2 menit

Sempat bermusuhan, Indonesia dan Timor Leste kembali berdamai. Indonesia bahkan berjanji akan berinvestasi dan membantu bangun infrastruktur di Timor Leste.

Melansir dari investor.id, BUMN dan perusahaan-perusahaan Indonesia lainnya berkomitmen untuk membantu pembangunan Timor Leste.

Hal ini dikatakan oleh Presiden Jokowi ketika bertemu dengan Presiden Timor Leste, Ramos Horta, di Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/7/2022).

Dengan bantuan dari Indonesia, Timor Leste bisa membangun infrastruktur yang mempermudah warganya beraktivitas.

Simak berita selengkapnya mengenai bantuan BUMN RI bangun infrastruktur di Timor Leste di bawah ini!

Indonesia Kerja Sama dan Bantu Bangun Infrastruktur di Timor Leste

BUMN RI Janji Investasi dan Bantu Bangun Infrastruktur di Timor Leste

sumber: voi.id

Dilansir dari investor.id, ini merupakan pertemuan luar negeri antara Indonesia-Timor Leste pertama yang dilakukan Ramos Horta.

“Merupakan kehormatan bagi Indonesia menerima kunjungan luar negeri pertama Presiden Ramos Horta. Kami membahas berbagai kerja sama bilateral dengan terbuka dan bersahabat. Komitmen penguatan kerja sama ekonomi menjadi fokus pembahasan,” ungkap Jokowi.

Dalam kesempatan ini, Jokowi mengungkapkan kedua negara sedang saling mendorong perjanjian investasi bilateral.

Sekarang ini, Jokowi mengatakan nilai investasi Indonesia di Timor Leste sudah mencapai 818 juta dolar Amerika.

“Nilai investasi Indonesia di Timor Leste saat ini mencapai US$ 818 juta, terutama di sektor perbankan, migas, dan telekomunikasi,” ujar Jokowi.

Jokowi juga menekankan bahwa kedua negara sudah memiliki kesepakatan untuk terus meningkatkan perdangangan satu sama lain.

“Dengan melihat tren perkembangan hubungan perdagangan yang terus positif, saya yakin perdagangan dua negara bisa terus ditingkatkan,” ujar Jokowi.

Keinginan Jokowi untuk Buka Rute Kapal Kupang-Dili

kerja sama indonesia timor leste bangun infrastruktur

sumber: liputan6.com

Salah satu infrastruktur di Timor Leste yang paling diinginkan Jokowi adalah keberadaan rute kapal dan trayek bus.

Jokowi menjelaskan, keberadaan rute trayek bus Kupang-Dili dan rute kapal Kupang-Dili-Darwin bisa memperkuat konektivitas antar negara, baik di darat dan di laut.

“Kami sepakat untuk memperkuat konektivitas baik darat maupun laut. Untuk jalur darat, saya harapkan peluncuran trayek bus rute Kupang-Dili dapat segera dilakukan, dan untuk konektivitas laut saya menilai penting untuk membuka rute Kapal Kupang-Dili-Darwin,” kata Jokowi.

Selain itu, kedua negara ini juga bersepakat untuk saling meningkatkan pembangunan perbatasan dengan memperbaiki pos lintas batas negara (PLBN) Napan.

“Saya berharap pembangunan PLBN Napan dapat selesai tahun ini. Saya juga mendorong agar joint border committee dapat dilakukan kembali,” tutur Jokowi.

***

Itu dia berita lengkap mengenai kerja sama Indonesia dan Timor Leste, Sahabat 99.

Simak artikel menarik lainnya di Berita 99.co Indonesia.

Jangan lupa, kunjungi 99.co/id dan Rumah123.com yang selalu #AdaBuatKamu untuk menemukan hunian impian.

Ada berbagai penawaran properti menarik seperti kawasan Podomoro Golf View.

Artikel ini bersumber dari www.99.co.