Masalah fuel pump Avanza selalu jadi perbincangan hangat di banyak pengguna kendaraan. Bagaimana tidak? Tahun 2021 silam terjadi kampanye recall (penarikan kembali) akibat masalah fuel pump rusak, khususnya pada mobil Avanza.

Padahal, Fuel pump atau pompa bensin merupakan salah satu komponen penting di dalam kendaraan yang berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar menuju ke injektor lalu kemudian akan dilanjutkan ke ruang bakar.

Hal inilah yang menyebabkan Toyota dan Daihatsu bersedia untuk melakukan recall bagi sejumlah unit milik mereka khususnya Avanza di Indonesia pada tahun tersebut. 

Memang apa saja sih masalah fuel pump Avanza? Simak penjelasannya pada artikel ini!

Inilah beberapa masalah umum pada Fuel Pump Avanza

Ada beberapa masalah umum fuel pump Avanza yang ternyata perlu diperhatikan agar dapat menjadi pertimbangan penting sebelum melakukan pembelian mobil tersebut, terlebih jika mobil ini untuk menemani kegiatan sehari-hari.

Umumnya, menang komponen mesin mobil seperti fuel pump ini memang didesain untuk pemakaian jangka panjang. 

Akan tetapi, kerap kali ada cacat dalam kegiatan produksi sehingga pemilik mobil harus melakukan pembelian komponen agar mesin menjadi nyaman untuk digunakan. Beberapa masalah fuel pump Avanza ini antara lain adalah:

1. Mobil jadi sulit untuk distarter

Masalah utama yang berkaitan dengan fuel pump avanza ini ditandai dengan mobil yang semakin sulit untuk distarter. Jika mobil sulit distarter, besar kemungkinan mobil ini mengalami kerusakan pada fuel pump.

Terlebih, jika mobil sedang akan dinyalakan dalam kondisi mati namun sulit untuk dilakukan, umumnya ada masalah yang terjadi pada fuel pump karena adanya sumbatan kotoran. 

Hal ini tentu akan menyebabkan supply bahan bakar ke ruang pembakaran yang ada menjadi terhambat. 

Namun jika mesin berhasil dinyalakan walaupun sulit lalu muncul tanda lainnya seperti suara mengganggu saat mobil digas, pastikan untuk langsung mengecek bagian  fuel pump kendaraanmu.

2. Tidak ada bunyi dengung pada fuel pump

Jika tidak terjadi bunyi dengung pada bagian mesin pompa bensin (fuel pump), maka kamu perlu memeriksa komponen tersebut dengan seksama khawatir terjadi kerusakan yang parah.

Cara melakukan pengecekan mobil yang mendengung ini adalah dengan memutar kunci kontak ke posisi ON lalu dengarkan suara dari tangki bahan bakarnya, jika terjadi dengungan, maka semua komponen mobil masih beroperasi dengan normal.

Namun jika sebaliknya, apabila tidak terjadi suara dengung pada komponen tersebut maka kemungkinan besar fuel pump milikmu mengalami kerusakan.

3. Aliran bensin yang terhambat

Masalah fuel pump avanza lainnya yang kerap kali terjadi adalah adanya aliran bensin yang jadi terhambat. Salah satu cara untuk mengetahui kerusakan pompa bensin ini adalah dengan mengecek aliran bahan bakar dari selang fuel supply.

Kamu dapat membuka jalur supply tersebut lalu menghidupkan pompa bensin ini lalu masukkan selang tersebut ke dalam wadah plastik agar mencegah terjadinya tumpahan bensin.

Kamudian, putar kunci kontak ke posisi ON dan lihat bagaimana selang itu bereaksi.

Jika ada bensin yang keluar, maka fuel pump masih dapat bekerja dengan baik. Sedangkan jika yang terjadi adalah sebaliknya, maka berarti komponen tersebut rusak dan perlu segera diganti.

4. Suara pompa yang melemah

Suara pompa yang mengalami pelemahan juga merupakan tanda dari adanya masalah fuel pump Avanza. 

