Jangan sampai biaya perbaikan mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaran. Manfaatkan asuransi mobil all risk untuk mendapatkan jaminan ganti rugi atas biaya perbaikan mobil secara menyeluruh di bengkel terbaik.

2. Menggunakan pompa

Ada alat atau pompa khusus yang memang difungsikan untuk menguras atau menyedot isi bahan bakar dari dalam tangkinya.

Alat ini biasanya dijual di bengkel suku cadang, namun seringnya dimiliki oleh bengkel atau montir. Dengan menggunakan pompa ini proses menguras bahan bakar jadi lebih cepat dan mudah. 

3. Menggunakan alat penyedot bahan bakar

Alat penyedot bahan bakar ini sebetulnya mirip dengan alat pompa seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Fungsinya pun sama, yaitu untuk menguras ini bahan bakar dalam tangki. 

Hanya saja alat penyedot ini masih bekerja secara manual, mirip dengan pompa galon manual yang harus ditekan atau dipompa dengan tangan untuk mengeluarkan air dari dalam galon. 

Cara Kuras Tangki Mobil Diesel dan Biayanya

Kapan waktu terbaik kuras tangki mobil diesel?

Kuras tangki mobil diesel memang perlu dilakukan, terutama jika sudah muncul beberapa gejala atau tanda adanya penyumbatan. 

Meski beberapa orang menyebutkan bahwa kuras tangki mobil diesel perlu dilakukan setiap 30.000 – 40.000 km sekali, namun ternyata hal ini juga tidak selalu benar dan tidak selalu diwajibkan.

Proses kuras tangki pada mobil diesel biasanya akan dilakukan apabila suplai bahan bakar pada mobil mengalami hambatan atau penyumbatan. Artinya masing-masing mobil mungkin akan punya waktu pengurasan yang berbeda tergantung pada kondisi mobil tersebut. 

Apabila ada tanda-tanda mesin mobil terasa nyendat atau terdeteksi masalah pada filter bahan bakar, maka saat itulah perlu dilakukan pemeriksaan untuk melihat apakah ada pengendapan sehingga perlu dilakukan kuras tangki mobil diesel. 

Pengendapan dan korosi pada tangki bahan bakar mobil biasanya terjadi dalam proses yang cukup lama, namun juga bisa menjadi proses yang cepat apabila pengguna sering membiarkan tangki dalam kondisi kosong. 

Meski begitu, proses pengurasan tangki mobil juga sangat diperlukan, mengingat kualitas bahan bakar solar di Indonesia terbilang memiliki kandungan air yang masih cukup tinggi dan juga kontaminan lain seperti misalnya pasir. 

Jika kontaminan yang tersaring ini dibiarkan saja meskipun sudah menunjukkan gejala penyumbatan, maka mesin mobil kamu dijamin akan mengalami kerusakan dan penurunan kinerja. 

Manfaat kuras tangki mobil diesel

Melakukan kuras tangki mobil diesel memang umumnya memakan waktu yang cukup lama, bahkan bisa seharian penuh. Akan tetapi ada berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan, diantaranya:

1. Membersihkan dan menghilangkan kotoran

Menguras tangki bahan bakar pada mobil diesel bermanfaat untuk menghilangkan kotoran yang tertimbun dan dapat memicu adanya penyumbatan.

Proses kuras tangki ini juga dianjurkan untuk dilakukan ketika kamu akan membeli mobil bekas. 

Hal yang perlu dilakukan adalah mengecek kondisi filter, jika terlihat basah dengan warna coklat atau kehitaman dan tidak lengket maka filter madaih dalam kondisi bersih dan begitu juga sebaliknya. 

Khusus untuk kamu yang membeli mobil bekas, sebaiknya kuras tangki dan bersihkan filternya. Kemudian isi dengan bahan bakar yang baru agar mesin dapat bekerja dengan performa maksimal. 

2. Mencegah terjadinya kerusakan pada mesin mobil

Tangki yang kotor ternyata dapat membuat kualitas bahan bakar menjadi jelek, sehingga secara tidak langsung juga dapat mempengaruhi kondisi komponen mesin lainnya. 

Proses kuras tangki mobil diesel dapat menghilangkan endapan kotoran di tangki maupun pada filter, sehingga nantinya kualitas bahan bakar akan terjaga dengan baik. 

Dengan begitu komponen mesin pun akan lebih awet dan dapat meminimalisir resiko kerusakan komponen mesinnya. 

