Saat memutuskan untuk membeli Honda Brio sebaiknya kamu juga mencari tahu cara perawatan mobil Honda dan berapa biaya service Honda Brio. Penting untuk melakukan servis berkala agar mobil Brio kamu tetap awet.

Untuk perawatan mobil Honda Brio termasuk mudah, mengingat ada banyak sekali bengkel resmi Honda yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. 

Oleh sebab itu, kamu tak perlu khawatir karena spare part mobil Honda Brio pun akan mudah ditemukan. 

Berikut ini rincian lengkap biaya service Honda Brio mulai dari 5.000 km hingga 100.000 km yang perlu kamu ketahui. 

Biaya servis mobil Honda Brio

Kabar baiknya, untuk para pelanggan yang membeli Honda Brio terbaru, kini PT Honda Prospect Motor (HPM) akan memberikan layanan servis gratis untuk mobil Honda baru. 

Kamu bisa mendapatkan layanan paket service Honda gratis ini apabila mobil kamu sudah berkendara mencapai 50.000 kilometer atau berusia 4 tahun.

Kamu hanya akan dibebankan biaya untuk mengganti komponen suku cadang bila dibutuhkan.

Biaya servis mobil Brio 5.000 Km – 30.000 Km

Biaya servis mobil Honda Brio pada 6 bulan pertama atau ketika speedometer kamu telah mencapai 5 ribu kilometer masih gratis 

Kecuali bila kamu disarankan untuk mengganti suku cadang maka kamu akan membayar sejumlah uang untuk membeli suku cadang tersebut. Bila tidak maka maka biaya service Honda Brio masih gratis. 

Lalu, bila sudah mencapai 10.000 Km – 20.000 Km, biasanya perawatan mobil Honda yang dilakukan adalah penggantian oli mesin, filter oli, dan o-ring filter. Untuk masing-masing komponen tersebut kamu akan dibebankan biaya kurang lebih Rp600 ribuan untuk membeli suku cadang.

Harga 4 liter oli mesin sebesar Rp550 ribu, harga filter oli mobil sebesar Rp40 ribu dan harga o-ring filter sebesar Rp8 ribu. Biaya yang diperlukan untuk jasa servicenya sebesar kurang lebih Rp340 ribu sampai Rp423 ribu.

Sementara itu, paket servis mobil Honda pada kilometer 30.000 sama seperti perawatan untuk kilometer 10.000 dan 20.000.

Hanya saja di kilometer 30.000 ada tambahan perawatan yakni mengganti filter udara. Harga filter udara Honda Brio sebesar Rp148 ribu. 

Total biaya servis mobil Honda Brio di kilometer 30 ribu sebesar Rp750 ribuan hanya untuk membeli suku cadang atau spare partnya saja. 

Sedangkan biaya jasa servis mobil Honda Brio sebesar Rp423 ribuan. Bila dijumlah sekitar hampir Rp1,3 juta uang yang harus kamu persiapkan untuk melakukan servis berkala pada mobil Honda.

Biaya servis mobil Brio 40.000 Km – 50.000 Km

Saat speedometer mobil mencapai 40.000 kilometer, biaya service mobil Honda Brio lebih mahal lagi. Pasalnya, ada lebih banyak komponen yang harus segera diganti sehingga kamu akan lebih banyak mengeluarkan uang untuk mengganti suku cadang tersebut.

Misalnya saja, mengganti busi sebanyak 4 buah dengan harga Rp96 ribu, mengganti oli transmisi sebanyak 2 botol dengan harga Rp138 ribu dan membeli o-ring gearbox seharga Rp17 ribu.

Beda lagi pada Honda Brio CVT, untuk mengganti oli transmisinya kamu memerlukan biaya sebesar Rp326 ribu dan membeli o-ring gearbox seharga Rp27 ribu. Untuk biaya jasa service mobil Honda biasanya akan dikenakan biaya sebesar Rp651 ribu. 

Bila ditotal biaya jasa service berkala mobil Honda dan membeli spare part yang dibutuhkan bisa mencapai Rp1,5 jutaan untuk transmisi manual dan Rp1,7 jutaan untuk Honda Brio CVT.

Kendati demikian, kamu bisa sedikit lega karena pada kilometer 50.000 biaya yang dibutuhkan hampir sama saat kamu membeli paket service mobil Honda untuk kilometer 10.000 atau 20.000.

Sekalipun biaya service mobil Honda Brio terhitung mahal, tetapi kamu masih diuntungkan dengan layanan service mobil gratis hingga 4 sampai 5 tahun atau saat mencapai 50.000 Km.

Biaya servis mobil Brio 60.000 Km – 90.000 Km

Biaya service mobil Honda Brio untuk kilometer 70.000 – 90.000 ternyata tidak terlalu mahal. Biaya yang dibutuhkan sama saat kamu melakukan servis berkala mobil Honda pada kilometer 10.000 atau 20.000. Seluruh komponen yang diganti atau dirawat masih sama dan biaya jasa servis mobil Hondanya juga masih sama.

