Cara klaim asuransi mobil all risk tidak sulit asalkan kamu mengikuti langkah-langkahnya dengan benar dan melampirkan seluruh dokumen yang dipersyaratkan.

Setelah itu, kamu bisa mendapatkan penggantian atas kerusakan mobil ataupun kehilangan. Namun, kamu perlu tahu dulu bahwa ada dua jenis pertanggungan dalam asuransi mobil terbaik, yaitu all risk dan total loss only (TLO).

Kedua jenis asuransi mobil tersebut menawarkan pertanggungan yang berbeda, maka kamu harus tepat saat memilih agar klaim asuransi nanti tidak ditolak.

Yuk, cari tahu lebih jelasnya mengenai cara klaim asuransi mobil all risk dan TLO berikut ini.

Cara klaim asuransi mobil all risk

Asuransi mobil all risk adalah jenis asuransi yang akan menanggung semua risiko, mulai dari kerusakan kecil, besar, hingga kehilangan.

Karena alasan itu, asuransi mobil all risk jadi salah satu produk yang paling banyak dipilih, khususnya bagi pemilik kendaraan dengan harga yang tinggi.

Adapun cara klaim asuransi mobil all risk meliputi:

1. Dokumentasikan kerusakan atau kerugian

Hal paling mendasar yang harus kamu lakukan bila ingin mengajukan klaim asuransi mobil all risk adalah mendokumentasikan kerusakan atau kerugian yang terjadi pada kendaraan kamu.

Usai mendokumentasikannya, kamu harus segera membuat laporan ke pihak asuransi dengan melampirkan bukti kerusakan atau kerugian.

Selain itu, lampirkan juga dokumen pendukung lainnya, seperti fotokopi SIM, STNK, buku polis, dan surat keterangan dari kepolisian (bila perlu).

2. Hubungi agen, cara klaim asuransi mobil all risk termudah

Mengajukan klaim asuransi all risk tidak melulu harus dilakukan di kota asal. Pasalnya, kamu juga bisa melakukannya saat sedang berada di luar kota.

Caranya dengan menghubungi agen asuransi dan menjelaskan kronologi kerusakan atau kerugian yang dialami. Jika klaim disetujui, agen asuransi akan merekomendasikan bengkel rekanan yang berada di kota tersebut.

3. Cara klaim asuransi mobil all risk ketiga: mengisi formulir klaim

Usai mendapatkan rekomendasi bengkel untuk pengajuan klaim, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengisi formulir yang tersedia.

Isi formulir dengan lengkap dan pastikan kamu sudah melampirkan seluruh dokumen syarat klaim asuransi mobil.

4. Konfirmasi ke pihak asuransi

Bila semua sudah dipenuhi, pihak bengkel akan melakukan konfirmasi kepada perusahaan asuransi. Jika klaimmu diterima, maka pihak bengkel akan langsung melakukan proses perbaikan ke kendaraanmu itu. 

Cara klaim asuransi mobil all risk di atas juga berlaku untuk kecelakaan yang melibatkan pihak ketiga. Kamu hanya perlu menambahkan bukti foto dan surat keterangan dari pihak ketiga terkait kerugian yang dialami.

Cara klaim asuransi TLO

Asuransi mobil TLO (total loss only) hanya akan mengabulkan klaim jika mobil mengalami kerugian total atau melebihi dari 75 persen. Indikatornya adalah kerusakan yang dialami paling tidak mencapai 75 persen dari keseluruhan atau mengalami tindak pencurian.

Biasanya, kamu otomatis mendapatkan asuransi TLO jika membeli mobil kredit. Namun, kamu juga bisa membelinya sendiri jika membeli mobil secara tunai. Berikut panduan untuk mengajukan klaim asuransi TLO.

  • Jika mobil yang diasuransikan hilang, proses klaim diawali dengan membuat laporan kehilangan terlebih dahulu di kantor polisi tempat kejadian.
  • Kamu akan diminta untuk membuat kronologis kejadian secara tertulis.
  • Melampirkan sejumlah persyaratan yang dibutuhkan, seperti buku polis, KTP, SIM, STNK, BPKB (jika ada), dan surat laporan kehilangan dari kepolisian.
  • Serahkan dokumen seluruh tersebut ke perusahaan asuransi.

Syarat klaim asuransi mobil All Risk

Sebelum mengajukan klaim asuransi mobil all risk, kamu harus menyiapkan semua syarat klaim asuransi mobil yang dibutuhkan. Tujuannya agar proses klaim asuransi mobil jadi lebih lancar.

Syarat klaim asuransi mobil sendiri sebenarnya sudah tertera secara jelas di dalam polis, sehingga kamu cukup membacanya terlebih dahulu sebelum mulai mengajukannya.

