Harga GPS mobil yang beredar di pasaran sangatlah beragam, ada yang murah dan ada yang mahal. Harga tersebut tentunya memengaruhi kualitas dan fitur yang ditawarkan.

Oleh karena itu, sebelum membeli, pastikan kamu sudah tahu GPS mobil yang seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan.

Melengkapi mobil dengan GPS akan sangat membantu penggunanya mengingat fungsinya yang penting dari melacak pencuri hingga memprediksi cuaca.

Yuk, ketahui lebih dalam informasi seputar GPS mobil dari harga, cara kerja, fungsi, dan cara memasangnya.

Daftar harga GPS mobil terbaru

Kini alat pelacak mobil atau GPS mobil banyak yang sudah dilengkapi dengan bermacam fitur. Hal inilah yang membuat harga GPS mobil bisa mahal.

Namun demikian, semua itu tergantung pilihan dan kebutuhan kamu. Berikut ini adalah GPS mobil terbaik dengan harga dan fitur unggulannya masing-masing.

1. Harga GPS mobil Super Spring VT-100 M: Rp1,2 juta

Ukuran alat pelacak mobil Super Spring VT-100 M punya ukuran yang relatif kecil sehingga bisa disembunyikan. Akurasi GPS ini didukung sinyal GSM yang stabil sehingga bisa dipantau secara realtime via website. Fitur-fitur yang disediakan antara lain laporan jarak tempuh, kecepatan dan lama berkendara. 

Fitur tersebut hadir berkat adanya antena GSM dan GPS internal yang responsif. Selain itu, ada juga sensor ACC pendeteksi mesin apakah sedang menyala atau tidak serta. Semakin lengkap, GPS ini punya baterai cadangan jika sensor ACC tersebut dilepas.

Uniknya, cukup dengan SMS, pemilik kendaraan bisa mematikan mesin mobil dari jarak jauh. Harga Super Spring VT-100 M dimulai dari Rp 1,2 juta saja. 

2. GPS kabel android – Rp100 ribu

Inilah alat pelacak mobil yang digadang lagi naik daun dengan alasan ukurannya yang simpel. Sesuai namanya, GPS ini serupa dengan kabel charger Android. 

Maka dari itu, lata ini akan berfungsi jika disambungkan ke sumber daya. Perangkat yang dijual dengan harga Rp100 ini fiturnya tidak terlalu lengkap hanya menyediakan layanan pesan singkat informasi lokasi kendaraan. 

3. GPS portable A10 – Rp1,3 juta

Berbentuk mirip powerbank, GPS portable A10 dipersenjatai baterai berkapasitas 5000 Mah. Perangkat ini mampu melacak mobil saat mesin mati sekalipun. Daya baterainya hanya bisa bertahan 30 hari, jadi pengguna harus rajin mengeceknya. 

Dengan harga Rp1,3 juta, GPS portable A10 dilengkapi fitur penyadap suara yang bisa diakses lewat telepon dan website. 

4. GT06N Smart – Rp450 ribu

Bentuknya ramping dengan antena GSM dan GPS di dalamnya. Inilah GPS dengan merek GT065N Smart. Karena bentuknya, GPS mobil yang satu ini mudah diletakkan di mana saja bahkan di tempat tersembunyi.

Selain kelebihannya di atas, GT06N Smart punya fitur-fitur unggulan yaitu kemampuan mendeteksi lokasi, menyadap suara dari dalam kabin, memberi sensor getar dalam modus siaga.

Terbilang canggih, harga GPS mobil GT06N Smart mulai dari Rp450 ribu saja. 

5. GPS GT06N – Rp360 ribu

Satu lagi GPS mobil dengan ukuran kecil yaitu alat pelacak GPS GT06N. Walaupun kecil, GPS ini mampu memberi perlindungan maksimal. Karena bentuk dan ukurannya, GPS GT06N bisa dipasang di tempat tersembunyi.

Sistem pelacakan yang digunakan mengandalkan sinyal GSM dan GPS yang dapat dilakukan dari jarak jauh. Selain itu, ada fitur pelengkap di GT06N yaitu fitur mematikan mesin mobil secara otomatis.

Kelebihan alat pelacak yang satu ini adalah tracking yang akurat dan realtime dan ada alarm mobil batas kecepatan kendaraan. Harganya GPS GT06N sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp 360 ribuan.

6. GPS Garmin Nuvi 65LM – Rp1,3 juta

Alat ini menjadi salah satu merek GPS terbaik yang sekarang banyak digunakan untuk melengkapi mobilnya.

