Noda membandel yang muncul pada bagian body mobil karena noda aspal atau bekas jamur tentunya bikin tampilan mobil jadi tidak menarik. Untuk mengatasinya, tidak cukup hanya dibersihkan saja, namun kamu harus melakukan poles body mobil. 

Poles mobil sendiri adalah salah satu teknik perbaikan atau restorasi cat mobil yang tujuannya membuat cat mobil bisa bagus seperti semula, awet, bersih, dan tidak ada bekas noda atau goresan. 

Melakukan poles mobil sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering, sebab bisa membuat lapisan cat asli jadi ikut terkikis bahkan cat mobil bisa rusak. Kamu bisa melakukannya satu hingga dua kali saja ketika noda membandel banyak muncul di body mobil. 

Untuk perawatan lanjutan setelah melakukan poles mobil, kamu bisa melakukan coating mobil atau waxing mobil demi bisa melindungi kualitas lapisan cat mobil tetap awet.

Selain melakukan poles mobil di bengkel, kamu juga bisa melakukan poles mobil sendiri di rumah agar lebih hemat. Berikut ini ulasan terkait cara memoles mobil sendiri di rumah, biaya, dan manfaatnya. 

Manfaat poles mobil

Sebelum beralih ke cara poles mobil, ada beberapa manfaat poles mobil yang harus kamu ketahui. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Cat mobil lebih awet

Cat mobil adalah salah satu bagian mobil yang paling sering terkena kotoran. Dalam beberapa kasus, kotoran-kotoran tersebut mungkin tidak bisa dibersihkan menggunakan cairan mobil biasa dan harus menggunakan cairan poles mobil.

Selain mampu membersihkan cat mobil dari kotoran yang membandel, poles mobil juga bisa membantu memperpanjang kualitas cat mobil itu sendiri, sehingga lebih awet dan tidak mudah terkelupas atau pun retak. 

2. Membuat cat mobil terlihat mengkilap

Manfaat lain dari poles mobil adalah mampu membuat warna cat mobil kembali seperti semula bahkan seperti mobil baru. Cat mobil juga jadi terlihat lebih mengkilap dan elegan. 

Selain itu, mobil juga jadi lebih mudah dibersihkan. Untuk menghilangkan kotoran seperti debu, kamu cukup menyiramnya saja dengan air tanpa harus mencucinya. 

3. Menghilangkan baret pada mobil

Saat tengah berkendara, risiko mengalami baret mobil tentunya lebih tinggi. Hal ini bisa terjadi karena kelalaian diri sendiri atau karena orang lain yang tidak berhati-hati. 

Ketika bagian body mobil kamu mengalami baret, kamu bisa menghilangkannya dengan cara poles body mobil. Mobil kamu pun kembali mengkilap seperti baru. 

4. Menutup bintik-bintik pada mobil yang muncul

Pada beberapa kasus, juga ditemukan adanya bintik-bintik pada mobil yang membuat tampilan mobil jadi tidak bagus. 

Kalau kamu sedang ingin berhemat, kamu bisa memanfaatkan poles mobil untuk menutupi bintik-bintik pada body mobil tersebut. Hasilnya pun jadi lebih bagus dan membuat body mobil mengkilap.

5. Meningkatkan nilai jual

Dengan poles mobil, bisa meningkatkan nilai jual mobil kamu. Sebab, mobil kamu yang tadinya terlihat kusam atau kotor bisa kembali mengkilap dan seperti mobil baru. 

Alat dan bahan untuk poles mobil

Sebelum beralih ke cara melakukan poles mobil sendiri di rumah, kamu harus menyiapkan alat poles mobil dan bahan untuk poles mobil yang dibutuhkan untuk melakukan poles mobil sendiri di rumah. Berikut ini daftarnya.

1. Mesin poles

Agar proses memoles mobil kamu bisa berjalan dengan baik dan hasilnya juga maksimal, kamu membutuhkan alat khusus untuk memoles mobil.

