VIVA Lifestyle – Cara memanjangkan bulu mata saat ini memiliki banyak pilihan, namun tentunya cara alami lebih banyak dipilih orang. Karena, bulu mata yang panjang, tebal dan lentik tentunya impian banyak wanita. Namun, tidak semua orang dilahirkan dengan kondisi bulu mata seperti itu. Ada yang bulu matanya panjang dan lebat, ada juga yang bulu matanya pendek dan tipis. Hal ini sangat ditentukan oleh faktor genetik atau keturunan.

Jika untuk cara instan, tentu banyak pilihan, seperti melakukan extention. Namun, extention bulu mata tentu tak bertahan lama dan akan ronton serta harus di touch up dalam beberapa bulan sekali. 

Nah, ada cara yang lebih baik dilakukan, tentu dengan cara alami. Berikut beberapa cara memanjangkan bulu mata, baik alami maupun instan, yang dirangkum Viva dari berbagai sumber:

Cara Memanjangkan Bulu Mata

Ini 8 Cara Memanjangkan Bulu Mata, Jamin Cetar

Cara Memanjangkan Bulu Mata dengan Lidah Buaya

Ilustrasi lidah buaya/aloe vera.

Ilustrasi lidah buaya/aloe vera.

Lidah buaya memang sudah tak diragukan lagi khasiatnya. Bahkan, lidah buaya sering menjadi bahan dasar untuk memanjangkan rambut. Nah, selain itu, ternyata juga bisa untuk memanjangkan bulu mata. Lidah buaya sangat mudah ditemukan karena banyak yang menanamnya di pekarangan rumah atau bahkan di pasar atau supermarket. Nah, kamu juga bisa menggunakan lidah buaya ini sebagai salah satu cara melebatkan bulu mata.  

Cara memanjangkan bulu mata dengan lidah buaya adalah oleskan lendir lidah buaya pada akar bulu mata setiap pagi. Namun, jangan sampai kelopak mata terkena lendir lidah buaya juga, karena lendir lidah buaya bisa menimbulkan gatal dan iritasi di kulit kelopak mata. Jadi hati hati ketika mengoleskannyq. 

Lidah buaya memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan rambut seperti vitamin A, vitamin C, protein, dan lainnya.  

Cara Memanjangkan Bulu Mata dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun.

Cara memanjangkan bulu mata kedua adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun tak hanya bermanfaat untuk orang-orang yang sedang melakukan diet sehat, tetapi minyak ini juga memiliki banyak manfaat yang lainnya. Salah satunya jika yang ingin memiliki bulu mata tebal dengan cara yang alami.  

Minyak yang juga bisa digunakan sebagai masker wajah ini memang bisa membersihkan dan melembabkan kulit wajah. Untuk menebalkan bulu mata dengan minyak zaitun, cukup oleskan minyak ini dari pangkal hingga ujung bulu mata layaknya menggunakan mascara. 

Cara Memanjangkan Bulu Mata dengan Minyak Kemiri

Minyak kemiri.

Cara ketiga adalah dengan menggunakan minyak kemiri. Minyak kemiri mengandung asam linolenic yang mampu merangsang pertumbuhan rambut. Sejak dulu minyak kemiri memang mendapatkan posisi istimewa dalam menghitamkan rambut, menyuburkan rambut serta menguatkannya. Kamu juga bisa mengaplikasikannya di bulu mata.

Cara memanjangkan bulu mata dengan minyak kemiri cukup mudah. Oleskan minyak kemiri pada bulu mata sebelum tidur. Biarkan semalaman dan keesokan harinya jangan lupa bersihkan. Gunakan secara rutin untuk hasil yang cepat.

Cara Memanjangkan Bulu Mata dengan Teh Hijau

Teh hijau.

Teh hijau terkenal dengan manfaatnya yang banyak. Nah, teh hijau juga sudah terbukti banyak digunakan sebagai cara memanjangkan bulu mata. Bahkan, teh hijau bisa mengaplikasikan teh hijau untuk memperindah bulu mata dalam waktu yang cepat. 

Caranya, campurkan bubuk teh hijau pada air bersih. Gosok larutan teh hijau pada bagian bulu mata. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Cara Memanjangkan Bulu Mata dengan Jojoba Oil

Jojoba Oil atau minyak jojoba juga dipercaya bisa membantu memanjangkan bulu mata dengan efektif. Kabarnya, minyak ini mampu melindungi rambut dari paparan sinar matahari. 

Dengan demikian, artinya bulu mata juga bisa terlindungi sekaligus dapat tumbuh secara alami. Oleskan secara rutin minyak jojoba pada bagian bulu mata sebelum tidur, lalu cuci bersih keesokan harinya.

Cara Memanjangkan Bulu Mata dengan Argan Oil

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan argan oil atau minyak argan. Minyak argan adalah ekstrak dari buah pohon argan. Tanaman ini berasal dari Maroko. Minyak argan sangat dikenal di dunia kecantikan dan sering digunakan sebagai bahan dasar berbagai skincare hingga makeup. Kandungan vitamin A, E, dan asam lemak di dalamnya membantu mempercepat pertumbuhan bulu mata. Tak hanya itu, minyak argan juga bisa digunakan untul melentikkan bulu mata. 

Oleskan minyak argan di bulu mata sebelum tidur untuk mendapatkan bulu mata yang lebat. Setelah dioles, biarkan semalaman. Jangan lupa bilas pada keesokan harinya.

Cara Memanjangkan Bulu Mata dengan Serum

Ilustrasi bulu mata panjang.

Ilustrasi bulu mata panjang.

Nah, jika ingin yang praktis dan tak masalah untuk mengeluarkan uang, maka kamu bisa membeli serum yang banyak dijual di pasaran yang dikhususkan untuk memanjangkan bulu mata. 

Umumnya, serum bulu mata mengandung minyak kelapa, minyak kastor, dan Vitamin E yang sangat baik untuk merawat bulu mata.

Gunakan sebelum tidur dengan cara sama seperti mengunakan maskara, lalu pijat-pijat lembut dengan jari manis di bagian akar bulu mata agar menyerap. Kamu bisa biarkan serum semalaman, atau jika terasa tidak nyaman, biarkan selama 30-60 menit lalu dibersihkan.

Cara Memanjangkan Bulu Mata dengan Instan

Maskara.

Jika kamu tak ada waktu untuk menunggu waktu beberapa lama agar bulu matamu memanjang, baiknya gunakan mascara untuk hasil yang instan namun tak permanen. 

Kini, produk maskara memiliki berbagai formula yang ditawarkan seperti lengthening (memanjangkan), volumizing (memberi volume), dan curling (melentikkan). Bahkan, tak sedikit maskara saat ini terdapat kandungan vitamin atau serum yang bisa memanjangkan bulu mata pula. 

Kamu bisa memilih lengthening mascara sebagai cara memanjangkan bulu mata, namun bisa juga memilih maskara yang menggabungkan 2-3 formula untuk tampilan bulu mata yang dramatis. Pilih sesuai kebutuhan.

Artikel ini bersumber dari www.viva.co.id.