Secara umum, berikut dokumen yang wajib kamu persiapkan sebagai syarat klaim asuransi mobil.

  • Polis asuransi dalam bentuk asli dan fotokopi.
  • Fotokopi SIM dan STNK.
  • Bukti laporan kepolisian jika mobil mengalami kerusakan berat karena kecelakaan ataupun kehilangan.
  • Formulir klaim yang sudah diisi dengan lengkap dan ditandatangani.
  • Kronologi kejadian secara tertulis.
  • Foto-foto kerusakan seperti, lecet, penyok dan lain-lain.

Khusus untuk syarat klaim asuransi mobil yang melibatkan pihak ketiga, kamu perlu melampirkan beberapa dokumen pendukung yang terdiri atas:

  • Surat tuntutan dari pihak ketiga yang sudah ditandatangani di atas materai
  • Fotokopi KTP, SIM, dan STNK pihak ketiga
  • Surat pernyataan bahwa pihak ketiga tidak memiliki asuransi mobil
  • Surat keterangan dari kepolisian apabila kecelakaan melibatkan pihak ketiga

Selain dokumen-dokumen yang sudah disebutkan di atas, jangan lupa untuk menyiapkan biaya klaim atau biaya ditanggung sendiri (own risk) untuk klaim yang kamu ajukan. Biaya ini berkisar Rp250 ribu hingga sekira Rp300 ribuan.

Untuk mengetahui berapa lama klaim asuransi mobil, setiap perusahaan asuransi mobil biasanya memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Kamu bisa langsung menanyakannya kepada agen atau customer service.

Klaim asuransi mobil ditolak

Umumnya, terdapat kondisi tertentu yang menyebabkan pengajuan klaim asuransi mobil ditolak. Apa saja? Simak ulasannya berikut.

1. Polis lapse

Kondisi polis tidak aktif atau lapse bisa membuat klaim ditolak. Kondisi ini bisa terjadi apabila premi belum dibayar melebihi batas waktu maksimum sehingga perusahaan asuransi tidak bisa membayar klaim kamu.

2. Kerusakan terjadi sebelumnya

Bila kamu mengajukan klaim kerusakan yang sudah ada sebelum mendaftar asuransi, maka dapat dipastikan pengajuan klaimmu itu tidak akan diterima.

3. Melanggar aturan

Jika pengemudi mobil yang diasuransikan melanggar aturan lalu lintas, klaim juga akan ditolak.

Beberapa contoh pelanggaran umum yang sering terjadi adalah tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) atau mengemudi selagi mabuk.

Selain itu, tidak menaati rambu lalu lintas sehingga terjadi kecelakaan.

Perhatikan juga lokasi terjadinya kecelakaan, apabila mobil mengalami lecet saat berada di wilayah tertentu yang tidak termasuk ke dalam kontrak kesepakatan yang tertera dalam polis, bisa jadi klaim akan ditolak.

4. Polis tidak dalam masa tunggu

Masa tunggu merupakan periode satu bulan setelah polis terbit yang mana nasabah belum bisa mengajukan klaim. Jika terjadi risiko pada masa waktu tersebut, bisa jadi klaim akan ditolak.

5. Kerusakan yang disengaja

Kamu tidak bisa mengajukan klaim jika kerusakan mobil terjadi atas kesengajaan, misalnya sengaja menabrakkan mobil ke mobil lainnya atau memukul kendaraan hingga rusak. 

Selain itu, klaim akibat banjir dan mesin kemasukan air juga tidak bisa diterima. Oleh sebab itu, penting menghindari berkendara saat banjir.

Jika suatu saat kamu terjebak banjir, segera menghubungi perusahaan asuransi dan jangan memaksakan untuk berkendara.

Mobil yang lecet karena disengaja, seperti menabrakkan mobil ke mobil lain atau memukul kendaraannya agar ringsek atau rusak, tidak bisa mendapatkan klaim.

6. Ada aksesori tambahan yang tidak dilaporkan

Penting untuk melaporkan aksesori tambahan yang dipasang pada mobil ke perusahaan asuransi supaya nilai pertanggungan bisa dihitung secara tepat. Pasalnya, jika kamu lupa mengajukan laporan ini, bisa-bisa klaim ditolak.

7. Dokumen klaim tidak lengkap

Dokumen adalah persyaratan wajib dalam mengajukan klaim asuransi mobil. Berkas yang kamu serahkan bakal di-review perusahaan asuransi sehingga sebaiknya perhatikan kelengkapannya agar klaim tidak ditolak.

Trik klaim asuransi mobil All Risk

Selalu ada kemungkinan setelah melakukan cara klaim asuransi mobil, pengajuan ditolak. Oleh karena itu, kamu harus mengantisipasinya agar kerugian yang dialami tidak bertambah besar.

