2 menit

Bagi umat Islam, salah satu pertanyaan yang kerap membuat penasaran adalah kenapa Allah membolak balikan hati manusia? Rupanya, ada maksud dan tujuan kenapa Allah melakukan hal tersebut. Simak jawabannya di sini!

Sahabat 99, orang baik bisa mendadak jahat dalam kondisi tertentu.

Begitu juga sebaliknya, orang jahat bisa menjadi orang baik dalam waktu sekejap.

Seseorang akan begitu cepat membenci dan mencintai.

Manusia sebagai makhluk ciptaan Allah Swt. mempunyai hati yang sulit ditebak.

Namun, siapa sangka kalau Allah bisa dengan mudahnya membolak-balikkan hati manusia tersebut.

Melansir detik.com, diriwayatkan dalam hadis riwayat Imam Tirmidzi, suatu ketika Ummu Salamah bertanya kepada Nabi Muhammad saw.

“Wahai Rasulullah mengapa engkau lebih sering membaca doa, ‘Ya muqallibal quluub tsabbit qalbii ‘ala diinik (Wahai Zat yang maha membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu)?” katanya.

Rasulullah saw. bersabda:

“Wahai Ummu Salamah, hati manusia selalu berada di antara jari-jemari Allah. Siapa saja yang Allah kehendaki teguh dalam iman, maka Allah akan berikan keteguhan dalam iman. Namun siapa saja yang dikehendaki, Allah pun bisa menyesatkanya.”

Lantas, pertanyaannya, kenapa Allah membolak balikan hati manusia dalam segala urusan?

Ini penjelasannya…

Kenapa Allah Membolak Balikan Hati Manusia

Kenapa Allah Membolak Balikan Hati Manusia? Ini Jawabannya!

Sumber: merdeka.com

Menurut Ustaz Hanan Attaki, bagi Allah membolak-balikkan hati manusia lebih ringan daripada manusia membolak-balikkan tangannya.

“Namun, (oleh Allah) ada yang dibiarkan dan ada yang bolak-balikkan hatinya. Kenapa? Karena ada yang pantas dan ada yang tidak pantas,” tuturnya melansir YouTube Motivasi Islam Net.

Ustaz Hanan Attaki mengatakan, jika seorang manusia sudah punya kepantasan maka Allah akan membalikkan hatinya dalam kebaikan.

Sementara itu, Aa Gym mengatakan bahwa umat Islam sebaiknya tidak terlalu berlebihan dalam mencintai sesuatu, selain pada Allah Swt.

Hal ini karena Allah bisa dengan mudahnya membolak-balikkan hati manusia.

“(misalnya) cinta setengah mati tidak ada lagi selain dia dalam hidup, tinggal dibalikkan saja hatinya sama Allah jadi tidak suka, selesai itu cinta. Mau janji sehidup semati tidak ngefek. Kalau Allah cabut rasa suka, selesai. Maka, jangan berlebihan,” katanya.

Aa Gym mengatakan salah satu alasan kenapa Allah membolak balikan hati manusia karena ingin menguji keimanan umat-Nya.

Sementara itu, Ustaz Syafiq Riza Basalamah dalam video YouTube Al Karim mengatakan bahwa manusia hidup di dunia memang untuk diuji oleh Allah.

Allah yang mempunyai hak untuk memberikan hidayah pada manusia dan membolak-balikkan hati umat-Nya.

Oleh karena itu, kenapa Allah membolak balikan hati manusia adalah supaya manusia dituntut untuk terus memohon pada Allah, melakukan kebaikan dengan ikhlas, selalu berharap hanya pada Allah, dan mencintai seseorang sewajarnya.

Manusia sebaiknya tidak berharap lebih kepada sesamanya karena mereka tidak bisa sepenuhnya mengendalikan hatinya, selain Allah.

Doa untuk Mencintai Keimanan

Sumber: rqiim.com

Kenapa Allah membolak balikan hati manusia salah satunya untuk menguji keimanan manusia.

Oleh sebab itu, manusia harus senantiasa berdoa agar diberikan kemantapan hati dan keteguhan iman.

Berikut doa untuk mencintai keimanan:

“Allâhumma habbib ilaynal imân, wa zayyinhu fî qulûbinâ, wa karrih ilaynal kufra wal fusûqa wal ‘ishyân, waj’al-nâ minar râsyidîn.”

“Ya Allah, cintakan kami pada iman, hiaskan iman dalam hati kami; bencikan kami pada kekufuran, kefasikan, dan kemaksiatan; serta jadikan kami tergolong pada orang-orang yang mendapat petunjuk.”

Menurut Gus Baha, Nabi Muhammad saw. juga sempat berdoa “Yaa muqallibal quluub tsabbit qalbii ‘ala diinik.” (Wahai Zat yang maha membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu).

***

Semoga bermanfaat, ya.

Simak informasi lainnya hanya di Berita 99.co Indonesia.

Kamu sedang cari rumah? Cek dari sekarang melalui www.99.co/id dan rumah123.com.

Dapatkan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan properti karena kami selalu #AdaBuatKamu.

Yuk, temukan hunian favorit salah satunya dari Grand Batavia & Cluster Pelican!

Artikel ini bersumber dari www.99.co.