Kapan oli matic mobil harus diganti tentu menjadi pertanyaan hampir setiap pemilik kendaraan baru terutama yang belum memiliki pengalaman akan penanganan kendaraan sebelumnya.

Sebab, hal ini sangat penting untuk diketahui karena oli transmisi mobil wajib untuk diganti secara rutin agar komponen transmisi dalam berjalan secara optimal.

Temukan pilihan perlindungan finansial dari asuransi mobil supaya kamu tidak perlu lagi khawatir dengan mahalnya biaya perawatan dan perbaikan kerusakan mobil di bengkel.

Namun memang, setiap jenis mobi tentu memiliki rekomendasi waktu dan jenis oli yang berbeda-beda sehingga harus dipilih berdasarkan dengan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki.

Interval penggantian oli ini dapat mencapai 100.000 km ataupun hanya setengahnya saja juga tergantung dari perawatan yang selama ini dilakukan.

Jika kamu sedang mencari informasi mengenai ganti oli matic mobil berapa km ataupun kisaran harga yang perlu dipersiapkan saat hendak menggantinya, maka simak penjelasannya pada artikel ini!

Kapan oli matic mobil harus diganti?

Pada dasarnya, oli matic mobil memiliki berbagai fungsi yang tidak hanya untuk melumasi komponen yang ada disekitarnya agar mesin mobil dapat bekerja dengan optimal namun juga dapat menjaga suhu transmisi agar tetap normal dan tidak mengalami overheat.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan penggantian oli matic mobil secara rutin agar dapat meminimalisir kerusakan yang mungkin terjadi pada sistem transmisi kendaraanmu.

Umumnya, oli matic mobil harus diganti setiap interval 15.000 km atau sekitar 4-6 bulan sekali. Sedangkan, kegiatan kurasnya perlu dilakukan secara menyeluruh setiap jarak tempuh kendaraan sudah mencapai 50.000 km.

Namun perlu diketahui, angka interval jarak tempuh ini tidak sepenuhnya dapat dijadikan patokan. Sebab, ada banyak faktor lainnya yang dapat menjadi patokan khusus yang dapat mempercepat waktu ataupun memperlambat waktu penggantian oli matic.

Beberapa hal yang dapat mempengaruhi ganti oli transmisi matic mobil berapa km ini sehingga perlu mendapatkan perhatian tambahan, antara lain adalah:

… KLIK UNTUK BACA SELENGKAPNYA →
Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.