Aki mobil menjadi komponen penting bagi seluruh kendaraan, termasuk Honda Brio. Saat ini ada berbagai macam merk aki mobil Brio yang bisa dibeli di bengkel maupun di e-commerce.

Fungsi aki sangat penting untuk menopang kelistrikan mobil sehingga dapat tetap berjalan. Terlebih biasanya pemilik Honda Brio menggunakan kendaraannya untuk berkendara harian. 

Berkat aki, bagian lain dari mobil seperti lampu, AC, kamera parkir, sampai klakson, dapat berfungsi.

Nah, bagi kamu pemilik Honda Brio, mari simak daftar harga aki mobil untuk merk mobil ini pada artikel Lifepal berikut.

Mobil Brio aki kering atau basah? 

Sebelum mengetahui berapa harga aki Honda Brio, sebaiknya kamu mengetahui dulu tipe aki apa yang cocok untuk mobil ini. Mobil berdesain mungil ini tersedia dalam varian Low Cost Green Car bernama Brio Satya dan tipe juga RS. 

Lalu, apakah mobil Brio pakai aki kering atau basah itu sebenarnya tidak memiliki aturan pasti. Pemilik kendaraan biasa menyesuaikan dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing tipe aki.

Namun, banyak pemilik Honda Brio memilih aki kering karena cenderung lebih aman dari risiko kebocoran. Selain itu, aki kering juga tidak perlu rutin diisi sehingga lebih minim perawatan. Berbeda dengan aki basah yang memerlukan pengisian ulang.

Selain itu, pemilik juga harus mengetahui berapa daya listrik ampere aki mobil yang dibeli sehingga bisa bekerja lebih optimal.

Hitung menggunakan rumus P = V x I.  P adalah daya listrik, sedangkan V adalah tegangan aki dan I mengacu pada arus listrik yang mampu dikeluarkan oleh aki.  

Standar ukuran ampere Honda Brio Brio adalah 34 ampere yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Daftar harga aki mobil Brio

Harga aki mobil Honda Brio bervariasi, tergantung merk yang dipilih dan di mana kamu membeli aki tersebut. Sebagai gambaran, berikut ini kisaran harga aki mobil Brio:

Merk Aki Mobil Harga
NS40ZL INCOE GOLD 35AH (Aki Mobil Honda New Jazz, Brio, Freed, Mobilio) Rp520 ribu
Aki Mobil GS ASTRA Hybrid NS40ZL GSHY-NS40ZL (Calya, Sigra, Agya, Ayla, Sirion, Jazz, Brio, Mobilio)  Rp703 ribu
G Force NS40ZL Rp735 ribu
Yuasa 36B20L NS40ZL (Aki Basah) Rp770 ribu
Yuasa NS40Z-MF Rp807 ribu
GS ASTRA GSMFN-NS40ZL (Brio, Sirion, Calya, Sigra, Ayla, Agya, City, Mobilio, Jazz, Altis, dll) Rp836 ribu
GS Honda Genuine Part 34B19L Aki MF Mobil  Rp883 ribu
Amaron Maintenance NS40ZL Aki Mobil [12 V/ 35 Ah] Rp1,05 juta

Rincian biaya servis Honda Brio 

Setelah mengetahui berapa harga aki mobil Honda Brio, mari simak rincian biaya servis rutin yang dijalani sesuai anjuran per kilometer. Sebagai informasi, Honda memberikan gratis biaya jasa untuk semua merknya sampai 5 tahun. Termasuk Honda Brio.