3. Kualitas penyimpanan bahan bakar terjaga dengan baik

Menguras tangki bahan bakar selain dapat menghindarkan dari kerusakan komponen mesin dan juga membersihkan kotoran, juga dapat membantu menjaga kualitas penyimpanan bahan bakar. 

Kuras tangki juga dapat menghindarkan dari korosi yang juga dapat merusak komponen mesin.

Meski tangki didesain dengan bahan yang awet dan tahan lama, namun kurangnya perawatan juga dapat menyebabkan tangki cepat berkarat di mana hal ini bisa membuat kualitas bahan bakar menjadi buruk. 

Biaya kuras tangki mobil diesel

Biaya kuras tangki mobil bisa berbeda tergantung dari jenis mobilnya. Selain itu, ada juga bengkel yang memberikan tarif kuras tangki dengan hitungan per jam. 

Misalnya saja mobil-mobil Toyota, yang biasanya dikenakan tarif antara Rp 250 ribu – Rp 350 ribu per jam. Apabila proses kuras tangki dilakukan selama 2 jam, maka biayanya sekitar Rp 500 ribu – Rp 700 ribu. 

Untuk mobil-mobil lain seperti KIA umumnya biaya untuk kuras tangki berkisar antara Rp 200 ribuan – Rp 300 ribuan. 

Beda lagi dengan mobil-mobil BMW yang bahkan untuk kuras tangki bisa memakan biaya hingga lebih dari Rp 1 jutaan. 

Harga tersebut umumnya untuk mobil BMW tipe lama, sedangkan untuk tipe baru sudah pasti akan jauh lebih mahal. 

Pentingkah memiliki asuransi mobil?

Memiliki asuransi mobil tentu menjadi hal yang penting, mengingat ada berbagai macam resiko yang berpotensi menimbulkan kerugian besar ketika berkendara. Misalnya saja kerusakan parah akibat kecelakaan, bencana alam, huru-hara, terorisme, atau bahkan risiko dari kehilangan.

Risiko-risiko ini bisa menyebabkan adanya kerugian yang nilainya tidak kecil yang bahkan bisa saja mengganggu kondisi keuangan kamu. 

Dengan adanya asuransi mobil setidaknya kerugian yang diderita akan jauh lebih ringan, sebab kerugian tersebut akan ditanggung oleh perusahaan asuransi yang bertindak sebagai pihak penanggung.

untuk memberikan perlindungan yang menyeluruh, kamu bisa membeli asuransi All Risk, di mana produk asuransi ini bisa memberikan manfaat perlindungan terhadap berbagai kerugian termasuk yang kecil hingga yang besar sekalipun. 

Brand_A_10_IBD
Brand_A_10_IBM

Cek besaran iuran yang harus kamu bayar dengan kalkulator premi asuransi mobil berikut ini.

Tips dari Lifepal! Seperti yang sudah disebutkan di atas, menguras tangki mobil diesel penting dilakukan agar performa mesinnya tetap stabil. Lebih baik lagi jika kamu menguras tangki mobil diesel secara rutin setiap mesin diesel kamu mulai tidak nyaman.

Agar hasilnya maksimal, sebaiknya kamu menguras tangki mobil diesel di bengkel terpercaya. Memang harganya cukup mahal, namun jika kamu memiliki asuransi mobil, tabungan kamu akan aman dan tidak akan terbebani. 

FAQ seputar kuras tangki mobil diesel

Mudahnya proses menguras tangki bahan bakar dilakukan dengan mengosongkan solar dari tangki dan menampungnya dalam suatu wadah dilanjutkan dengan pembersihan filter dan juga tangki mobil.

Apabila tangki dan filter sudah bersih, bahan bakar yang sudah disaring bisa dimasukkan kembali ke dalam tangki. Untuk menguras bahan bakar biasanya dapat dilakukan menggunakan selang, pompa khusus atau penyedot bahan bakar.

Harga kuras tangki mobil biasanya berbeda tergantung jenis mobil. Misalnya untuk mobil KIA berkisar antara 200 ribuan – Rp 300 ribuan, mobil Toyota Rp 250 ribu – Rp 350 ribu per jam,sedangkan untuk sekelas BMW bisa lebih dari Rp 1 juta. 

Agar biaya yang kamu keluarkan tidak terlalu besar, sebaiknya segera miliki asuransi mobil. Cek asuransi mobil terbaik di Lifepal!

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.