Piston rem mobil merupakan salah satu komponen penting di dalam kendaraan sehingga harus dilakukan perawatan rutin dan selalu di cek kualitasnya. Bentuk dari piston ini juga unik karena hadir dengan wujud silinder. 

Ditambah, fungsi dari piston rem depan adalah untuk membantu menekan kampas rem saat mobil dikendarai. Selain itu, piston rem juga akan bekerja saat kampas ditekan lalu akan kembali ke posisi semula saat rem tersebut dilepaskan.

Cara kerja ini tentu akan sangat berhubungan tidak hanya dengan kenyamanan saat berkendara namun juga faktor keselamatan setiap orang yang ada di dalam mobil tersebut.

Sama seperti yang lainnya, piston rem mobil dapat memiliki masalah mulai dari macet hingga cakram yang tidak kembali lagi ke posisi semula sehingga kamu perlu ketahui penyebabnya. Simak penjelasan mengenai piston rem mobil ini pada artikel di bawah ini!

Penyebab piston rem mobil macet

Ada banyak hal yang menjadi piston rem mobil macet sehingga perlu kamu perhatikan dan hindari untuk meningkatkan keselamatan saat berkendara. 

Karena itulah, sangat penting bagi setiap pemilik mobil untuk melakukan pengecekan secara berkala agar terhindar dari resiko yang tidak diinginkan dan mengancam nyawa mulai dari macet hingga blong.

Berikut adalah beberapa penyebab piston rem mobil macet yang perlu diperhatikan dan dihindari agar menjamin keselamatan saat berkendara, diantaranya adalah:

1. Piston rem mobil yang mengalami karat

Karat adalah salah satu penyebab utama piston rem mobil macet. Munculnya karat ini tentu akan membuat kualitas kinerja piston lama-kelamaan akan semakin menurun sehingga semakin susah untuk digerakkan.

Umumnya, karat ini disebabkan oleh panas matahari yang terlalu menyengat dan air hujan yang masuk ke dalam celah mobil sehingga menyebabkan komponen yang terkena akan mengalami korosi. 

Hal ini tentu akan menyebabkan kinerja rem menjadi jauh lebih berat dan  terjadi sebuah kondisi di mana udara terjebak di dalam rem (vapour lock) sehingga dapat menyebabkan karat yang lebih parah.

2. Kampas Rem yang tidak sesuai dengan spesifikasi

Setiap kendaraan tentu memiliki spesifikasi kampas rem yang berbeda. Dimana, kampas rem terbagi menjadi dua jenis berdasarkan dengan teksturnya yaitu kasar dan lunak. 

Jadi, apabila pemasangan kampas ini tidak sesuai dengan kebutuhan kendaraan, maka tentu akan mengakibatkan piston rem tidak dapat bekerja dengan baik dan optimal hingga macet. Hal ini bahkan mengakibatkan piston rem cakram tidak dapat kembali ke posisi semula.

3. Kotoran menumpuk

Piston rem mobil rentan mengalami penumpukan kotoran karena debu ataupun residu lainnya sehingga harus dibersihkan secara rutin. Sebab, jika kotoran di dalam piston dibiarkan terus menerus maka tentu akan menyebabkan rem macet dan tidak dapat kembali ke posisi semula.

4. Disetel terlalu rapat

Penyebab piston rem mobil macet yang lainnya adalah karena penyetelan rem yang terlalu rapat. Padahal, rem merupakan komponen yang membutuhkan ruang bebas agar dapat bergerak saat mobil dioperasikan.

5. Piston rem mobil telah melewati usia pemakaian

Setiap komponen di dalam mobil tentu memiliki usia pemakaian yang kinerja dan kualitasnya akan semakin berkurang seiring dengan menurunnya usia tersebut. Terlebih, rem memiliki jenis seal dengan bahan karet yang jika sudah kadaluarsa akan mulai mengeras dan kaku.

Hal ini tentu akan mengakibatkan piston rem mobil terkunci hanya di satu sisi saja dan sulit untuk digerakkan lancar ke arah lainnya.

6. Mobil tidak digunakan dalam waktu lama

Sama seperti komponen lainnya, mobil yang jarang dipanaskan atau digunakan dalam waktu lama akan menurunkan kegunaan dari piston rem itu sendiri sehingga tentu tidak dapat bekerja secara maksimal.

Sebab, mobil yang sudah lama tidak digunakan akan menyebabkan kondisi oli rem menurun titik didihnya sehingga akan semakin mudah untuk mengalami karat.