Namun, jika seandainya budget kamu terbatas untuk membeli mesin poles mobil, kamu bisa kok memanfaatkan kain microfiber untuk memoles mobil di rumah.

Menggunakan kain biasa dan alat poles pada dasarnya memiliki prinsip yang sama, yakni sama-sama memoles mobil. Bedanya, ketika menggunakan alat, maka pekerjaan kamu akan jauh lebih mudah, praktis, dan cepat.

2. Cairan poles mobil

Setelah menyiapkan alatnya, kini saatnya kamu menyiapkan cairan poles yang berfungsi untuk memoles mobil kamu.

Ada banyak jenis cairan poles yang bisa kamu beli sesuai dengan kebutuhanmu, ya.  Contohnya seperti wax dan juga hard shell.

Ada baiknya kamu berkonsultasi dengan penjual atau montir terkait bahan apa yang bagus untuk memoles mobil kamu. Hal ini dilakukan untuk menghindari mobil baret yang malah bisa semakin parah.

Jenis-jenis poles mobil

Ketika kamu akan melakukan poles mobil, sebaiknya ketahui dulu apa saja yang termasuk jenis-jenis poles mobil.

Dengan mengetahui jenisnya, kamu jadi bisa memilih jenis poles mobil apa yang cocok untuk mobil kamu. Berikut ilasannya.

1. Detailing

Proses detaling mobil dilakukan di bagian permukaan mobil saja agar tampilannya jadi cantik dan makin mengkilap.

Tujuan poles dengan jenis detailing ini adalah untuk menghilangkan warna kusam pada mobil. Lalu, dengan metode ini waxing yang akan kamu terapkan juga bisa memberikan membuat mobil jadi lebih cerah.

2. Cleaning

Beda dengan detailing yang hanya fokus pada poles mobil di permukaan saja, cleaning dilakukan untuk semua bagian mobil, baik di interior mobil maupun di eksterior mobil.

Cara melakukannya yakni dimulai dengan mencuci mobil dan proses pembersihan higga kotoran yang menempel hilang.

3. Coating

Jenis poles mobil berikutnya yakni dengan metode coating yakni memberikan lapisan pada body mobil agar cat mobil tidak mudah luntur dan warnanya tetap mengkilap seperti baru.

Cara melakukan poles mobil sendiri

Selain melakukan poles mobil di bengkel atau dengan memanggil jasa poles mobil panggilan, kamu bisa juga melakukannya sendiri di rumah. 

Kamu bisa melakukan poles mobil dengan alat-alat sederhana atau bisa juga dengan memanfaatkan mesin poles mobil. 

Meskipun terlihat mudah, namun saat melakukan poles mobil kamu harus fokus dan jangan asal-asalan. Sebaiknya kamu mempelajari beberapa step-stepnya dulu agar hasil akhir poles mobilnya bisa maksimal dan bagus. 

Kamu juga membutuhkan tempat yang luas dan teduh saat akan memoles mobil, mengingat pengerjaan poles mobil tidak sebentar. Pemilihan tempat memoles mobil ini juga penting agar tidak ada kotoran yang menempel ketika proses poles mobil dilakukan.

Selain itu, sebelum memoles mobil pastikan kamu sudah mencuci mobil dan mengeringkannya. Mobil juga harus dalam keadaan bersih dan tidak ada kotoran, ya. Mobil yang tidak dibersihkan saat akan dipoles malah bisa menimbulkan baret. 

1. Poles mobil sendiri tanpa menggunakan alat

Apabila kamu tidak memiliki alat poles mobil, kamu bisa memanfaatkan beberapa bahan seperti kain microfiber dan juga obat atau cairan poles mobil. Lakukan dengan teliti agar hasilnya maksimal. Berikut step-step poles mobil tanpa menggunakan alat. 