Untuk biaya perawatan mobil Honda pada kilometer 60.000 kurang lebih Rp1,2 jutaan hampir sama dengan biaya service Honda Brio pada kilometer 30.000. 

Seluruh spare part yang perlu dibeli hampir sama hanya saja di kilometer 60 ribu kamu harus membeli minyak rem sebanyak 2 botol dengan harga Rp55 ribu sehingga total biaya service Honda Brio menjadi Ro802 ribu. Ditambah biaya jasa servis sebesar Rp496 ribu maka totalnya menjadi Rp,1,2 jutaan.

Sementara itu untuk biaya servis berkala mobil Honda Brio mungkin lebih besar dibandingkan kilometer sebelumnya. Sebab, ada tambahan suku cadang yang harus diganti.

Kamu harus mengganti filter bensin dan filter udara, di mana harga filter bensin mobil sebesar Rp500 ribu dan filter udara sebesar Rp148 ribu. 

Biaya yang dibutuhkan untuk membeli spare parts mobil Honda Brio manual memerlukan biaya sebesar Rp1,5 juta ditambah biaya jasa servis, total akhir sebesar Rp2,3 jutaan.

Beda lagi dengan Honda Brio CVT di mana biaya untuk mengganti suku cadang sebesar Rp1,7 juta dengan biaya jasa servis yang sama sehingga total biaya service Honda Brio sebesar Rp2,5 jutaan.

Biaya servis mobil Brio 100.000 Km

Biaya service Honda Brio yang mencapai 100.000 Km sama dengan biaya service mobil Honda Brio 90.000 Km.

Beberapa spare part yang harus kamu ganti dan beli di antaranya ada 4 liter oli mesin dengan harga Rp550 ribu, filter oli seharga Rp40 ribu, o-ring filter seharga Rp8 ribu ditambah dengan filter udara seharga Rp148 ribu, dan 4 buah busi seharga Rp96 ribuan.

Total biaya mengganti suku cadang mobil Honda Brio pada kilometer 100.000 sebesar Rp845 ribuan dengan biaya jasa service Honda Brio sebesar Rp481 ribu, total biaya service Honda Brio yang dibutuhkan sebesar Rp1,3 jutaan.

Tempat servis mobil Honda Brio terdekat

Apabila kamu sedang mencari bengkel untuk service mobil Honda Brio terdekat di Jakarta, berikut ini rekomendasinya.

  1. Honda Union Jaya
  • Alamat : Jalan Sukarjo Wiryopranoto No. 2A, Jakarta Pusat.
  • Telepon : 021-3455721
  1. Honda Arista Jatinegara
  • Alamat : Jalan Jatinegara Barat No. 151, Jatinegara, Jakarta Timur.
  • Telepon : 021-85919898
  1. Honda Mangga Dua
  • Alamat : Komplek Grand Boutique Mangga Dua, Jalan Mangga Dua Raya Blok C No. 3-4, Jakarta Barat.
  • Telepon : 021-6129999
  1. Honda Fatmawati
  • Alamat : Jalan RS Fatmawati No. 21, Jakarta Selatan.
  • Telepon : 021-7656456
  1. Honda Pluit
  • Alamat : Jalan Raya Pluit Selatan No. 2, Jakarta Utara.
  • Telepon : 021-6677888

Jangan sampai biaya perbaikan mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaran. Manfaatkan asuransi mobil all risk untuk mendapatkan jaminan ganti rugi atas biaya perbaikan mobil secara menyeluruh di bengkel terbaik.

Daftar harga spare part Honda Brio

Sebagai bahan pertimbangan kamu saat akan membeli suku cadang atau spare part mobil Honda Brio, ada baiknya kamu mengetahui harga untuk setiap komponen suku cadang atau spare part per itemnya.

Namun, perlu digarisbawahi bahwa harga spare part Honda Brio bisa sewaktu-waktu berubah. Dan, harga spare part di bengkel yang satu dengan yang lain bisa saja berbeda. Jadi, harga spare part di bawah ini merupakan estimasi harga spare part Honda Brio.

Dikutip dari Gridoto.com, berikut ini harga spare part Honda Brio di salah satu bengkel non resmi di Jakarta Selatan.

