Chevrolet, sebuah pabrikan mobil asal Amerika, pernah menguasai pasar penjualan mobil di Indonesia lewat mobil Chevrolet Spin yang diluncurkan pada tahun 2013 lalu.

Pada tahun pertama penjualannya, mobil ini bisa bersaing dengan pabrikan mobil-mobil asal Asia dan memiliki dua pilihan mesin yaitu bensin dan diesel.

Chevrolet Spin kini sudah tidak lagi mengeluarkan generasi terbarunya di Indonesia sejak 2016, padahal mobil ini sangat cocok bagi kamu yang tinggal di perkotaan karena mobil tipe ini dikenal nyaman dan memiliki harga yang terjangkau.

Harga mobil Chevrolet Spin

Untuk bisa mendapatkan mobil ini, kamu bisa membeli versi baru maupun bekas. Tentunya akan ada perbedaan harga di antara keduanya.

Harga mobil Chevrolet Spin baru

Meskipun sudah tidak ada produksi untuk generasi terbaru, tapi berbagai varian Spin masih bisa didapatkan dalam versi baru. Berikut ini daftar harganya:

Tipe Harga baru
Spin tipe 1.2 LS Rp114 juta
Spin tipe 1.2 LT Rp158 juta
Spin 1.5 LS MT Rp171 juta
Spin 1.5 LTZ MT Rp193 juta
Spin 1.5 LTZ AT Rp204 juta
Spin Activ 1.5 AT Rp211 juta

Walaupun kamu tetap bisa mendapatkan varian baru, tapi mungkin cukup sulit karena mobil ini sudah tidak lagi diproduksi di Indonesia sejak tahun 2016 lalu.

Hal ini disebabkan karena seri ini dianggap kurang dapat bersaing di Indonesia. Meskipun begitu, Chevrolet seri ini masih di produksi di beberapa negara lain.

Harga Chevrolet Spin bekas

Karena mencari varian baru semakin sulit, maka kamu bisa juga mempertimbangkan varian bekasnya. Harga varian bekas cukup bervariasi, tergantung varian serta tahun keluaran mobil.

Harga bekasnya pun cukup terjangkau. Kamu bahkan bisa mendapatkan mobil bekas Spin dengan harga di bawah Rp100 juta untuk beberapa varian. Berikut ini daftar harganya:

Tipe Harga bekas
Spin 2013 1.2 LT MT Rp70 juta
Spin 2013 1.3 Diesel LT MT Rp80 juta
Spin Itz 2013 1.3 Diesel LTZ MT Rp95 juta
Spin 2014 13 Diesel LTZ MT Rp105 juta
Spin 2015 Activ AT Rp120 juta
Spin 2015 1.5 LTZ AT Rp105 juta

Harga di atas hanya merupakan estimasi, karena pada dasarnya harga mobil bekas sangat variatif bergantung pada kondisi kendaraan itu sendiri.

Nah sebelum kamu membeli, pastikan mobil ini masih dalam kondisi baik, ya. Periksa secara detail mulai dari eksterior, interior, mesinnya, dan juga tentu surat-suratnya.

Jangan lupa juga untuk melakukan test drive agar kamu dapat mengetahui dengan jelas apakah mobil tersebut bagus nyaman dan layak digunakan atau tidak. Simak juga cara mengecek mobil bekas berikut ini agar kamu tidak salah pilih.

Kelebihan Chevrolet Spin

Chevrolet yang satu ini bisa jadi mobil alternatif kamu yang ingin mobil berjenis low multi-purpose vehicle (LMPV) di mana mobil ini cocok sebagai mobil keluarga. 

Meskipun saat ini sudah tidak ada lagi generasi terbarunya, Chevrolet Spin bekas juga bisa jadi solusi mengingat mobil ini punya beberapa kelebihan. Berikut adalah kelebihannya.

1. Plat bodi tebal

Mobil ini dikenal memiliki material bodi yang tebal, ketebalannya berkisar antara 0,6 – 0,8 mm ditambah dengan cat yang berkualitas yang membuat mobil ini terlihat stylish

Plat bodi yang tebal tentu akan menambah keamanan saat berkendara karena mobil tidak akan mudah penyok jika terjadi benturan.  