Cara Poles Mobil Sendiri di Rumah yang Benar dan Biayanya

  • Bersihkan mobil terlebih dahulu dan pastikan mobil dalam keadaan kering dan tidak ada kotoran yang menempel.
  • Usap cairan poles mobil secara merata. Kamu bisa melakukannya dari panel samping, depan, atau belakang secara bergantian. 
  • Poles mobil menggunakan soft buff dengan hati-hati. Agar hasilnya bagus sebaiknya lakukan dengan gerakan memutar dan berulang. Ulangi terus hingga hasilnya rata dan oke.
  • Lakukan di setiap sisi bagian mobil hingga selesai.
  • Untuk mendapatkan hasil akhir mengkilap, kamu bisa melakukan lapping atau menggosok bagian mobil yang sudah dipoles menggunakan lap atau kain halus. 
  • Agar makin maksimal, kamu bisa melakukan waxing yang bisa memproteksi bagian body mobil dari noda atau baret. Atau kamu juga bisa menggunakan nano ceramic coating yang bisa membuat tampilan mobil kamu lebih mengkilap.

Poles mobil sendiri menggunakan alat

Memoles mobil dengan menggunakan alat tidak jauh berbeda dengan tanpa alat. Step-stepnya juga sama, yang membedakan hanya penggunaan alat polesnya saja.

poles mobil

  • Bersihkan mobil terlebih dahulu dan pastikan mobil dalam keadaan kering dan tidak ada kotoran yang menempel.
  • Usap cairan poles mobil secara merata. Kamu bisa melakukannya dari panel samping, depan, atau belakang secara bergantian. 
  • Poles mobil menggunakan alat poles dengan kecepatan yang rendah terlebih dahulu, lalu perlahan ke kecepatan yang lebih tinggi. 
  • Pastikan kamu memegang alat poles mobil dengan benar, yakni dengan posisi tegak lurus, jangan sampai miring.
  • Lakukan di setiap sisi bagian mobil hingga selesai.
  • Hati-hati saat memoles bagian body mobil yang sulit terjangkau, karena jika tidak berhati-hati alat poles bisa membuat baret pada bagian yang lain. 
  • Lalukan waxing untuk memberikan proteksi yang lebih maksimal pada bagian body mobil. 
  • Bersihkan dengan menggunakan kain microfiber. 

Biaya poles mobil

Untuk melakukan poles body mobil, kamu bisa melakukannya di bengkel atau di rumah. Berikut ini estimasi harga poles mobil

Harga poles mobil di bengkel

Biaya poles body mobil di beberapa bengkel berbeda-beda, bergantung pada kebijakan masing-masing bengkel dan juga layanan yang dipilih. Di Jakarta sendiri, biaya poles mobil mulai dari Rp500 ribu hingga Rp5 jutaan. 

Biaya poles mobil ini biasanya juga sudah satu paket dengan layanan-layanan lainnya seperti mencuci mobil, membersihkan atau service kaki-kaki mobil, membersihkan interior mobil, detailing hingga poles body mobil. 

Mobil dengan kapasitas mesin lebih dari 1500 cc biasanya biayanya lebih mahal dibanding mesin dengan kapasitas 1500 cc ke bawah. 

Sebagai referensi, berikut ini estimasi biaya poles mobil di bengkel Zero Motowash dilansir dari laman Carmudi. 

  • Layanan full detailing Rp1,4-Rp1,6 juta

Meliputi layanan untuk pembersihan kaki-kaki mobil, cuci mobil, poles dan kompon mobil, vacuum interior mobil, hingga nano ceramic coating

  • Layanan servis lengkap Rp1,8-Rp2 juta

Meliputi layanan untuk pembersihan kaki mobil, body mobi, interior, ruang mesin, kompon dan poles mobil, nano ceramic coating, hingga pengkilap ban. 

Harga poles mobil sendiri di rumah

Apabila budget kamu untuk poles mobil tidak terlalu banyak, kamu bisa kok melakukannya sendiri di rumah. Berikut ini beberapa peralatan yang harus kamu persiapkan untuk melakukan poles mobil sendiri di rumah. 

