Biaya perbaikan spion elektrik mobil tentu akan berbeda harganya dengan jenisnya yang manual sehingga menjadi hal penting yang sebaiknya diperhatikan. Sebab komponen yang ada di dalamnya lebih kompleks dan harus segera ditangani saat mengalami kerusakan.

Kaca spion mobil merupakan salah satu komponen utama pada kendaraan yang dapat menunjang keselamatan para penggunannya agar dapat mempermudah pemberian jarak saat mobil dioperasikan.

Hal inilah yang membuatnya penting untuk segera diperbaiki saat sudah mengalami kerusakan. Nah, berapa sih harga memperbaiki spion mobil electrik rusak, apa saja penyebab kerusakannya dan bagaimana cara mengatasinya? 

Simak penjelasannya dalam artikel berikut ini, ya. 

Biaya perbaikan spion elektrik mobil

Pada dasarnya, tidak ada perawatan khusus untuk menjaga agar spion elektrik mobil tetap dalam kondisi yang optimal, akan tetapi jika komponen kendaraan ini rusak maka tentu harus langsung dibawa ke bengkel mobil terdekat untuk ditangani langsung oleh mekanik yang berpengalaman.

Umumnya, kisaran harga spion mobil elektrik di bengkel untuk kerusakan yang ringan yaitu mulai dari Rp250 ribu per satu spion. Sedangkan, untuk kerusakan yang masuk ke dalam kategori yang berat maka biaya yang akan dikenakan untuk perbaikan spion elektrik mobil ini mulai dari Rp800 ribu – Rp1,2 juta.

Namun ada beberapa jenis mobil khusus yang menawarkan biaya perbaikan spion elektrik mobil yang sedikit berbeda sehingga harus kamu perhatikan, diantaranya adalah:

  • Harga spion mobil elektrik untuk Avanza yaitu mulai dari Rp1,5 juta per satu unit spion yang diganti.
  • Harga spion mobil elektrik untuk Daihatsu Xenia: Mulai dari Rp1,4 juta.
  • Suzuki Ertiga GL dan Ertiga GX: Mulai dari Rp1,25 juta.
  • Harga spion mobil elektrik untuk Honda Mobilio: Mulai dari Rp1,15 juta.
  • Biaya perbaikan spion Alphard: Rp3 juta-Rp3,5 juta untuk layanan service secara keseluruhan.

Jadi, biaya perbaikan spion elektrik mobil tentunya akan jadi berbeda-beda tergantung dari jenis kendaraan yang dimiliki. Selain itu, harga untuk perbaikan spion di bengkel spion mobil ini juga akan berbeda tergantung dari tingkat kerusakan yang terjadi.

Sebagai gambaran, berikut adalah harga perbaikan spion elektrik mobil bila disesuaikan dengan tingkat kerusakannya, diantaranya adalah:

  • Jika kerusakan terjadi pada gigi penggerak, maka biaya yang dikenakan adalah sekitar Rp200 ribu-Rp600 ribu tergantung dari tingkat kerusakan.
  • Jika bagian motor elektrik yang rusak, maka biaya service yang dikenakan adalah Rp250 ribu-Rp400 ribu.
  • Jika terjadi kerusakan pada motor lipat, maka biaya perbaikan spion elektrik mobil  adalah Rp300 ribu-Rp500 ribu.

Penyebab spion elektrik mobil rusak

Setelah mengetahui kisaran biaya perbaikan spion elektrik mobil yang harus kamu keluarkan jika mengalami kerusakan pada komponen tersebut, penting juga untuk mengetahui apa penyebab utama yang membuatnya mengalami gangguan. 

Dengan mengetahui penyebab spion elektrik mobil rusak, kamu akan dengan mudah melakukan pencegahan sedari dini agar tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk melakukan perbaikan pada komponen kendaraan tersebut. 

1.  Adanya benturan dan penutupan paksa

Salah satu penyebab utama spion elektrik mobil rusak adalah karena terjadi benturan sehingga menyebabkan pelipatan paksa. 