2. Interior

Desain interior yang terdapat di dalam mobil juga menjadi salah satu kelebihan mobil ini. Mobil ini memiliki tampilan modern dan banyak fitur kekinian. 

Kenyamanan interior juga terasa pada bagian joknya. Pada bagian tengah terbagi dua, di mana masing-masing sandarannya dapat dilipat terpisah.

Tujuannya untuk memberi jalan bagi penumpang di baris ketiga. Joknya juga bisa ditekuk berbarengan dengan tempat duduknya.

Lalu, pada baris ketiga dibuat bagi penumpang anak-anak sehingga bagi orang dewasa terasa kurang nyaman karena ruang kaki yang sempit.

3. Kabin senyap

Kelebihan ini membuat kamu tidak akan merasakan suara apa pun dari luar, seperti suara petir saat hujan hingga suara knalpot bising.

Hal ini akan menambah kenyamanan kamu saat berkendara. Tentu kamu juga bisa berkendara dengan lebih tenang meskipun situasi di luar sedang ramai atau bahkan macet.

4. Konsumsi BBM irit

Mungkin ini jadi kelebihan yang sangat menggiurkan, mobil yang memiliki bahan bakar irit tentu jadi idaman setiap orang. Meskipun irit bahan bakar, Chevrolet Spin masih memberikan performa yang baik saat dikendarai.

Spin diesel adalah yang paling irit, konsumsi BBM bisa berada di angkat 20 km/liter untuk perjalanan di tol dan sekitar 14 km/liter untuk dalam kota.

5. Fitur keselamatan

Ini jadi kelebihan terpenting bagi dari Chevrolet Spin, di varian Spin Activ, mobil ini sudah terdapat airbag sistem di bagian depan mobil kanan dan kiri.

Kemudian semua penumpang mendapat safety belt bahkan di kursi baris tengah dan belakang. Selain itu terdapat juga fitur child lock yang jika diaktifkan, pintu secara otomatis tidak akan bisa dibuka dari dalam. 

6. Stabil di kecepatan tinggi

Biasanya mobil akan bereaksi saat dibawa dalam kecepatan tinggi. Hal ini dapat jadi berbahaya atau paling tidak mengurangi kenyakanan saat berkendara.

Mobil ini memberikan rasa nyaman meskipun dalam kecepatan yang tinggi, walaupun stir terasa agak berat namun itu memberikan kelebihan saat berakselerasi.

7. Kabin lega

Ini jadi alasan kenapa Chevrolet Spin dikatakan sebagai mobil yang cocok bagi keluarga karena adanya kursi di baris ketiga.

Salah satu kelebihan mobil ini dari kompetitornya adalah suspensi di bagian belakang ini halus, meski kamu duduk di bagian kursi belakang, mobil ini masih bisa menawarkan kenyamanan.

Begitu juga jika kamu ingin membawa banyak barang. Bagasi mobil ini dapat memuat hingga 1.608 liter. Kamu juga bisa menyesuaikan kursi untuk memaksimalkan ruang bagasi.

8. Konektivitas

Fitur berteknologi pada mobil memang sangat penting di zaman seperti ini. Spin sendiri sudah dilengkapi dengan Bluetooth yang memudahkan kamu untuk terkoneksi dengan smartphone-mu.

Bluetooth di sini juga sudah terintegrasi dengan head unit dan tombol kendali telepon yang ada di lingkar kemudi. Kalau mengalami masalah pada fitur teknologinya, kamu juga bisa langsung melakukan perbaikan secara cepat di bengkel spesialis Chevrolet.

9. Mesin bertenaga dan tetap halus

Sebagai mobil MPV, mesin yang bertenaga memang sangat dibutuhkan agar daya angkut mobil ini dapat maksimal.

Meskipun kemampuan mesinnya sangat bertenaga, tapi suara mesin mobil ini cukup halus sehingga tidak mengganggu.

10. Soft touch di pintu belakang

Tidak perlu kesulitan untuk membuka pintu belakang mobil yang satu ini. Fitur soft touch sudah melengkapi pintu belakang mobil Chevrolet satu ini.

Selain memudahkan dalam membuka pintu, fitur soft touch pada mobil juga membuat tampilan mobil lebih modern.

Kelemahan Chevrolet Spin

Dengan begitu banyak kelebihan yang menarik dari Chevrolet Spin, ternyata mobil ini juga memiliki beberapa kekurangan. 

