TRIBUNNEWS.COM – Perkembangan teknologi yang kian masif mengharuskan semua lini industri beradaptasi dengan layanan digital, tak terkecuali industri otomotif.

Dengan digitalisasi, industri otomotif dapat terus berkembang dan semakin mudah menjangkau masyarakat.

Digitalisasi pada industri otomotif tidak hanya dihadirkan lewat kendaraan berteknologi mutakhir seperti mobil tanpa awak dan kendaraan ramah lingkungan, tetapi juga pada layanan digital yang dapat menjangkau masyarakat sebagai konsumen.

Untuk itu, perusahaan otomotif juga menghadirkan sejumlah layanan digital untuk memudahkan masyarakat mengakses layanan konsumen yang dimilikinya, yang bisa diakses dengan praktis melalui gadget. Di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Layanan jual dan beli kendaraan

Kemudahan bertransaksi jual-beli melalui platform digital tidak hanya berlaku untuk memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari, tetapi juga telah memengaruhi kebiasaan masyarakat dalam membeli kendaraan pribadi baik motor maupun mobil.

Beberapa perusahaan otomotif kini juga sudah menghadirkan layanan digital berupa jual-beli kendaraan yang bisa dengan mudah diakses masyarakat melalui gadget. Berbagai informasi produk hingga program-program diskon turut disajikan demi memberikan layanan yang terbaik bagi konsumen.

2. Layanan servis

Kendaraan kesayangan Anda tentu membutuhkan servis berupa perawatan dan perbaikan rutin untuk menjaga performa kendaraan. Dengan hadirnya layanan servis yang bisa diakses konsumen dengan mudah melalui gadget, maka Anda pun tidak perlu repot mengantre di dealer.

Selain itu, saat ini beberapa perusahaan otomotif juga telah menghadirkan layanan home service yang makin memudahkan untuk melakukan service kendaraan di rumah. Kendaraan kesayangan tetap terawat, Anda tak perlu penat keluar rumah, bukan?

3. Layanan contact center

Untuk menjaga komunikasi yang lancar antara perusahaan dengan konsumen, penting bagi perusahaan otomotif menghadirkan layanan contact center untuk menciptakan kenyamanan kepada konsumen.

Tak hanya sebatas memanfaatkan layanan telepon atau call center, perusahaan otomotif juga bisa memanfaatkan berbagai media seperti email dan chat untuk memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen untuk memilih saluran komunikasi yang memudahkan atau biasa digunakan.

Mengingat pentingnya adaptasi layanan digital bagi konsumen, salah satu perusahaan otomotif yang turut menghadirkan layanan digital untuk kemudahan konsumen setianya, yaitu PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI).

Dalam perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang diselenggarakan di ICE BSD, Isuzu Indonesia berkesempatan untuk memperkenalkan Isuzu Digital Experience.

Isuzu Digital Experience merupakan inovasi layanan digital Isuzu yang terdiri dari My Isuzu ID, Isuzu Link, dan Isuzu Contact Center.

Kebutuhan Otomotif Bisa Diakses Secara Digital, Ragam Kemudahan Hadir dalam Genggaman Konsumen
Isuzu Digital Experience. (ISTIMEWA)

Ketiga layanan digital ini dihadirkan demi memberikan kemudahan kepada konsumen dalam mencari informasi tentang Isuzu Indonesia, pelayanan service, memantau unit kendaraan, hingga layanan contact center yang menghubungkan konsumen dengan Isuzu Indonesia, serta masih banyak lagi keunggulan lainnya.

My Isuzu ID mobile apps merupakan channel yang terintegrasi langsung dengan sistem dealer Isuzu, di mana sistem akan mengintegrasikan data konsumen, data kepemilikan unit dan data transaksi konsumen.

My Isuzu ID memiliki fitur yang lengkap, seperti:

  1. Profil unit, yang mengintegrasikan data kepemilikan unit Isuzu yang terdaftar di sistem dealer
  2. Perbandingan unit, untuk memudahkan konsumen dalam membandingkan spesifikasi antar unit Isuzu
  3. Permintaan quotation dan presentasi produk. Konsumen dapat melakukan permintaan penawaran dan presentasi produk kepada Dealer/outlet Isuzu Indonesia sesuai dengan preferensi konsumen
  4. Download buku manual dan buku servis. Konsumen dapat mengunduh dan menyimpan softcopy buku manual dan buku servis
  5. Serta segala informasi produk, promosi dan jaringan Isuzu Indonesia, yang memudahkan konsumen dalam mencari informasi hanya dalam satu genggaman

Sementara itu, layanan Isuzu Link merupakan perangkat telematics yang dapat dipasang pada unit Isuzu untuk dapat memonitor utilisasi operasional dari truk tersebut.

Saat ini, terdapat fitur-fitur yang dapat diakses melalui web Isuzu Link, di antaranya yaitu Location Tracking, Driving Behavior, Reminder Alert, Data Integration & Operational Report.

Namun demikian, Isuzu akan terus mengembangkan layanan ini sehingga konsumen bisa mengakses fitur-fitur yang dihadirkan melalui My Isuzu ID mobile apps dan konsumen dapat memantau operasional unit dimana dan kapan saja.

Terakhir, ada layanan digital berupa Isuzu Contact Center sebagai kanal layanan konsumen untuk kebutuhan-kebutuhan konsumen Isuzu yang meliputi informasi produk dan layanan Isuzu, permintaan penawaran unit dan parts, permintaan kebutuhan servis dan juga menerima keluhan pelanggan terkait produk dan layanan Isuzu Indonesia.

Konsumen bisa dengan mudah terhubung melalui Isuzu Contact Center dengan menghubungi call center 0807 1700 700, email [email protected], atau melalui WhatsApp Business Isuzu Indonesia di nomor 0895 0170 1700 yang merupakan channel terbaru milik Isuzu.

Penulis: Nurfina Fitri Melina | Editor: Bardjan


Artikel ini bersumber dari www.tribunnews.com.