  • Kain microfiber: Rp35 ribu. Fungsinya untuk mengeringkan mobil serta membersihkan cairan poles mobil. 
  • Soft buff: Rp75 ribu. Merupakan busa khusus yang lembut dan berfungsi untuk mengusap cairan kompon ke mobil yang akan dipoles. 
  • Claybar: Rp300 ribu. Merupakan alat khusus untuk mengusap cairan quick detailer pada bagian body mobil. 
  • Cairan poles mobil: Rp100-Rp250 ribu. Berupa cairan khusus yang akan membuat hasil poles mobil semakin berkualitas dan mengkilap. Ada beberapa jenis cairan poles yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan seperti wax hingga hard shell

Jadi, untuk melakukan poles mobil di rumah, kamu hanya mengeluarkan uang sekitar Rp660 ribu. Lebih murah dan bahannya pun bisa digunakan hingga dua kali poles. Bisa dijadikan alternatif saat kondisi keuangan kamu sedang tidak bagus. 

Rekomendasi bengkel poles mobil di Jakarta

Untuk kamu yang sedang mencari bengkel poles mobil berkualitas di Jakarta, berikut ini rekomendasinya dari Lifepal. Daftar bengkel ini memiliki rating 4,5 ke atas dan pelayanannya terbukti bagus. 

Jakarta Pusat

1. Salon mobil dan poles body mobil by ZEN’S Auto Clean

  • Alamat: PMK, Jl. Ps. Mobil Kemayoran, RW.10, Pademangan Tim., Kec. Kemayoran, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10630 
  • Telepon: 0819-3412-7358

2. Detailer Garage

  • Alamat: Mega Glodok Kemayoran, Lt.8 Blok E Jl. Angkasa Kav B-6, RT.8/RW.6, Kota Baru, Bandar, Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10610
  • Telepon: (021) 29371037 

3. Detail.8

  • Alamat: Jl. Tanah Abang IV No.28, RT.4/RW.3, Petojo Sel., Jakarta, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10160 
  • Telepon: 0813-9888-3838

4. Salon Mobil OTO glossy

  • Alamat: Jl. Pasar Senen 2 No.2, RW.2, Dukuh Atas, Senen, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10410 
  • Telepon: –

5. Dualima Autoworks

  • Alamat: Jl. Letjen Suprapto No.25, RT.5/RW.3, Cemp. Baru, Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10640 
  • Telepon: 0856-9899-993

6. Futoshi Auto Salon

  • Alamat: Jalan Kartini 10, No. 60 H 2 9, RT.2/RW.9, Kartini, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10750 
  • Telepon: 0858-5417-7707

7. Auto Glossy

  • Alamat: Jl. Senen Raya No.9, RW.2, Senen, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10410 
  • Telepon: –

Jakarta Barat

1. Titans Salon Mobil

  • Alamat: Jl. Pesanggrahan No.1, RT.1/RW.7, Kembangan Sel., Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11610 
  • Telepon: 0815-9999-122

2. Jet Wash Salon

  • Alamat: Jl. Kemanggisan Utama Raya No.Raya, RT.10/RW.6, Kemanggisan, Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11480 
  • Telepon: (021) 5300384

3. BarCoDe Autosport & Autocarwash

  • Alamat: Jl. Raya Daan Mogot No.119, RT.6/RW.5, Duri Kepa, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11510 
  • Telepon: (021) 56977000

4. Salon Mobil GoldenCar

  • Alamat: Pasar Otopart Citra 2 No. 40, RT.7/RW.12, Pegadungan, Kec. Kalideres, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11830 
  • Telepon: 0852-8598-5561

5. Salon Mobil Coating Mobil Boss

  • Alamat: Ruko Mutiara Taman Palem, Blk. B No.8, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11730 
  • Telepon: 0812-9133-7255

6. Finesse Auto Detailing

  • Alamat: Jl. Meruya Ilir Raya No.22, RT.1/RW.5, Meruya Utara, Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11620
  • Telepon: 0878-7766-6699