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek suara poma tersebut adalah dengan memutar kunci kontak ke posisi ON, jika bunyi yang keluar sangat lemah berarti ada masalah yang terjadi pada fuel pump milikmu.

5. Check engine menyala dan berkedip

Salah satu cara lainnya untuk mengetahui masalah fuel pump avanza yang paling umum terjadi adalah check engine yang terus menyala dan berkedip. Jika penanda ini mengalami penyalaan dan lampunya berkedip berarti fuel pump mengalami masalah.

Kamu dapat menggunakan tes tekanan bahan bakar dengan menggunakan alat bernama fuel pressure gauge. Alat ini biasanya akan dipasang pada selang dan dimasukkan ke dalam injector. 

Jadi saat fuel pump dinyalakan, maka tekanan tersebut akan dibaca oleh alat sehingga dapat menentukan apakah mobilmu perlu melakukan perbaikan atau tidak.

Penyakit Toyota Avanza lainnya

Menurut Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), ada beberapa penyakit Toyota Avanza lainnya yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan pembelian terhadap jenis mobil tersebut, diantaranya adalah:

  • Indikator mesin atau engine check yang menyala.
  • Mesin yang mengalami penurunan tenaga.
  • Putaran RPM mulai tidak stabil.
  • Sering mengalami mati mesin dan sulit untuk dinyalakan kembali.
  • Suara mesin mudah menjadi kasar.
  • Akselerasi yang kerap kali mengalami kelambatan (lemot) pada avanza matic.
  • Mesin yang menjadi ngelitik karena pemberian BBM yang tidak tepat.
  • Sistem rem yang kurang kuat pada avanza keluaran lawas.
  • Jok yang keras

Akan tetapi, penyakit Toyota Avanza lainnya yang kerap kali dikeluhkan yaitu adalah mesinnya yang sulit menyala setelah parkir ataupun lampu merah. Hal ini tentu akan mengganggu kenyamanan saat berkendara.

Bahkan, jika pengendara mobil Avanza ini memiliki mesin yang semakin berkurang tenaganya lalu mati, tentu ini menunjukkan adanya masalah yang terjadi pada fuel pumpnya.

Cara merawat fuel pump Avanza

Supaya terhindar dari kerusakan, ada beberapa cara merawat fuel pump Avanza yang dapat dengan mudah dilakukan. Tujuannya tentu agar fuel pump pada mobil tersebut bisa lebih awet saat dikendarai. Berikut adalah beberapa caranya, antara lain adalah:

  • Rutin membersihkan fuel pump 6 bulan sekali berikut filter dan nozel injectornya.
  • Tidak membiarkan tangki bahan bakar dalam keadaan kosong agar proses pendinginan dapat berkurang.
  • Membersihkan fuel pump yang kotor dengan menggunakan pembersih injeksi bahan bakar. Tujuannya adalah untuk memperpanjang usia pemakaian komponen ini saat berkendara.
  • Isi bahan bakar tepat waktu dan jangan sampai terlambat.
  • Kuras dan bersihkan tangki secara rutin.

Tips dari Lifepal! Ada beberapa masalah fuel pump avanza yang harus kamu kenali sebelum melakukan pembelian terhadap jenis mobil tersebut. Mulai dari mobil yang sulit di starter, aliran bensin yang terhambat hingga check engine yang terus berkedip.

Namun jangan khawatir, sebab semua kerusakan ini dapat dicegah dengan penanganan yang tepat dan perawatan secara rutin untuk memastikan umur pemakaian  fuel pump avanza menjadi lebih lama.

Kamu juga bisa menyimak ulasan lengkap mengenai tipe mobil Avanza, warna mobil Avanza, dan ukuran mobil Avanza di artikel-artikel Lifepal!

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Lindungi mobilmu dengan asuransi mobil

Biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Gunakan kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus kamu tabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa kamu gunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Hitung uang pertanggungan asuransi kamu

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).

Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Perlu kamu ketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi jiwa terbaik

Pertanyaan seputar masalah fuel pump Avanza

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.