VIVA Tekno – Cara membobol WiFi mungkin dapat menjadi salah satu solusi di kala kuota yang semakin menipis sementara kebutuhan untuk berselancar di media sosial semakin banyak. Tak heran bila akhirnya banyak orang yang mencari informasi mengenai cara membobol WiFi hanya untuk internetan secara gratis. Kamu bisa menemukan jaringan WiFi di berbagai tempat umum.

Biasanya, WiFi akan dengan mudah ditemukan di berbagai macam fasilitas publik, seperti kantor, cafe, dan bahkan rumah pribadi. Tapi sayang, tak semua menyediakan akses gratis dan menggunakannya dengan menggunakan password sehingga tidak dapat diakses. Untuk itu, berikut adalah ulasan tentang cara membobol WiFi yang dirangkum VIVA Tekno:

Sekilas tentang WiFi

Cara Membobol WiFi dengan Mudah Tanpa Aplikasi untuk Android dan PC

Mendapatkan akses internet secara gratis memang menjadi dambaan semua orang, apalagi saat ini aktivitas online begitu banyak. Sebelum membahas cara membobol WiFi tanpa aplikasi, ada baiknya kita pahami dulu apa yang disebut dengan WiFi itu sendiri. Istilah WiFi memang sudah sangat familiar di telinga para pengguna internet.

Meski begitu, mungkin masih ada sebagian orang yang belum mengetahui dengan jelas apa itu WiFi. Dari singkatan WiFi yaitu Wireless Fidelity dapat dipahami bahwa WiFi adalah jaringan nirkabel yang memungkinkan perangkat untuk bisa mengakses Internet. Melalui adanya koneksi WiFi ini, maka semua perangkat HP dan PC dapat terhubung ke Internet.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai aktivitas online. Mulai dengan bertukar informasi, mengirim pesan, foto, video, dokumen, streaming, dan lain sebagainya. Akses WiFi biasanya dapat ditemukan di lokasi terdekat. Jika jangkauannya cukup luas, maka kamu dapat melihat koneksi WiFi hingga 100 meter di area terbuka.

Namun jika lokasinya cenderung sempit dengan lebih banyak bangunan, jangkauannya cenderung lebih pendek yang hanya mencapai sekitar 10-35 meter. Untuk dapat mengakses sinyal atau jaringan WiFi, perangkat harus berada di titik akses atau hotspot sebuah jaringan nirkabel. Biasanya titik akses atau hotspot ini berada di dalam jarak 20 meter jika di dalam ruangan, atau lebih lebar lagi jika di luar ruangan.

Apa Fungsi WiFi

Wifi gratis (free wifi).

Wifi gratis (free wifi).

Photo :

  • Instagram/@richardsydneyallen

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya koneksi internet WiFi perlu untuk dapat mengakses berbagai informasi online dan aktivitas online lainnya di zaman digital seperti saat ini. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa fitur WiFi yang perlu Anda ketahui.

1. Menghubungkan Perangkat ke Internet

Salah satu fungsi utama WiFi adalah untuk menghubungkan perangkat seperti handphone atau PC dan laptop ke jaringan internet. Dengan WiFi, PC, laptop dan smartphone semua bisa terkoneksi internet tanpa kabel yang sangat praktis.

2. Berbagi Data atau File

Fungsi lain dari akses WiFi adalah sebagai media yang memungkinkan perangkat yang mendukung WiFi untuk saling berbagi data maupun file dengan cara yang lebih praktis.

3. Menghubungkan antar Perangkat

Dengan WiFi, perangkat dapat dengan mudah terhubung satu sama lain. Salah satunya adalah untuk menghubungkan smartphone ke perangkat PC atau laptop tanpa menggunakan USB. Namun syaratnya kedua perangkat tersebut mendukung perangkat WiFi.

4. Sebagai Modem Ponsel

Fitur lain dari WiFi adalah dapat mengubah smartphone menjadi modem. Oleh karena itu, perangkat smartphone tidak hanya dapat menerima sinyal WiFi, tetapi juga dapat menjadi modem portabel untuk mengirimkan sinyal WiFi kepada para pengguna yang lain.

Jenis-jenis WiFi

Jaringan WiFi kuat.