  • Biaya servis Honda Brio di 5.000 KM atau 6 bulan: Gratis 
  • Biaya servis Honda Brio di 10.000 KM: Rp348 ribu, meliputi ganti oli mesin, washer drain dan brake grease
  • Biaya servis Honda Brio di 20.000 KM: Rp385 ribu, meliputi ganti komponen oli mesin, washer drain, brake grease, dan filter oli.
  • Biaya servis Honda Brio di 30.000 KM: Rp483 ribu, meliputi ganti oli mesin, washer drain, brake grease dan filter udara.  
  • Biaya servis Honda Brio di 40.000 KM: Rp473 ribu, meliputi oli mesin, washer drain, brake grease, filter oli, busi, oli transmisi dan washer drain transmisi. 
  • Biaya servis Honda Brio di 50.000 KM atau 5 tahun: Rp348 ribu, meliputi ganti oli, washer drain dan brake grease
  • Biaya servis Honda Brio 60.000 KM: Rp1 jutaan, meliputi biaya jasa, ganti oli mesin, washer drain, brake grease, filter oli, filter udara, dan minyak rem.  
  • Biaya servis Honda Brio di 70.000 KM: Rp689 ribu, meliputi ganti oli mesin, washer drain, dan brake grease.  
  • Biaya servis Honda Brio di 80.000 KM: Rp1,7 jutaan, meliputi oli mesin, washer drain, brake grease, filter oli, busi, oli transmisi dan washer drain transmisi.
  • Biaya servis Honda Brio di 90.000 KM: Rp824 ribu, ganti oli mesin, washer drain, brake grease, dan filter udara.
  • Biaya servis Honda Brio di 100.000 KM: Rp866 ribu, ganti oli mesin, washer drain, brake grease, dan filter oli. 

Harga sparepart Honda Brio

Jika ada komponen sparepart yang harus diganti, berikut ini kisaran harganya dari bengkel resmi Honda

  • Oli mesin: Rp85 ribu (1 liter berjenis 10W-30)
  • Oli Transmisi Matic: Rp297 ribu (3,5 liter)
  • Radiator Coolant: Rp 26 ribu
  • Filter Oli: Rp37 ribu
  • Filter Udara: Rp135 ribu
  • Kampas Rem: Rp386 ribu
  • Filter Bensin: Rp391 ribu
  • Minyak Rem : Rp25 ribu (0,3 liter)
  • Busi: Rp22 ribu

Tips dari Lifepal! Saat ini ada berbagai macam merk aki mobil Brio yang bisa dibeli di bengkel maupun di e-commerce.

Fungsi aki sangat penting untuk menopang kelistrikan mobil sehingga dapat tetap berjalan. Terlebih biasanya pemilik Honda Brio menggunakan kendaraannya untuk berkendara harian.

Berikut harga beberapa jenis aki yang cocok untuk Brio.

  • NS40ZL INCOE GOLD 35AH: Rp520 ribu
  • Aki Mobil GS ASTRA Hybrid NS40ZL GSHY-NS40ZL: Rp703 ribu
  • G Force NS40ZL: Rp735 ribu
  • Yuasa 36B20L NS40ZL (Aki Basah): Rp770 ribu
  • Yuasa NS40Z-MF: Rp807 ribu
  • GS ASTRA GSMFN-NS40ZL: Rp836 ribu
  • GS Honda Genuine Part 34B19L: Rp883 ribu
  • Amaron Maintenance NS40ZL Aki Mobil [12 V/ 35 Ah]: Rp1,05 juta.

Selain aki, kamu juga bisa mendapatkan informasi lengkap seputar warna mobil Brio, dan harga mobil Brio di Lifepal!

Jangan lupa untuk melindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Berikan asuransi mobil biar tak perlu pikirkan biaya servis

Walaupun harga aki mobil Brio dan biaya servisnya cukup terjangkau, tetapi memiliki asuransi menjadi hal yang penting.

Seperti halnya mesin yang harus dirawat dan diganti dengan oli, kamu juga memproteksi dirimu dari beban pengeluaran mendadak yang akan menguras tabungan.

Kamu bisa memproteksi keuanganmu dari biaya servis mobil atau biaya perbaikan akibat benturan baik yang terjadi saat berlalu lintas maupun kejadian-kejadian yang sifatnya kelalaian pribadi sesuai polis.

Manfaat ini tidak hanya terbatas pada perlindungan mobil saja, melainkan ada juga perlindungan untuk motor. Kamu juga bisa memilih asuransi mobil syariah yang menjamin risiko berdasarkan hukum syariat.

Cari tahu jenis asuransi mobil yang tepat dengan mengikuti kuis asuransi mobil terbaik berikut ini: 

Hitung juga berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Yuk, coba gunakan kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus ditabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa digunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Hitung uang pertanggungan asuransi kamu

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).

Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Perlu diketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi jiwa terbaik

Pertanyaan seputar aki mobil Brio

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.