7. 788 autocare

  • Alamat: Jl. Raya Kb. Jeruk No.5, RT.1/RW.3, Kb. Jeruk, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11530 
  • Telepon: (021) 53664928

Jakarta Selatan

1. Handydetailing

  • Alamat: Jl. Kemang Timur No.69, RT.4/RW.3, Bangka, Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12730 
  • Telepon: 0813-9009-0075

2. Mahas Salon Mobil

  • Alamat: Jl. Radio Dalam Raya, RT.5/RW.4, Gandaria Utara, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12140 
  • Telepon: –

3. P.A.D (Prestige Auto Detailer)

  • Alamat: Jl. Hang Lekir No.25, RT.9/RW.6, Gunung, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12120 
  • Telepon: (021) 7243944

4. 3M Car Salon

  • Alamat: Jl. Raya Kalibata No.141, RT.3/RW.2, Rawajati, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12750 
  • Telepon: 0816-1669-596

5. Meguiar’s

  • Alamat: Jl. Radio Dalam Raya No.18, RT.5/RW.8, Gandaria Utara, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12140 
  • Telepon: (021) 72799928

6. Has Salon Mobil

  • Alamat: Jl. Radio Dalam Raya, RT.5/RW.14, Gandaria Utara, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12140
  • Telepon: (021) 7235374

7. JR Autoworks

  • Alamat: Jl. Dr. Saharjo No.118, RT.1/RW.1, Menteng Atas, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860
  • Telepon: 0818-844-778

Jakarta Utara

1. ZEN’S Auto Clean

  • Alamat: PMK, Jl. Ps. Mobil Kemayoran, RW.10, Pademangan Tim., Kec. Kemayoran, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10630 
  • Telepon: 0819-3412-7358

2. Crystal Auto Salon

  • Alamat: East Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240 
  • Telepon: 0899-0006-293

3. MTSgarage Auto Detailing

  • Alamat: Jl. Sunter Karya Timur Raya, RT.18/RW.13, Sunter Agung, Tj. Priok, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14350 
  • Telepon: 0821-2345-9548

4. Autoglaze Express

  • Alamat: Jalan Boulevard Barat Raya, Kelapa Gading Square, Kelapa Gading, Parkiran Basement Zona Hijau, Pintu Masuk Carrefour, RT.18/RW.8, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240 )
  • Telepon: 0859-5995-9980

Manfaatkan asuransi mobil syariah untuk menjaminmu dari mahalnya biaya perbaikan di bengkel. Asuransi mobil syariah mengedepankan pengelolaan keuangan sesuai ketentuan syariat dan turut diawasi oleh MUI.

Tips melakukan poles mobil agar hasilnya rapi

Sebelum memutuskan melakukan poles mobil, kamu wajib mengetahui hal-hal berikut ini agar hasilnya bisa maksimal. 

  1. Jika mobil dalam keadaan penyok, sebaiknya diperbaiki terlebih dahulu agar hasil poles mobil bisa lebih maksimal.
  2. Apabila mobil baru saja dicat, sebaiknya menunggu hingga 3 bulan baru mobil bisa dipoles. Hal ini dilakukan agar proses pemolesan bisa sempurna. 
  3. Cuci mobil terlebih dahulu dan keringkan. Jangan sampai ada kotoran halus saat melakukan poles mobil.
  4. Lakukan poles mobil dengan hati-hati dan jangan terburu-buru.

Adakah dampak buruk poles mobil?

Poles mobil sendiri memiliki banyak manfaat, salah satunya bisa membuat cat mobil jadi awet dan menghilangkan baret atau noda-noda membandel yang menempel pada body mobil. 

Namun, seperti yang sudah dijelaskan di awal, poles mobil tidak boleh dilakukan terlalu sering. Untuk satu mobil, batas melakukan poles mobil adalah 2-3 kali saja. 

