Senin, 8 Agustus 2022 – 09:36 WIB

VIVA Edukasi – Dua mahasiswa Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) meraih juara bidang informatika pada final Kompetisi Mahasiswa Bidang Informasi Politeknik Nasional (KMIPN) IV tahun 2022 yang diselenggarakan di Politeknik Negeri Batam pada 2-3 Agustus lalu.

“Kami berbangga tim mahasiswa kami bisa berprestasi di ajang bergengsi Politeknik se-Indonesia di bidang informatika,” kata Direktur Poliban, Joni Riadi di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin (8/8).

Dia menyampaikan dua tim Poliban yang meraih prestasi di KMIPN IV tersebut adalah tim pada bidang lomba Hackathon dan bidang lomba keamanan siber. “Kedua tim mahasiswa kita meraih juara 3, ini sudah sangat membanggakan,” ujarnya.

Dua Mahasiswa Poliban Banjarmasin Raih Prestasi di KMIPN 2022

Dua mahasiswa Poliban raih juara 3 bidang informatika di ajang KMIPN

Sementara itu, Kepala Program Studi D3 Manajemen Informatika Poliban Kalsel Abdul Rozaq, S.Kom, M.M M.Kom menyampaikan Poliban mengirim tiga tim untuk mengikuti KMIPN IV yang dimulai sejak pendaftaran dan submit proposal pada 7 Maret hingga final pada 2–3 Agustus 2022.

Dengan semangat bertanding yang luar biasa, dua tim Poliban, pertama Tim ITECHATHON yang diperkuat Hari Hidayat (Prodi Teknik Informatika), Nisrina Adila Rahmi (Prodi Manajemen Informatika) dan Adnan Abdul Majid (Prodi Manajemen Informatika) meraih juara 3 bidang lomba Hackathon.

Selanjutnya, Tim 2RF-CYBERTECH yang diperkuat M Rizky Murtadha (Prodi Teknik Informatika), Noor Saputri (Prodi Teknik Informatika) dan M Farhan Al-Ghifari (Prodi Teknik Informatika) juga meraih juara 3 bidang lomba keamanan siber.

Dua Mahasiswa Poliban Banjarmasin Raih Prestasi di KMIPN 2022

Dua mahasiswa Poliban raih juara 3 bidang informatika di ajang KMIPN

Abdul Razak menyatakan prestasi dua tim mahasiswa Poliban di ajang ini luar biasa, karena bersaing dengan tim-tim hebat dari politeknik se-Indonesia.

“Ini sudah capaian yang terbaik bagi mahasiswa kita, kami bangga, pada KMIPN selanjutnya kita berjuang lagi untuk bisa juara pertama,” katanya.

Kompetisi Mahasiswa Informatika Politeknik Nasional (KMIPN) merupakan ajang bergengsi untuk institusi perguruan tinggi vokasi di bidang informatika.

Tahun 2022 merupakan penyelenggaraan keempat kalinya setelah sukses diselenggarakan di Politeknik Negeri Malang tahun 2021, Politeknik Caltex Riau pada tahun 2019 dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya pada tahun 2018.

KMIPN IV kali ini pada 2022 diselenggarakan di Politeknik Negeri Batam dengan tema “Indonesia Makin Cakap Informatika”.

Tema tersebut dipilih selaras dengan program SDM Unggul dari Presiden Republik Indonesia dan program Kampus Merdeka dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek).

Penyelenggaraan kompetisi ini merupakan bentuk kontribusi mahasiswa Politeknik se-Indonesia dalam membangun SDM Unggul di bidang Informatika.

Pameran teknologi dan workshop juga menjadi rangkaian acara pada kegiatan ini untuk menambah wawasan dalam perkembangan teknologi serta memenuhi kebutuhan industri terkini. (antara)

Artikel ini bersumber dari www.viva.co.id.