JawaPos.com – Universitas Pelita Harapan (UPH) resmi menyambut peserta didik baru. Di tahun ajaran kali ini, salah satu Universitas Swasta Terbesar di Indonesia ini menerima lebih dari 4.000 mahasiswa baru Tahun Akademik (TA) 2022/2023 dalam UPH Festival.

UPH Festival sendiri dilangsungkan secara onsite pada 25-27 Agustus 2022. Bertemakan ‘Change Mind and Hearts’. Melalui ajang masa orientasi bagi para mahasiswa baru ini, UPH mempersiapkan para peserta didik untuk bertumbuh secara holistik dalam pemikiran, motivasi, dan tindakan melalui berbagai acara kreatif, inspiratif, dan bermanfaat.

Rektor Universitas Pelita Harapan (UPH) DR. (Hon.) Jonathan L. Parapak, M.Eng.Sc. menjelaskan, lewat acara selama tiga hari ini, para mahasiswa baru akan disambut dengan berbagai kegiatan seru.

“Saya sangat bersyukur dan menyambut antusias para mahasiswa baru. Semoga mereka dapat memenuhi panggilan untuk menjadi agen perubahan transformasional di Indonesia bahkan dunia,” terangnya di jumpa pers di Tangerang, Kamis (25/8).

UPH Festival 2022 menghadirkan beragam program kreatif dan inspiratif yang dapat diikuti oleh mahasiswa baru untuk memberikan semangat dalam memasuki dunia perkuliahan.

Dalam kesempatan yang sama, melalui video conference, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim berpesan kepada para adik-adik mahasiswa baru, di fase ini, mereka akan menemukan sesuatu yang baru.

“Adik-adik dapat lebih leluasa belajar dengan minatnya masing-masing. Hal ini sangat penting untuk menentukan karir bagi adik-adik sekalian, pekerjaan yang kalian inginkan,” pesannya.

Untuk pembekalan, Nadiem juga bilang kalau para mahasiswa baru UPH ini agar tidak takut mencoba hal baru, berinovasi dan mencari apa yang sesuai dengan minat mereka.

Lantik Lebih dari 4.000 Mahasiswa Baru, UPH Siap Cetak Lulusan Terbaik
Pembukaan UPH Festival, cara unik UPH menyambut mahasiswa baru. (UPH untuk JawaPos.com)

“Akan menjadi siapapun kita di masa depan, hal tersebut ditentukan dari apa yang kita perbuat saat ini. Gagal coba lagi, jatuh, bangun lagi, jangan menyerah,” tegas Nadiem.

Kemudian, Pendiri Yayasan Pendidikan Universitas Pelita Harapan Dr (HC) James Riady menerangkan, penerimaan mahasiswa baru UPH kali ini merupakan pencapaian besar bagi UPH setelah lebih dari dua tahun pandemi Covid-19 melanda.

“Setelah dua tahun pandemi Covid-19, inilah transformasi besar bagi UPH. Banyak yang sudah kami lakukan di tahun-tahun tersebut, mencoba mengisi kesulitan di tengah pandemi dengan hal-hal bermanfaat,” tutur James di acara yang sama.

Dirinya bilang kalau para mahasiswa baru ini punya banyak kesempatan yang tidak boleh untuk dilewatkan saat belajar di UPH. Kemudian, James juga berpesan kepada mahasiswa baru UPH untuk nantinya tidak hanya lulus menjadi yang terbaik, tapi juga bermanfaat bagi sesama.

“Hidup bukan soal diri kita sendiri. Maka saat masuk Universitas, Anda akan masuk ke pembelajaran secara umum. Apapun prodinya, harus ada satu tujuan, harus ada sasaran. Keluar dari zona nyaman, lampaui diri Anda, berpikir keluar dan tidak hanya soal diri anda saja, tapi juga bagaimana bagi lingkungan,” tandas James.

Prodi yang Bisa Dipilih
Sebagai informasi, UPH memiliki beragam program studi, antara lain:

1. Akuntansi.
2. Bisnis dan Manajemen (S1, S2 & S3)
3. Matematika Terapan & Aktuaria
4. Teknologi Pangan
5. Biologi
6. Teknik Sipil (S1 & S2)
7. Teknik Industri
8. Teknik Elektro
9. Desain Interior
10. Desain Produk
11. Arsitektur
12. Desain Komunikasi Visual
13. Ilmu Komunikasi (Regular S1 & S2, serta Pendidikan Jarak Jauh/Online Learning)
14. Hubungan Internasional (S1 & S2)
15. Manajemen Pengelolaan Perhotelan
16. Manajemen Usaha Perjalanan Wisata (S1 & S2)
17. Sistem Informasi
18. Teknik Informatika (S1 & S2)
19. Farmasi (D3 dan S1)
20. Teknologi Laboratorium Medis.
21. Hukum (S1, S2 & S3)
22. Magister Kenotariatan (S2)
23. Kedokteran
24. Keperawatan
25. Conservatory of Music
26. Psikologi
27. International Teachers College
28. Pendidikan Bahasa Indonesia
29. Pendidikan Biologi
30. Pendidikan Kimia
31. Pendidikan Agama Kristen
32. Pendidikan Ekonomi
33. Pendidikan Bahasa Inggris
34. Pendidikan Matematika
35. Pendidikan Guru Sekolah Dasar
36. Pendidikan Fisika
37. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
38. Magister Teknologi Pendidikan (S2)

Selain itu, UPH memiliki kualitas yang tak perlu diragukan lagi dan berbagai fasilitas lengkap yang menunjang proses pembelajaran.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM, Rian Alfianto


Artikel ini bersumber dari www.jawapos.com.