Berikut ini beberapa dampak buruk yang bisa kamu alami jika sering melakukan poles mobil. 

1. Cat mobil akan terkikis

Terlalu sering melakukan poles mobil bisa membuat cat mobil yang asli terkikis, sehingga bisa menyebabkan tampilan mobil jadi terlihat tua dan tidak menarik. Selain itu, penggunaan obat poles juga turut mempengaruhi pengikisan cat mobil. 

Sebaiknya lakukan poles mobil beberapa kali saja, yakni 2-3 kali per tahun. Tidak perlu memaksakan melakukan poles mobil jika warna mobil masih bagus. 

2. Cat bisa rusak bila asal-asalan

Saat kamu melakukan poles mobil sendiri di rumah, pastikan juga alat dan bahan yang kamu gunakan itu bagus, ya. Sebab, jika abal-abal bisa membuat cat mobil jadi rusak bahkan mudah mengelupas. 

Begitu juga saat kamu memilih pergi ke bengkel, pastikan kamu memilih bengkel yang tepat dan tidak abal-abal, ya. 

Mana asuransi mobil yang tepat?

Untuk mengetahui jenis asuransi mobil yang tepat untuk kamu, kamu juga bisa mencari tahunya dengan mengikuti kuis berikut ini.

Tips dari Lifepal! Ketika kamu melakukan poles mobil sendiri di rumah, usahakan jika mobil dalam keadaan dingin dan tidak panas.

Pastikan juga kamu sudah mempelajari step-step poles mobil agar hasilnya tidak mengecewakan. 

Apabila kamu tidak ragu-ragu dan tidak memiliki keterampilan, sebaiknya panggil jasa poles mobil panggilan atau pergi ke bengkel poles mobil terdekat. 

Selain itu, agar cat mobil awet dan tidak mudah kusam, sebaiknya sering membersihkan mobil setiap hari. Setelah kehujanan, jangan membiarkan mobil dalam keadaan basah, segera bilas, cuci, dan keringkan. 

Kamu tidak perlu mengkhawatirkan biaya poles mobil untuk memperbaiki biaya baret atau lecet pada mobil jika sudah punya asuransi mobil.

Asuransi mobil akan memberikan kamu proteksi finansial dan menanggung seluruh biaya perbaikan mobil akibat kecelakaan atau kelalaian sendiri. 

Cek asuransi mobil terbaik di lifepal dan ketahui besaran preminya dengan kalkulator di bawah ini. 

FAQ seputar poles mobil

Poles mobil sendiri adalah salah satu teknik perbaikan atau restorasi cat mobil yang tujuannya membuat cat mobil bisa bagus seperti semula, awet, bersih, dan tidak ada bekas noda atau goresan. 

Poles mobil bermanfaat untuk memperbaiki bagian cat mobil yang sudah mengelupas, ada noda, atau karena baret. Dengan teknik perbaikan ini mobil akan tampil lebih kinclong dan seperti baru. 

Biaya poles mobil sendiri bervariasi di beberapa bengkel, yakni mulai dari Rp500 ribu hingga Rp2 juta. Untuk menghemat budget kamu bisa melakukan poles sendiri di rumah.

Poles mobil biasanya dilakukan saat warna mobil kamu mulai kusam dan sudah banyak noda yang sulit dihilangkan.

Sebaiknya lakukan poles mobil beberapa kali saja, yakni 2-3 kali per tahun. Tidak perlu memaksakan melakukan poles mobil jika warna mobil masih bagus.

Penting punya asuransi mobil. Sebab, asuransi mobil akan melindungi finansial kamu dari biaya-biaya yang tak terduga akibat kerusakan mobil.

Saat mobil kamu lecet karena kecelakaan atau tidak sengaja menabrak benda, kamu tidak perlu pusing karena biaya akan ditanggung oleh pihak asuransi. 

Kamu bisa mengecek asuransi mobil dengan premi terbaik di Lifepal! Ada diskon hingga 25%, loh!

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.