2 menit

Demi memperbaiki konektivitas antardaerah, PUPR prioritaskan proyek jalan tol Balikpapan-IKN (Ibu Kota Nusantara) agar perjalanan 90 kilometer bisa ditempuh dengan waktu sekejap saja.

Melansir dari kompas.com, pemerintah kini sedang menggarap berbagai infrastruktur dasar di Ibu Kota Nusantara.

Beberapa infrastruktur yang dikebut pengerjaannya adalah jalan nasional, kompleks perkantoran Presiden dan Wakil Presiden, hingga jalan tol Balikpapan ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Jalan tol menjadi salah satu proyek prioritas agar IKN bisa terkoneksi dengan kota-kota Kalimantan lainnya sehingga memudahkan perjalanan lewat darat.

Simak berita selengkapnya mengenai jalan tol Balikpapan-IKN di bawah ini!

Jalan Tol Balikpapan-IKN Menjadi Proyek Prioritas

Jalan Tol Balikpapan-IKN Percepat Perjalanan 90 Km Jadi 30 Menit!

sumber: skyscrapercity.com

Menurut kompas.com, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan jalan tol Balikpapan-IKN akan menyatu dengan jalan tol Balikpapan-Samarinda.

Keberadaan jalan tol ini akan mempercepat waktu perjalanan dari Balikpapan ke Ibu Kota Nusantara dari dua jam menjadi hanya 30 menit.

“Kita targetkan dari Balikpapan ke IKN bisa 30-40 menit dengan jalan tol itu,” kata Basuki, dalam Konferensi Pers: Nota Keuangan & RUU APBN 2023, seperti dikutip kompas.com. Selasa (16/08/2022).

Menurut Basuki, jalan tol ini kini sedang dalam proses lelang dan akan segera dikerjakan setelah kontrak ditandatangani.

“Sekarang sudah tender, mungkin sekarang dalam masa sanggah. Insya Allah akhir bulan ini bisa di tandatangani kontraknya, kemudian akan segera dilaksanakan (pekerjaannya),” ujar Basuki.

Anggaran pembangunan tol akan diambil dari budget pembangunan IKN tahun ini, yakni Rp5,4 triliun untuk prasarana dasar.

Di tahun 2023, anggaran ini akan meningkat menjadi Rp20,8 triliun.

“Total anggaran tahun ini Rp5,4 triliun, dan di tahun 2023 Rp20,8 triliun. Itu sama saja semua kegiatannya (fokus) di KIPP termasuk juga air minum, sanitasi, darinase, dan bangun kota disana. Mudah-mudahan tahun 2024 akan selesai untuk KIPP tahap I itu,” ujarnya.

Infrastruktur IKN Lain yang Dalam Proses Lelang

jalan tol balikpapan ikn dilelang

sumber: mediaindonesia.com

Selain jalan tol Balikpapan-IKN, ada pula infrastruktur dasar IKN lainnya yang sedang dalam proses lelang untuk pekerjaan konstruksi.

Menurut informasi dari situs Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), beberapa infrastruktur yang sedang dalam proses lelang adalah

  • jalan tol Balikpapan-IKN;
  • jalan tol IKN segmen KKT Kariangau-Simpang Tempadung;
  • jalan tol IKN segmen Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang; dan
  • jalan tol IKN segmen Karangjoang-KKT Kariangau.

Tak hanya itu, kementerian PUPR juga berencana untuk membangun terowongan bawah laut yang menjadi bagian dari jalan tol Balikpapan-IKN.

Terowongan tersebut kini sedang dalam tahap studi kelayakan dan sedang didesain agar pada tahun 2023 bisa segera dilelang.

***

Itu dia berita tentang jalan bebas hambatan berbayar di IKN, Property People.

Simak artikel menarik lainnya hanya di Berita 99.co Indonesia.

Jangan lupa, kunjungi 99.co/id dan Rumah123.com yang selalu #AdaBuatKamu untuk menemukan hunian impian.

Ada berbagai penawaran properti menarik seperti kawasan Clarity House.

Artikel ini bersumber dari www.99.co.