Meskipun harganya cukup mahal, tetapi fitur yang dirasakan memang sesuai dengan biaya yang dikeluarkan. Anda sebagai pengendara akan diarahkan pada rute dan lokasi yang akurat sesuai dengan tujuan Anda.

Kemudian, GPS ini memiliki jenis layar TFT dengan ukuran 6 inci dan memiliki resolusi 800 x 480 pixel. Fitur lainnya yang didapatkan adalah adanya 1.000 waypoint yang bisa menjangkau hampir semua kota besar yang terdapat di Indonesia. Adapun fitur Lifetime Map untuk mengetahui lokasi lainnya.

7. GPS Garmin Nuvi 57LM – Rp1,5 juta

GPS ini memiliki ukuran layar 5 inci dengan kemampuannya menunjukkan peta beserta jalur yang harus dilalui untuk menjangkau lokasi yang dicari secara lebih cepat dan akurat.

Selain itu, tampilan layarnya sangat intuitif sehingga sangat mudah digunakan oleh orang awam sekalipun.

Pengguna juga bisa mengetahui batas kecepatan dan jarak tempuh yang harus dilalui untuk sampai ke tujuan.

Uniknya, GPS ini mampu menjangkau wilayah terpencil tanpa harus terhubung dengan jaringan. Harga GPS Garmin Nuvi 57LM dimulai Rp1,5 juta.

8. GPS Watchtower J-008 – Rp1,9 juta

GPS Watchtower J-008 dilengkapi dengan Receiver SiRF Atlas V yang bisa menampilkan peta suatu wilayah dengan cepat.

Ukuran layarnya 5 inci dengan resolusi 800 x 480 pixel. Terdapat RAM sebesar 128 GB DDR2 serta ROM sebesar 2GB. GPS ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur hiburan, seperti MP3 dan bisa menayangkan film atau video berformat AVI.

Dengan hanya menghubungkan Flash Disk ke port USB 2.0 yang tersedia pada GPS yang satu ini, pengguna bisa menikmati fitur hiburan tersebut.

Selain kamu bisa menemukan lokasi tujuan dengan cepat, kamu juga bisa menikmati perjalanan dengan musik atau tayangan film. Harga GPS Watchtower J-008 dibanderol Rp1,9 juta.

Untuk memasang GPS mobil juga ada harganya, lho. Harga pasang GPS mobil dimulai Rp800 ribu. Harga pasang tersebut bisa berbeda-beda tergantung dari jenis mobil dan merek GPSnya bahkan tempat di mana memasangnya.

Cara kerja GPS mobil

Setelah membahas rekomendasi dan harga GPS mobil, ada baiknya kamu tahu cara kerja GPS mobil. Umumnya GPS mobil bekerja dengan menggunakan jaringan satelit untuk menentukan lokasi kendaraan. Inilah yang dinamakan proses trilateration untuk menentukan lokasi fisik kendaraan berdasarkan jarak melalui tiga satelit. Lebih detailnya, berikut cara kerja GPS mobil:

  • GPS menerima informasi tentang koordinat bumi minimal dari tiga buah sumber satelit.
  • GPS mengirimkan data tersebut ke server operator melalui ketersediaan tower-tower seluler.
  • Posisi kendaraan akan diproses oleh server agar bisa mengirimkan keberadaan lokasinya.
  • Data posisi kendaraan bisa dilihat di berbagai macam browser, melalui desktop maupun smartphone.

Fungsi GPS mobil

Tidak hanya berfungsi sebagai alat pelacak kendaraan, GPS mobil juga punya fungsi lainnya dari mengantisipasi pencurian hingga memperkirakan cuaca. Berikut beberapa fungsi GPS mobil:

1. Mengantisipasi tindakan pencurian

Fungsi GPS yang bisa melacak posisi kendaraan secara real time bisa digunakan untuk meningkatkan keamanan kendaraan dari risiko pencurian. Setidaknya apabila terjadi pencurian, pemilik mobil bisa segera tahu di mana lokasi mobil berada berkat GPS. Bahkan, beberapa jenis dan merek GPS sudah dilengkapi dengan fitur mematikan mesin mobil dari jarak jauh.

2. Menyimpan histori perjalanan

GPS mobil mampu menyajikan data lengkap histori perjalanan kendaraan dalam waktu tertentu. Pemilik kendaraan bisa tahu lokasi, waktu keberangkatan, dan kedatangan. Semua informasi tersebut akan tersimpan di dalam sistem GPS yang sangat mudah diakses pemiliknya.