Tentunya hal ini harus kamu ketahui sebagai bahan pertimbangan jika kamu tertarik membeli mobil ini. Berikut adalah beberapa kekurangannya.

1. Cara buka tangki BBM yang tidak simpel

Untuk yang satu ini, pengemudi diharuskan turun dari mobil terlebih dahulu. Kemudian, matikan mesin dan membuka tangki dengan anak kunci.

Hal ini tentu cukup rumit jika dibandingkan dengan banyak mobil lainnya yang sudah dilengkapi dengan tombol untuk membuka tangki BBM.

2. Dashboard kemudi yang tinggi

Dibanding kompetitornya seperti Suzuki Ertiga, dashboard depan mobil ini agak tinggi sehingga membuat pemandangan depan jadi agak kurang luas.

3. Spare part sulit ditemukan

Ini jadi kesulitan bagi kamu yang tinggal agak jauh dari kota besar. Suku cadang dari mobil ini sulit didapat. Apalagi mengingat mobil ini sudah tidak melakukan penjualan lagi di Indonesia cukup lama. 

Maka dari itulah, kamu bisa mendatangi bengkel mobil Chevrolet resmi. Di bengkel ini, pemilik mobil Chevy, sebutan untuk Chevrolet, juga bisa mendapatkan suku cadang (spare part) asli dan bergaransi. 

4. Kemudi berat

Mobil ini dikenal memiliki stir yang berat dan cukup sulit dikendalikan, dengan begitu kamu perlu tenaga lebih saat mengendarai mobil ini. Pastikan agar kamu terbiasa dengan kondisi ini agar meminimalisir kejadian yang tidak terduga.

5. Jok keras

Pada dasarnya material jok mobil ini terbuat dari bahan berkualitas. Namun joknya cenderung keras sehingga dapat mengurangi kenyamanan saat berkendara, terutama untuk waktu yang lama.

6. Harga anjlok

Dapat dikatakan bahwa harga mobil ini anjlok. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa kekurangan mobil ini yang mungkin membuat beberapa orang ragu untuk membelinya.

Namun apabila memang fitur yang ada pada mobil ini sudah sesuai kebutuhan kamu dan harganya juga cocok, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkannya. Apalagi jika kamu berfokus pada fungsi dan tidak berencana untuk menjualnya kembali.

Spesifikasi Chevrolet Spin

Chevrolet Spin spesifikasi jadi bagian selanjutnya yang harus kamu ketahui Setelah sebelumnya mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan Chevrolet Spin. Berikut adalah spesifikasinya.

1. Mesin Chevrolet Spin

Chevrolet Spin memiliki tiga varian yaitu 1.2 L, 1.3 L dan 1.5 L. Pada varian 1.2 mobil ini menggunakan mesin tipe 4 silinder DOHC 16 Valve Dual VVTi yang mampu menghasilkan tenaga hingga 86 hp dan torsi maksimal 115 nm. 

Sementara pada varian 1.3 L, tipe mesin mobil ini menggunakan bahan bakar diesel dengan tipe mesin 4 silinder commonrail direct injection with turbocharger yang mampu menghasilkan tenaga 75 hp dan torsi maksimal 190 Nm.

Lalu, untuk mesin Chevrolet Spin varian 1.5 L, mesin yang digunakan sama dengan varian 1.2 L tetapi mesin di mobil ini mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar yaitu 109 hp dan torsi maksimal sekitar 142 Nm.

2. Chevrolet Spin eksterior

Untuk bagian eksterior, mobil ini menggunakan material bodi yang tebal sehingga mobil tidak mudah penyok jika terjadi benturan.

Cat mobil yang berkualitas juga menambah kesan elegan dan sporty di mobil ini, ditambah grill depan yang mendapat sentuhan chrome.

Untuk ukuran velg Chevrolet Spin menggunakan velg alloy 15 inch dan ukuran ban 195/65. Suspensi depan menggunakan MacPherson Strut, suspensi belakang torsion Beam dan sistem rem ABS.

Sementara itu di beberapa varian mobil ini memiliki roof rack di bagian atas mobil untuk menyimpan barang.

