VIVA – Artikel ini secara detail akan membahas cara mengirim lamaran pekerjaan melalui email, agar lamaran yang kamu tujukan ke perusahaan impian dapat diterima dengan baik oleh Human Resource Development (HRD) atau tim rekrutmen.

Perlu diketahui, dewasa ini banyak perusahaan-perusahaan besar ketika melakukan rekrutmen sudah tidak lagi menerima lamaran dalam bentuk fisik (kertas). Melainkan, seluruh proses seleksi dilakukan dalam bentuk digital, dan umumnya melalui email.

Cara Mengirim Lamaran Kerja Melalui Email dengan Benar

Ilustrasi lamaran kerja ditolak.

Nah, dalam mengirim lamaran pekerjaan melalui email, kamu harus melakukannya dengan hati-hati. Agar lamaranmu bisa dibaca oleh HRD. Penasaran seperti apa caranya? Yuk simak pemaparannya berikut ini:

Cara mengirim lamaran pekerjaan lewat email

Ketika kamu diminta untuk mengirim lamaran melalui email, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan supaya lamaranmu mudah diakses oleh HRD dan pastinya akan membuat lamaran kamu di notice daripada lamaran lain yang tidak memperhatikan hal-hal di bawah ini.

1. Lampirkan dalam bentuk PDF

Jika kamu masih mengirim file berkas lamaran menggunakan Microsoft Word, mulai hari ini saatnya ubah kebiasaan tersebut menjadi lampiran PDF. Mengapa? Karena, PDF adalah bentuk file yang paling ideal dan hampir di semua device dapat mengakses PDF.

Mengubah dokumen menjadi Pdf.

Mengubah dokumen menjadi Pdf.

Photo :

Kalau disimpan di bentuk microsoft word, belum tentu kantor HRD memiliki Microsoft Word. Bisa saja kantor menggunakan Linux karena open source (gratis). Pun, biasanya Microsoft Word memiliki perbedaan karakter dari masing-masing versi-nya yang dapat membuat file mu berantakan.

2. Usahakan berkas lamaran tidak lebih dari 1 MB

Hal tersebut bertujuan agar HRD dapat dengan mudah dan cepat membuka file berkas lamaran kamu. Jika berkas lamaran terlalu besar, dikhawatirkan hal tersebut dapat menyita waktu HRD ketika mengunduhnya.

Alasan lain, file dengan kapasitas 1MB sangat dengan mudah untuk dibuka dan tidak menghabiskan banyak ruang penyimpanan di komputer HRD.

3. Jangan biarkan body email kosong

Ini adalah bagian terpenting ketika kamu diminta mengirimkan lamaran pekerjaan melalui email. Secara sederhana, isi body email harus kamu isi dengan cover letter. Ada beberapa hal yang sebaiknya ada di dalam bagian tersebut:

  • kenapa kamu menulis lamaran
  • pekerjaan apa yang kamu lamar
  • apa kualifikasi yang kamu miliki untuk pekerjaan itu
  • apa yang kamu tawarkan kepada perusahaan
  • bagaimana kamu akan menindaklanjuti atau bagaimana penerima dapat menghubungimu

4. Pastikan subjek email sesuai dengan ketentuan atau sesuai posisi yang kamu lamar

Cara mengirim lamaran pekerjaan lewat email berikutnya adalah, menuliskan subjek email dengan benar sesuai ketentuan.

Biasanya ketika diminta mengirim berkas lamaran melalui email, perusahaan akan memberikan informasi perihal subjek yang harus kamu isi.

Misalnya (Reporter_Nama kamu_usia). Jika sudah diberi ketentuan seperti itu, maka kandidat wajib menulis sesuai ketentuan di kolom subjek email.

5. Gunakan Email profesional

Cara mengirim lamaran pekerjaan lewat email selanjutnya yang mesti banget kamu perhatikan adalah alamat email. Jangan sampai kamu menggunakan email dengan nama alamat yang aneh dan tidak mencantumkan nama asli.

Pentingnya Penggunaan Email Profesional dalam Bisnis

Pentingnya Penggunaan Email Profesional dalam Bisnis

Perlu diingat, HRD tidak memiliki cukup waktu untuk melihat dan mengecek lamaran pekerjaan, yang masuk lewat email. Apabila nama alamat email kamu aneh, maka bisa saja lamaran tidak dibaca oleh pihak recruiter.

Contohnya seperti ini. Anggap saja nama kamu adalah “Budi Utomo”. Untuk alamat email, kamu bisa menggunakan format: [email protected] atau [email protected]

6. Sertakan surat lamaran kerja

Hal ini mungkin sering dilupakan oleh para kandidat, meskipun kamu telah menulisnya melalui body email. Perlu kamu ketahui, dokumen surat lamaran kerja tetap perlu dilampirkan meskipun kamu melamar lewat email. Dokumen atau berkas yang lengkap dapat membuat anda semakin terlihat profesional.

Jam Tangan yang Dilelang Taqy Malik

Jam Tangan yang Dilelang Taqy Malik

7. Waktu mengirim email

Cara berikutnya adalah waktu mengirim email. Jika kamu terbiasa mengirim email sesuka hati tanpa memperhatikan waktu yang benar, maka mulai sekarang kamu dapat merubah kebiasaan tersebut.

Menurut rekomendasi dari beberapa HRD, waktu terbaik untuk kamu mengirimkan lamaran pekerjaan berada di jam kerja, yakni di antara pukul 09.00-12.00 atau 13.00-16.00.

Hal ini menunjukkan kalau kamu adalah seseorang yang profesional dan bersungguh-sungguh dalam melamar pekerjaan tersebut.

Nah, itulah beberapa Cara mengirim lamaran pekerjaan lewat email yang baik dan benar, semoga bermanfaat ya.

Artikel ini bersumber dari www.viva.co.id.