3. Merekam pembicaraan dalam mobil

Fitur penyadapan yang melengkapi GPS sangat berguna untuk merekam seluruh pembicaraan di dalam mobil apalagi jika terjadi tindak pencurian. 

Pemilik bisa mengakses GPS untuk mencari tahu lokasi terkininya untuk selanjutnya memilih fitur sadap untuk merekam percakapan yang terjadi. Rekaman pembicaraan yang didapat nantinya bisa dijadikan bukti tindak kejahatan atau pencurian mobil.

4. Memperkirakan cuaca

GPS mobil bisa berfungsi sebagai pendeteksi cuaca, tekanan udara, kelembapan, dan suhu pada suatu daerah. Jadi, misalnya kamu sedang berkendara ke suatu tempat, kamu bisa menggunakan GPS untuk melihat kondisi cuaca daerah yang dituju. Dengan begitu, kamu bisa lebih siap jika sewaktu-waktu cuaca tidak bersahabat.

Pasang GPS mobil

Tanpa perlu ke bengkel, pasang GPS mobil bisa kamu lakukan sendiri. Jangan khawatir, kamu gak akan kerepotan dan kesusahan karena cara pasang GPS mobil termasuk mudah. Begini caranya:

1. Pasang GPS mobil di tempat yang mudah dilihat dan dijangkau

Posisi pasang GPS tidak boleh menimbulkan blind spot di bagian vital, seperti pandangan depan, pandangan kaca spion belakang dan samping, dan pandangan di kaca mobil jendela.

Jadi, ada dua pilihan tempat pasang GPS mobil yang baik yaitu di atas head unit dan tergabung di layar dalam head unit.

Untuk menghindari tidak fokus saat berkendara, jangan sampai pasang GPS mobil di tempat yang sulit dijangkau mata, sehingga kamu harus mengalihkan pandangan dari jalan. Sebaiknya pasang GPS mobil di tempat yang mudah dilihat dari jangkauan mata di jok mobil pengemudi.

2. Gunakan perekat yang kuat dan aman untuk pasang GPS mobil

Gunakan pegangan dan perekat khusus untuk pasang GPS di mobil kamu. Ada berbagai pilihan material holder untuk pasang GPS mobil mulai dari karet silikon perekat, magnet, penjepit, sampai yang tersambung dengan soket lighter.

3. Nyalakan GPS saat berkendara

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan GPS menyala dengan daya penuh sehingga tidak mati secara tiba-tiba di tengah jalan. Apalagi fungsi GPS untuk menghindarkan pengemudi dari tersesat di jalan-jalan tertentu atau saat mencari alamat tertentu.

Sudah tahu kan GPS mobil mana yang mau dibeli untuk melengkapi mobil kamu biar gak tersesat saat berkendara. Membeli GPS mobil perlu menyesuaikan kebutuhan apa yang kamu inginkan mengingat berbagai merek menawarkan fitur dan harga yang berbeda.

Tips dari Lifepal! Harga GPS mobil yang beredar di pasaran sangatlah beragam, ada yang murah dan ada yang mahal. Harga tersebut tentunya memengaruhi kualitas dan fitur yang ditawarkan.

Oleh karena itu, sebelum membeli, pastikan kamu sudah tahu GPS mobil yang seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan.

Melengkapi mobil dengan GPS akan sangat membantu penggunanya mengingat fungsinya yang penting dari melacak pencuri hingga memprediksi cuaca.

Kini alat pelacak mobil atau GPS mobil banyak yang sudah dilengkapi dengan bermacam fitur. Hal inilah yang membuat harga GPS mobil bisa mahal.

Namun demikian, semua itu tergantung pilihan dan kebutuhan kamu.

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Dapatkan ganti rugi jika mobil dicuri dengan asuransi mobil

Memasang GPS mobil memang bisa menjadi salah satu cara untuk meminimalisir kehilangan kendaraan. Namun, risiko pencurian tetap tidak bisa dihindari sehingga asuransi mobil merupakan suatu hal yang penting. 

Diantara dua jenis asuransi mobil, yaitu asuransi mobil All Risk (Comprehensive) dan Total Loss Only (TLO) keduanya bisa menanggung kehilangan sesuai polis.

Perbedaan keduanya adalah pada pertanggungan, yaitu All Risk bakal menanggung semua kerugian pada mobil sementara TLO hanya bakal mencairkan klaim kehilangan atau rusak parah.

Cari tahu di Lifepal mengenai asuransi kendaraan terbaik yang bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan kamu dengan mengikuti kuis asuransi mobil terbaik ini:

Hitung juga berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan.