Spare Part Mobil Honda Brio Harga Spare Part
Oli mesin 5W-30 4 liter Rp550 ribu
Oli transmisi MT 2 botol Rp138 ribu
Oli transmisi CVT Rp326 ribu
Filter udara Rp148 ribu
Filter AC Rp286 ribu
Busi 4 pcs Rp96 ribu
Kampas rem depan Rp528 ribu
Minyak rem 2 botol Rp55 ribu
Grease rem Rp33 ribu
Filter oli Rp40 ribu
O-ring filter oli Rp8 ribu

Perawatan rutin yang harus dilakukan agar mobil awet

Bukan tanpa alasan, rutin melakukan perawatan pada mobil Honda Brio bisa memperpanjang usia mobil Honda Brio dan seluruh komponen mobil tersebut sehingga saat kamu berkendara kamu akan tetap merasa nyaman dan aman.

Aman adalah faktor paling penting yang harus dipenuhi oleh kendaraan, baik mobil ataupun motor. Kamu tidak mau, kan, saat hujan tiba-tiba mobil Honda Brio kamu mogok? Untuk itu, berikut ini cara perawatan mobil Honda Brio agar berusia panjang.

1. Gunakan bahan bakar mobil terbaik

Setiap mobil berpotensi memiliki spesifikasi performa mesin yang berbeda-beda sehingga kebutuhan bahan bakarnya ikut berbeda. Sebaiknya pilih bahan bakar yang terbaik yang bisa membuat kinerja mesin mobil menjadi maksimal. 

Selain itu, hindari juga membeli bahan bakar di tempat non resmi karena berpotensi bisa merusak mesin mobil Honda Brio.

2. Rutin ganti oli mobil

Tetapkan waktu yang tepat untuk mengganti oli. Bukan hanya sekali tetapi rutin. Biasanya setelah 5 ribu kilometer sampai 7 ribuan kilometer setelah penggantian oli mobil terakhir, kamu harus segera mengganti oli mobil kembali. Ganti oli mobil di bengkel terpercaya dan berkredibilitas tinggi.

3. Lakukan pengecekan pada air radiator

Untuk menunjang performa mesin mobil, sebaiknya kamu harus rutin mengganti air radiator mobil agar terbebas dari kotoran. Sediakan juga stok air radiator untuk berjaga-jaga apabila kamu akan melakukan perjalanan yang jauh.

4. Ketahui cara merawat transmisi mobil

Baik transmisi manual maupun otomatis, kedua transmisi tersebut memiliki cara yang berbeda untuk merawatnya. Oleh karena itu, sebaiknya cari tahu bagaimana cara merawat transmisi mobil manual atau transmisi otomatis.

5. Lakukan pengecekan pada kopling dan rem

Saat kamu kesulitan melakukan perpindahan gigi hingga rasanya yang terlalu berat, sebaiknya segera ganti kampas kopling. Biasanya, di saat memasuki kecepatan 10 ribu kilometer atau 50 ribu kilometer. Lalu, memasuki kecepatan 20 ribu kilometer sebaiknya mengganti minyak rem.

Asuransi Mobil Honda – DISKON 35% – Premi Mulai Rp200/ Bln!

Penting punya asuransi mobil

Mendapatkan perawatan mobil Honda yang terbaik tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk meringankan beban finansial tersebut, sebaiknya kamu membeli asuransi mobil.

Asuransi mobil akan menanggung biaya kerusakan mobil mulai dari yang ringan hingga berat serta mobil yang hilang karena dicuri.

Jika mobil kamu rusak, kamu tidak perlu pusing lagi memikirkan biayanya karena sudah dicover oleh pihak asuransi. Cek jenis asuransi yang bagus dengan mengikuti kuis asuransi mobil terbaik di bawah ini. 

Tips dari Lifepal! Mobil Brio bisa menjadi pilihan yang tepat apabila kamu ingin membeli mobil dengan fitur yang bagus, praktis, dan harganya terjangkau. Selain itu, mobil Honda Brio juga perawatannya mudah karena bengkel resminya tersebar di seluruh wilayah Indonesia. 

Apabila terjadi masalah dengan mobil Honda Brio kamu, kamu juga bisa dengan mudah menemukan suku cadang di beberapa bengkel resmi maupun non resmi. 

Agar pengeluaran kamu tidak membengkak untuk perawatan atau perbaikan mobil, sebaiknya beli asuransi mobil yang bisa memproteksi finansial kamu dari risiko kerugian karena mobil rusak. 

Kamu bisa beli asuransi mobil di Lifepal dan dapatkan diskon hingga 25%.

FAQ seputar biaya service Honda Brio

Total biaya mengganti suku cadang mobil Honda Brio pada kilometer 100 ribu sebesar Rp845 ribuan dengan biaya jasa service Honda Brio sebesar Rp481 ribu, total biaya service Honda Brio yang dibutuhkan sebesar Rp1,3 jutaan.

Penting. Asuransi mobil akan menanggung biaya kerusakan mobil mulai dari yang ringan hingga berat serta mobil yang hilang karena dicuri.

Jika mobil kamu rusak, kamu tidak perlu pusing lagi memikirkan biayanya karena sudah dicover oleh pihak asuransi.

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.