Cara mengatasi piston rem mobil macet

Jika sudah terlanjur mengalami macet dan rem tidak bisa kembali lagi ke posisi semula, maka kamu harus segera melakukan perbaikan dan penanganan agar tidak terjadi kerusakan pada komponen lainnya yang tidak diharapkan.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi piston rem mobil macet yang dapat pemilik kendaraan lakukan sehingga dapat dioperasikan seperti semula, diantaranya adalah:

1. Angkat mobil untuk menjangkau bagian rem

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk mempertahankan fungsi dari piston rem depan adalah dengan mengangkat mobil menggunakan dongkrak untuk menjangkau bagian rem tersebut. Kemudian pasang jack stand di bagian gardan.

2. Melakukan pengecekan pada bagian piston

Kemudian, kamu dapat langsung melakukan pengecekan pada bagian  rem cakram di pen kaliper cengan melepasnya secara manual dan pasang kembali bagian tersebut tanpa menggunakan kampasnya.

Jika dalam kondisi yang normal maka piston akan keluar namun jika piston sulit keluar maka tentu ada beberapa bagian yang sudah mengalami kerusakan dan perlu dibawa langsung ke bengkel terpercaya.

3. Membersihkan rem dari kotoran

Namun, jika piston rem mobil hanya mengalami penumpukan kotoran dan sangat mungkin untuk dibersihkan, maka kamu dapat langsung membongkar bagian-bagian komponen ini dan membersihkan setiap sudut yang kotor.

Akan tetapi, jika terdapat karat pada beberapa bagian rem, dapat kamu bersihkan dengan cairan khusus penghilang karat ataupun langsung membawa mobil ke bengkel untuk mendapatkan penanganan yang lebih profesional.

4. Mengganti oli rem

Cara mengatasi piston rem mobil macet adalah dengan mengganti oli. Sama halnya seperti mesin, rem juga memiliki periode waktu untuk melakukan penggantian olu. Adanya kegiatan ini dapat membantu untuk mendorong sisa-sisa kotoran di dalam rem lama  keluar hingga hanya tersisa oli rem yang telah bersih saja.

Bukan hanya mesin, rem pun punya masanya untuk pergantian oli. Pergantian oli rem yang lama dengan yang baru mampu mendorong sisa-sisa kotoran hingga dapat keluar semua hingga tersisa oli rem yang bersih saja.

Harga piston rem mobil

Jika kamu sedang tertarik untuk mencari piston rem mobil baru, maka ada beberapa pilihan yang dapat kamu pilih dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Sebagai gambaran, berikut adalah beberapa variasi serta kisaran harga piston rem mobil terkini, diantaranya adalah:

 

No Tipe Piston Rem Mobil Harga
1 Piston Rem Caliper Avanza Xenia Rush Terios Calya Sigra Mulai dari Rp. 175 Ribu
2 Piston Caliper Isuzu Panther P-166 Akebono Mulai dari Rp. 130 Ribu
3 Piston kaliper Toyota AYLA depan 47731-BZ030 Mulai dari Rp. 80 Ribu
4 Alat Press Kaliper Piston Rem Cakram Mobil metal Mulai dari Rp. 120 Ribu
5 Piston rem caliper s89 zebra Mulai dari Rp. 65 Ribu
6 Piston Caliper Assy / Piston Rem Cakram Mitsubishi Triton/L200 K64T Mulai dari Rp. 75 Ribu
7 PISTON REM DEPAN HONDA FREED MOBILIO BRV CRZ Mulai dari Rp. 80 Ribu
8 Piston Caliper Rem Roda Depan Honda Mobilio , BRV,  Freed  Mulai dari Rp. 200 Ribu
9 Piston caliper piston rem cakram Inova reborn Mulai dari Rp. 80 Ribu
10 Piston Rem Roda Depan Honda Jazz, Brio, City, Genio, Grand  Mulai dari Rp. 140 Ribu

Tips dari Lifepal! Piston rem mobil merupakan salah satu komponen penting di dalam kendaraan yang dapat mempengaruhi keselamatan saat berkendara sehingga harus diperhatikan dengan seksama jika tidak ingin mengalami macet atau blong.

Sebab, ada beberapa penyebab utama yang perlu kamu hindari agar pistol tetap dapat bekerja dengan optimal, yaitu mulai dari kotoran menumpuk, disetel terlalu rapat, lama tidak kamu gunakan, hingga berkarat. Jadi kamu perlu melakukan pengecekan piston rem mobil secara rutin.

Simak pula ulasan mengenai kampas rem mobil dan juga booster rem mobil di artikel Lifepal lainnya!

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Menghitung premi asuransi mobil

Biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Gunakan kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus kamu tabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa kamu gunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Cek uang pertanggungan asuransi

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).

Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Perlu kamu ketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi jiwa terbaik

Pertanyaan seputar piston rem mobil

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.