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%! 

Gunakan kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus ditabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa digunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Pentingnya memiliki asuransi kesehatan

Selain asuransi mobil, ada baiknya kamu juga mendapatkan proteksi dari asuransi kesehatan. Sebab pengobatan ataupun perawatan di rumah sakit memakan biaya yang tidak sedikit.

Mahalnya biaya tersebut bisa membuat kondisi keuanganmu menjadi terganggu. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mendapatkan perlindungan secara finansial dari asuransi kesehatan syariah. Kamu jadi tidak perlu khawatir lagi terbebani oleh mahalnya pengobatan di rumah sakit.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan dana darurat untuk keamanan finansialmu. Kamu bisa menggunakan kalkulator dana darurat berikut untuk mengetahui berapa kebutuhan dana daruratmu setiap bulannya:

Cara memilih asuransi kesehatan

Di Indonesia, penyedia layanan asuransi jumlahnya ratusan. Namun, sebelum memilih mana yang cocok, kita perlu mengetahui beberapa kriteria asuransi kesehatan terbaik.

Beberapa kriteria asuransi kesehatan terbaik adalah:

  • Limit pertanggungan dan premi sesuai. Tidak selalu asuransi kesehatan murah akan lebih baik, tetapi asuransi yang bagus juga tidak selalu mahal.
  • Jaringan rumah sakit yang luas. Bagi yang sering ke luar negeri, pastikan penyedia menjangkau rumah sakit di luar negeri.
  • Fasilitas cashless karena praktis apalagi di saat kondisi genting. Sehingga kita cukup menggesekkan atau cukup menunjukkan kartu asuransi saja.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli proteksi kesehatan: 

Iuran premi tidak lebih 10 persen dari gaji

Meski proteksi kesehatan sangatlah penting, calon nasabah tetap harus memastikan keuangannya tetap terjaga. 

Salah satunya adalah, dengan mengikuti metode finansial 50/30/20. Di mana 50 persen untuk kebutuhan sehari-hari, 30 persen untuk hiburan, 10 persen investasi, dan 10 persen asuransi.

Metode klaim cashless

Dengan sistem klaim cashless nasabah bisa datang ke rumah sakit bermodal kartu peserta asuransi kesehatan saja. 

Artinya, nasabah tidak perlu mengeluarkan anggaran yang besar untuk mendapatkan pelayanan medis di rumah sakit rekanan. Namun, cashless tidak selalu menjadi terbaik. Ingat penjelasan sebelumnya, ya.

Contohnya adalah rekomendasi pilihan di atas yaitu Allianz, AXA Mandiri, Prudential, Manulife, BCA, BNI Life, dan Cigna semuanya memiliki manfaat asuransi cashless dan reimbursement.

Limit/plafon sesuai premi

Plafon yang ditawarkan oleh asuransi kesehatan memang sekilas terkesan besar. Misalnya, uang pertanggungan Rp20 juta terkesan banyak saat ini.

Namun, jika dibandingkan dengan biaya perawatan medis di Indonesia saat ini yang mana biaya operasi memakan biaya sekitar Rp7-Rp15 juta, tentu manfaat pertanggungan Rp20 juta sangatlah kecil

Jika memungkinkan, sebaiknya pilih yang menanggung biaya medis sesuai tagihan rumah sakit (as charged). 

Manfaat pengembalian premi

Beberapa asuransi juga menawarkan pengembalian premi atau no claim bonus apabila tidak ada klaim hingga masa polis berakhir. 

Umumnya besaran pengembalian premi tiap polis perusahaan berbeda-beda ada yang 20 persen, 50 persen, bahkan hingga 100 persen dari total premi yang telah dibayarkan.

Beberapa pilihan rekomendasinya adalah asuransi kesehatan Cigna, Prudential, dan Allianz juga memberikan manfaat no claim bonus bahkan ada yang setiap setahun. 

Menanggung biaya rawat jalan

Biaya perawatan pra dan pasca rawat inap tidaklah murah. Untuk itu, sebaiknya pilih yang menanggung biaya rawat jalan tersebut. 

Dari rekomendasi Lifepal, Asuransi kesehatan AXA Mandiri, Cigna, dan Manulife menanggung biaya rawat jalan sebagai manfaat dasar asuransi. Calon nasabah tinggal memilih premi dan plafon yang dapat melengkapi kebutuhan serta anggaran.

Hitung uang pertanggungan asuransi

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).

Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Perlu diketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi jiwa terbaik:

 

Pertanyaan seputar harga GPS mobil

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.