3. Chevrolet Spin interior

Chevrolet spin memiliki kabin yang luas dengan bisa menampung hingga 7 penumpang dengan material terdiri dari plastik dan kain, speedometer mobil sudah teknologi digital, AC per kepala sampai baris ketiga, safety belt di 7 titik, setir pengemudi yang dilapisi kulit. 

Di bagian kursi, mobil ini memiliki jok yang cukup tebal dan ada kursi di baris ketiga walaupun cukup sempit bagi orang dewasa. 

4. Fitur pendukung

Mobil ini memiliki banyak fitur diantaranya fitur informasi konsumsi BBM, informasi kode eror, ada juga fitur keselamatan seperti airbag pada pengemudi, fitur child lock, fitur hiburan yang terdapat di head unit dan sudah terhubung dengan Bluetooth. 

Tips dari Lifepal! Chevrolet Spin memiliki banyak kelebihan dan kekurangan yang bisa kamu jadikan referensi. 

Hadir dalam beberapa varian, pertama tipe LS untuk varian 1.2 L, lalu ada tipe LT untuk varian 1.2 L, 1.3 L dan 1.5 L. Selanjutnya ada tipe LTZ 1.5 dan Chevrolet Spin Active.

Chevrolet spin tipe LT 1.3 dan LTZ 1.5 bisa disebut juga Chevrolet Spin diesel karena dua tipe mobil ini memakai mesin diesel.

Sementara tipe LTZ diesel merupakan varian tertinggi dan tipe LTZ 1.5 menghadirkan Chevrolet Spin matic dan Chevrolet Spin manual.

Dengan begitu banyak kelebihan yang menarik dari Chevrolet Spin, ternyata mobil ini juga memiliki beberapa kekurangan. Tentunya hal ini harus kamu ketahui sebagai bahan pertimbangan jika kamu tertarik membeli mobil ini.

Pada dasarnya saat membeli mobil, yang penting adalah menyesuaikan kebutuhanmu. Jika kamu ingin membeli mobil tapi bingung mobil seperti apa yang cocok untuk kamu, coba cek dengan kalkulator jenis mobil berikut:

Pajak Chevrolet Spin

Pajak kendaraan disesuaikan dengan harga dari mobil tersebut. Berikut ini perkiraan atau estimasi harga pajak Chevrolet Spin sesuai dengan harga setiap variannya.

Tipe Tahun keluaran Tarif pajak
SPIN 1.2 LS MT 2016 Rp1.653.750,00
SPIN 1.2 LT MT  2016 Rp1.779.750,00
SPIN 1.3 LT MT 2016 Rp2.126.250,00
SPIN 1.3 LTZ MT 2016 Rp2.551.500,00
SPIN 1.5 LS MT 2016 Rp1.732.500,00
SPIN 1.5 LT MT 2016 Rp1.874.250,00
SPIN 1.5 LTZ AT 2016 Rp2.362.500,00
SPIN 1.5 LTZ MT 2016 Rp2.189.250,00
SPIN 1.2 LS MT 2015 Rp1.638.000,00
SPIN 1.2 LT MT  2015 Rp1.764.000,00
SPIN 1.3 LT MT 2015 Rp2.110.500,00
SPIN 1.3 LTZ MT 2015 Rp2.535.750,00
SPIN 1.5 LS MT 2015 Rp1.858.500,00
SPIN 1.5 LT MT 2015 Rp1.858.500,00
SPIN 1.5 LTZ AT 2015 Rp2.346.750,00
SPIN 1.5 LTZ MT 2015 Rp2.173.500,00

Pentingnya pakai asuransi mobil

Setelah membeli mobil pilihan kamu, baik baru maupun bekas, pastikan mobil tersebut kamu lindungi dengan asuransi terbaik.

Ada banyak risiko yang mungkin terjadi saat kamu berkendara. Misalnya kecelakaan, bencana alam, hingga pencurian maupun tindak kejahatan lainnya.

Jika risiko seperti ini terjadi, tentu kamu akan merasakan kerugian finansial yang tidak sedikit. Maka dari itu, sebaiknya lindungi mobil kesayangan kamu dengan asuransi mobil.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu tak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat karena risiko berkendara. Dapatkan juga ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Berapa sih premi asuransi mobil? Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil berikut ini.

Pertanyaan seputar Chevrolet Spin

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.