Berikut ini tips yang bisa membantu kamu dalam melakukan cara klaim asuransi mobil tanpa penolakan.

  • Hubungi pihak asuransi sesegera mungkin
  • Siapkan bukti-bukti dan tunjukkan bukti-bukti tersebut
  • Jelaskan kronologis kejadian secara jelas dan rinci
  • Lengkapi persyaratan dan serahkan

1. Hubungi pihak asuransi sesegera mungkin

Jika mobil mengalami kerusakan, baik karena kecelakaan, bencana banjir, maupun risiko lainnya, atau bahkan kehilangan, kamu harus segera menghubungi pihak asuransi.

Melaporkan kejadian ini pun maksimal dilakukan 3 x 24 jam pasca kejadian. Semakin cepat kamu melapor, semakin cepat pengajuan klaimmu akan diproses.

Dalam melakukan laporan, kamu pun diharapkan untuk memberikan penjelasan yang dapat dimengerti pihak asuransi.

Jika kamu melakukan pelaporan sesaat kejadian, pihak asuransi pun akan mengirimkan mobil derek dan langsung membawamu ke bengkel rekanan.

2. Siapkan bukti dan tunjukkan

Menunjukkan bukti atas kejadian yang merugikan mobilmu pun menjadi sangat penting. Ini menjadi dasar bahwa mobil mengalami kerusakan atau kehilangan bukanlah hal yang direncanakan atau diada-ada demi mendapatkan uang asuransi.

Jika mobil mengalami kerusakan, bukti yang dapat kamu siapkan adalah foto-foto dari bagian-bagian yang mengalami penyok maupun lecet.

Apabila mobil hilang saat sedang diparkirkan di suatu tempat, bukti yang kamu perlukan adalah rekaman CCTV maupun bukti lainnya yang menguatkan bahwa mobilmu benar hilang dicari.

Tentu saja bukti-bukti ini pula yang akan menjadi bahan laporan, tidak hanya kepada asuransi, tetapi juga kepada pihak yang berwajib yaitu polisi.

3. Jelaskan kronologis kejadian secara jelas dan rinci

Selain bukti, kronologis yang kamu paparkan pun menjadi penentu terkabulnya klaim atau tidak. Semakin jelas dan rinci kronologis yang kamu berikan, semakin memudahkan dalam melakukan cara klaim asuransi mobil.

Oleh karena itu, kamu perlu mengingat kejadian dengan sangat baik, dari lokasi, waktu kejadian, sampai posisi pengemudi mobil saat kejadian dan sebagainya.

Tidak hanya itu, kamu pun akan ditanyakan beberapa pertanyaan dari pihak asuransi. Pastikan juga kamu mampu menjawab dengan baik dan tidak berbelit-belit sehingga mudah untuk dimengerti.

Proses dalam melakukan cara klaim asuransi mobil pun akan menjadi lebih lancar.

4. Lengkapi persyaratan dan serahkan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, melakukan klaim asuransi membutuhkan persyaratan berupa dokumen-dokumen, seperti fotokopi SIM dan STNK, polis asuransi, bukti-bukti kerusakan/kerugian, dan formulir.

Pastikan tidak ada yang terlewatkan. Jika kerusakan mobil melibatkan pihak ketiga, pastikan kamu melampirkan dokumen tambahan seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi.

Jenis Asuransi Mobil

Secara umum, asuransi mobil terbagi ke dalam jenis, yaitu all risk (komprehensif) dan TLO (Total Loss Only).

Baik all risk dan TLO memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Berikut kelebihan dan kekurangan kedua jenis asuransi mobil tadi:

Asuransi mobil All Risk 

Asuransi mobil all risk apa saja yang ditanggung? Jenis asuransi all risk (komprehensif) dapat diartikan sebagai “segala risiko”.

Selain dikenal sebagai all risk, jenis asuransi mobil ini juga biasa disebut sebagai comprehensive atau komprehensif yang artinya memberikan perlindungan secara menyeluruh, mulai dari kerusakan ringan, berat, hingga kehilangan.

Kelebihan asuransi All Risk

Kekurangan asuransi All Risk

  • Menanggung seluruh risiko, mulai dari kerusakan kecil hingga besar, bahkan kehilangan
  • Melindungi pengemudi ketika terjadi kecelakaan
  • Dapat memperluas cakupan perlindungan. Cakupan perlindungannya meliputi:
    • Angin topan, badai, banjir, dan kerusakan akibat terkena air
    • Kerusuhan
    • Gempa bumi atau tsunami
    • Sabotase atau terorisme
    • Tanggung jawab hukum pihak ketiga (Third Party Liability / TPL)
    • Kecelakaan pengemudi dan penumpang
    • Tanggung Jawab Hukum terhadap Penumpang (TJHP)
  • Premi yang dibayarkan lebih mahal

Asuransi TLO (Total Loss Only)

Secara harfiah, Total Loss Only (TLO) memiliki arti “hanya mengalami risiko kehilangan total”. Artinya, jenis asuransi TLO hanya bisa diajukan bila terjadi kehilangan total saja.

