencari dimana alat tersebut dipasang.

2. Mengirimkan SMS untuk cek SIM card

Umumnya setelah GPS ditemukan dalam sebuah mobil, teknisi akan mencoba untuk melakukan  pengecekan SIM card dengan mengirimkan pesan singkat atau SMS ke nomor tertentu. Tujuannya adalah untuk menonaktifkan fungsi GPS yang sedang menyala di dalam mobil.

Sebab, jika ternyata GPS masih aktif maka harus dilakukan reset terlebih dahulu dengan kode yang hanya dimiliki oleh para teknisi.

3. Menggunakan GPS jammer

Cara cek mobil ada GPS atau tidak yang ketiga yaitu adalah dengan menggunakan GPS Jammer. Jammer ini merupakan alat pelacak sinyal pada GPS yang bekerja dengan cara meletakkannya di dalam kabin mobil lalu dibiarkan 5 menit.

Jika terdapat sinyal GPS yang dipancarkan oleh sistem maka berarti sudah terdapat alat pelacak tersebut di kendaraan milikmu.

Tapi perlu diingat, bahwa GPS Jammer mampu untuk menghilangkan sinyal GPS sehingga sebaiknya cara ini dihindari jika masih ingin mendeteksi keberadaan mobil. 

4. Memakai GPS detector

Cara mengetahui mobil dipasang gps atau tidak lainnya di dalam kendaraan milikmu adalah dengan menggunakan GPS detector. Hampir serupa dengan GPS Jammer, GPS detector berfungsi untuk menangkap dan menemukan sinyal baik itu milik GPS ataupun GSM.

Canggihnya lagi, GPS  detector ini tidak hanya dapat berfungsi untuk mendeteksi sinyal namun juga dapat memantau adanya CCTV atau tidak di dalam mobil tersebut. Menarik sekali bukan?

Cara cek GPS mobil lewat HP

Selain menggunakan cara lama dengan memanfaatkan alat dan menggunakan jasa teknisi yang berpengalaman, ada beberapa cara cek GPS mobil lewat HP yang dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat yaitu dengan aplikasi.

Umumnya, GPS yang ada di dalam mobil memiliki aplikasi pelacak di HP yang berhubungan secara langsung sehingga dapat mengontrol, melacak hingga menonaktifkan alat tersebut secara real time. Jadi, kamu dapat membuka aplikasi tersebut di smartphone seperti ID Track dan MyCar Locator Free dan kamu bisa menjalankan setiap fungsi untuk mengontrol GPS tersebut.

Cara menemukan GPS mobil tersembunyi secara manual

Tentu seringkali kamu menjadi khawatir dengan adanya kemungkinan mobilmu sedang dipasang GPS tersembunyi oleh seseorang terlebih yang memiliki maksud tidak baik.

Akan tetapi jangan khawatir, sebab ada beberapa cara untuk menemukan GPS mobil tersembunyi secara manual yang dapat kamu lakukan secara mandiri hanya dari rumah saja, diantaranya adalah:

1. Memeriksa dengan senter di bagian luar kendaraan

Cara cek mobil ada GPS atau tidak yang dapat kamu lakukan secara manual adalah dengan menggunakan senter dan memeriksa bagian eksterior kendaraan dengan seksama.

Biasanya GPS murah memiliki bentuk kotak magnetik yang besar, namun tidak semua alat pelacak tersebut dapat ditemukan dengan mudah.

Salah satu cara paling mudah untuk melakukan pemeriksaan adalah dengan mencari bagian pada mobil yang memiliki untaian kabel yang lepas. Jadi kamu dapat fokus untuk menelusuri bagian ini menggunakan senter untuk memeriksanya.

2. Pastikan kembali bagian bawah mobil

Bagian bawah mobil memiliki banyak juntaian kabel sehingga kamu dapat memfokuskan pencarian pada bagian tersebut. Jika terdapat kotak mencurigakan, maka fokuslah pada bagian tersebut untuk mencari objek yang dipasangi selotip ataupun antena.

3. Cek roda mobil

Selain bagian bawah, cek juga bagian roda mobil untuk memastikan tidak ada komponen mencurigakan yang turut menempel ataupun kabel listrik yang dapat menjadi sumber daya GPS untuk terus hidup.

Fokuskan pemeriksaan pada bagian bawah pelindung plastik dari setiap ban. Jika nampak longgar atau melengkung umumnya alat GPS tersebut akan terlihat dengan jelas.

4. Cek bagian bumper dan atap mobil

Bagian bumper dan atap mobil tentu merupakan hal yang tidak boleh dilepaskan dari ranah pemeriksaan. Cek kembali celah-celah dari bumper karena bisa saja terdapat alat yang terhubung langsung dengan sistem kelistrikan mobil.

Selain itu, GPS bisa disembunyikan pada bagian atap mobil untuk kendaraan yang memiliki bodi tinggi ataupun atap yang tembus pandang di bagian slot penarikan.

Tips dari Lifepal! Cara cek mobil ada GPS atau tidak merupakan hal penting yang harus diketahui oleh setiap pemilik kendaraan untuk membantu mengetahui lokasi akurat mobil dengan mudah.

Sebab, hal ini akan sangat membantu untuk mencegah kehilangan mobil terutama saat dicuri ataupun dibawa kabur oleh seseorang.

Ada beberapa cara pengecekan yang dapat dilakukan baik itu dengan bantuan teknisi GPS yang berpengalaman, menggunakan alat bantuan seperti GPS detector, menggunakan aplikasi di smartphone hingga melakukan pencarian manual pada bagian eksterior kendaraan secara detail dan menyeluruh.

Simak pula ulasan tentang cara melacak mobil yang hilang tanpa GPS di artikel Lifepal lainnya!

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Lindungi mobilmu dengan asuransi mobil

Biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Yuk, coba gunakan kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus kamu tabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa kamu gunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Cek uang pertanggungan asuransi kamu

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).

Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Perlu kamu ketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi jiwa terbaik

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.