Jaringan internet saat ini memang menjadi salah satu kebutuhan penting, karena hampir semua kegiatan sekolah, pekerjaan dan perdagangan membutuhkan akses internet. Untuk akses internet yang lebih stabil, jaringan WiFi dianggap sebagai solusi yang paling tepat.

Kecepatan akses internet sendiri dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu kecepatan internet downstream dan kecepatan internet upstream. Sedangkan menurut kecepatan gelombang radio yang digunakan, jaringan internet dapat dibedakan menjadi GPRS, 3G, 4G dan HSPA.

Sementara WiFi Internet adalah teknologi jaringan nirkabel, mengacu pada standar 802.11, yang pada awalnya dimaksudkan untuk digunakan dengan LAN (Local Area Networks). Namun, saat ini perangkat portabel dapat mengakses jaringan WiFi melalui WiFi Hotspot. Berikut beberapa jenis dan jenis kecepatan WiFi yang perlu kamu ketahui:

  • WiFi tipe 802.11a dengan kecepatan internet 54 Mbps, kompatibilitas A pada frekuensi 5 GHz.
  • WiFi tipe 802.11b dengan kecepatan internet 11 Mbps, kompatibilitas B pada frekuensi 2,4 GHz.
  • WiFi tipe 802.11g dengan kecepatan internet 54 Mbps, kompatibilitas B dan G pada frekuensi 2,4 GHz.
  • WiFi tipe 802.11n dengan kecepatan internet 100 Mbps, kompatibilitas B, G, dan A pada frekuensi 2,4 GHz.

Cara Kerja WiFi

WiFi.

Pada dasarnya WiFi bekerja dengan menggunakan gelombang radio. Berbagai jenis data yang dikirim oleh pengguna akan difoto di udara melalui gelombang radio. Untuk dapat menerjemahkan data, diperlukan adaptor nirkabel untuk terhubung ke WiFi.

Gelombang radio yang berbentuk sinyal ini kemudian dikirim ke router yang berfungsi sebagai decoder atau sebagai penerjemah kode. Bila sudah diterjemahkan, maka data akan dikirim ke jaringan internet dengan memakai koneksi ethernet.

Cara Membobol WiFi

WiFi dalam pesawat

Cara Membobol WiFi Tanpa Aplikasi dengan IP Address

Cara yang pertama yang sering dilakukan untuk mengetahui password WiFi tanpa aplikasi adalah dengan menggunakan pengaturan IP Address. Cara yang satu ini biasanya akan dengan mudah berhasil seperti untuk membobol WiFi yang tersedia di tempat umum di sekitarmu. 

  • Sambungkan ke Jaringan WiFi.id.
  • Kemudian pilih jaringan WiFi,
  • Pilih opsi Modify Network Configuration.
  • Ubah IP Address menjadi 192.168.1.2, dan klik Save.
  • Buka browser, tambahkan alamat 192.168.1.254.
  • Ketik username dan password dengan opsi ADMIN atau USER.
  • Pilih opsi Pengaturan > WiFi.
  • Cek bagian SSID Name dan SSID Passphrase.

Cara Membobol WiFi Tanpa Aplikasi dengan Command Prompt

Sementara itu, bagi para pengguna laptop atau PC yang ingin tersambung ke jaringan WiFi, maka ada pula cara tersendiri untuk membobol WiFi WPA2 supaya kamu bisa mengetahui kata sandinya. Di sini, kamu hanya perlu memanfaatkan aplikasi CMD atau Command Prompt yang sudah tersedia di laptop yang memakai OS Windows.

  • Tekan secara bersamaan tombol Windows + R.
  • Ketik cmd lalu tekan Enter.
  • Tambahkan perintah netsh wlan show profile [Nama WiFi] key=clear
  • Tekan Enter.
  • Cek bagian Key Content untuk mengetahui password WiFi yang diincar.

Cara Membobol WiFi Lewat Menu Network and Internet

  • Buka Control Panel
  • Lalu, ari menu Network and Internet.
  • Pilih menu Network and Sharing Center.
  • Di jendela baru, tekan opsi Manage Wireless Networks.
  • Pilih jaringan WiFi yang ingin dibobol.
  • Pilih tab Wireless Properties, pilih Security.
  • Password WiFi berada pada Network Security Key.
  • Untuk melihatnya, centang di bagian Show Characters.

Artikel ini bersumber dari www.viva.co.id.