Namun perlu digarisbawahi, kehilangan total yang dimaksud dalam asuransi mobil adalah kerusakan yang terjadi di atas 75 persen atau kehilangan akibat pencurian atau perampasan.

Jadi jika kamu ingin mendapatkan proteksi mobil hilang diganti asuransi, maka asuransi TLO merupakan pilihan yang tepat.

Kelebihan asuransi TLO

Kekurangan asuransi TLO

  • Biaya premi jauh lebih ringan
  • Bisa memperluas cakupan perlindungan
  • Tidak dapat mengajukan klaim kerusakan dan kecelakaan ringan
  • Tidak dapat mengajukan klaim saat ada pencurian, misalnya spion atau velg ban hilang
  • Uang ganti rugi akibat kehilangan tidak dibayar 100 persen

Klaim asuransi mobil penyok

Selain klaim asuransi all risk dan TLO, masih ada lagi cara klaim asuransi mobil yang perlu kamu tahu, yaitu cara klaim asuransi mobil penyok atau lecet. Berikut prosedur yang harus kamu lakukan sebagai cara klaim asuransi mobil penyok atau mobil lecet:

  • Segera melaporkan kejadian klaim ke pihak asuransi
  • Melampirkan bukti foto
  • Mengisi formulir pengajuan klaim
  • Melengkapi dokumen klaim
  • Membuat kronologi kejadian dengan jelas
  • Menggunakan jasa bengkel rekanan

Ketahui disini penjelasan lengkap cara klaim asuransi mobil lecet!

Cara klaim asuransi mobil kredit

Selain cara klaim asuransi mobil lecet, ada pula cara klaim asuransi mobil kredit. Pada prinsipnya, cara klaim asuransi mobil kredit tidak berbeda jauh dengan asuransi mobil lainnya. Adapun panduan cara klaim asuransi mobil kredit sebagai berikut:

  • Melaporkan kejadian klaim
  • Menyiapkan dokumen yang diperlukan
  • Mengajukan klaim melalui aplikasi
  • Pantau proses klaim lewat aplikasi

Tips dari Lifepal! Cara klaim asuransi mobil all risk tidak sulit asalkan kamu mengikuti langkah-langkahnya dengan benar dan melampirkan seluruh dokumen yang dipersyaratkan. 

Asuransi mobil all risk adalah jenis asuransi yang akan menanggung semua risiko, mulai dari kerusakan kecil, besar, hingga kehilangan.

Karena alasan itu, asuransi mobil all risk jadi salah satu produk yang paling banyak dipilih, khususnya bagi pemilik kendaraan dengan harga yang tinggi.

Sebelum mengajukan klaim asuransi mobil all risk, kamu harus menyiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan. Tujuannya agar proses klaim asuransi mobil jadi lebih lancar.

Syarat klaim asuransi mobil sendiri sebenarnya sudah tertera secara jelas di dalam polis, sehingga kamu cukup membacanya terlebih dahulu sebelum mulai mengajukannya.

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Menghitung premi asuransi mobil

Sebelum membeli asuransi mobil, kamu tentu perlu mengetahui dulu berapa premi yang harus dibayar setiap bulannya.

Besaran premi yang ditagihkan tergantung jenis, harga mobil, wilayah domisili kamu, serta manfaat asuransi kendaraan yang kamu inginkan.

Supaya lebih mudah untuk menghitung premi, kamu bisa memanfaatkan kalkulator premi asuransi mobil berikut ini:

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Gunakan kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus ditabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa digunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Siapkan dana darurat

Dana darurat adalah sejumlah dana yang perlu kamu siapkan dalam anggaran. Dana ini nantinya dapat kamu pakai untuk menghadapi berbagai kondisi yang tidak diinginkan dalam keseharian.

Jadi dana ini hanya akan digunakan untuk keperluan darurat, yang tidak bisa teratasi dengan anggaran lainnya.

Oleh karena itu, siapkan juga dana darurat untuk keamanan finansialmu. Kamu bisa menggunakan kalkulator dana darurat berikut untuk mengetahui kebutuhan dana daruratmu setiap bulannya:

Hitung uang pertanggungan asuransi kamu

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).

Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Perlu diketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi jiwa terbaik

 

Pertanyaan seputar cara klaim asuransi mobil all risk

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.