Hal ini tentu akan membuat gir yang ada di dalamnya dan berfungsi untuk melipat bagian spion menjadi patah.

Jika sudah seperti ini, cara memperbaiki kaca spion elektrik mobil adalah dengan mengganti dinamo elektriknya agar komponen tersebut dapat kembali digunakan dengan baik.

2. Air yang masuk ke sela spion

Penyebab spion elektrik mobil rusak lainnya adalah karena air yang masuk ke dalam sela-sela kecil di sekitar spion, bisa karena air hujan ataupun air dari sisa mencuci kendaraan. 

Jadi, sangat penting untuk menutup spion mobil saat hujan ketika diparkir di tempat terbuka maupun ketika akan mencuci kendaraan supaya lebih awet dan tidak mudah rusak.

3. Usia pemakaian

Usia spion juga menjadi faktor penting yang harus diperhatikan sebab semakin bertambahnya usia spion tentu akan semakin berkurang juga efektivitasnya. 

Jika komponen di dalam spion sudah mengalami penurunan kualitas karena usia pemakaian maka akan membuat kaca menjadi lebih sulit dan berat untuk digerakkan.

Kemungkinan besar kerusakan ini terjadi karena saklar di dalamnya yang rusak.

4. Saklar elektrik yang rusak

Saklar elektrik di dalam spion juga dapat menjadi penyebab rusaknya komponen ini sehingga harus segera mendapatkan penanganan. 

Jika saklar elektrik sudah mengalami kerusakan biasanya harus segera diganti karena komonen ini rusak karena usia pemakaian yang sudah lama.

5. Komponen gerigi patah

Terakhir, penyebab spion elektrik mobil rusak lainnya yaitu adalah adanya komponen gerigi patah atau gir yang sudah aus sehingga harus diganti jika sudah mengalami kerusakan.

Tips merawat spion elektrik mobil

Supaya tidak mengalami kerusakan pada spion ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk merawat komponen tersebut agar tetap selalu bekerja dengan optimal. Sebab, mencegah kerusakan tentu akan lebih baik daripada harus mengeluarkan uang perbaikan.

Berikut adalah beberapa tips merawat spion elektrik mobil yang dapat kamu lakukan agar menjaga komponen tersebut tetap dapat bekerja dengan baik. 

1. Rutin berikan pelumas

Rutin memberikan pelumas pada beberapa bagian dalam spion elektrik tentu akan sangat membantu untuk mendukung gigi penggerak agar dapat bekerja dengan maksimal. 

Sebab, jika pelumas rutin diberikan akan membantu gigi penggerak terasa lebih ringan saat digerakkan.

2. Lap spion saat basah

Air yang masuk ke sela-sela spion umumnya akan menyebabkan komponen di dalamnya menjadi konslet sehingga sulit untuk digerakkan. Jadi, ketika spion terkena hujan ataupun basah harus segera dibersihkan menggunakan lap agar tidak mudah berkarat pada bagian engselnya.

Kamu dapat menyemprotkan cairan pelindung karat pada bagian engsel spion elektrik agar dapat digerakkan dengan mudah.

3. Hindari lumpur masuk ke dalam spion

Jangan pernah membiarkan lumpur masuk ke dalam celah spion elektrik sebab, lumpur dapat mengering dan menyebabkan kerusakan fatal pada bagian dalam komponen tersebut sehingga tidak bisa dioperasikan.

Akan tetapi, jika lumpur sudah masuk ke dalam spion juga dibersihkan dengan mudah yaitu dengan menggunakan campuran sabun dengan air biasa dan langsung di lap pada bagian lumpur yang telah mengering.

Tips dari Lifepal! Biaya perbaikan spion elektrik mobil cukup beragam tergantung dari jenis mobil, tingkat kerusakan hingga jenis mobil. Semakin sulit tingkat kerusakannya tentu biaya yang dikenakan akan semakin mahal.

Dimana kisaran harga spion mobil elektrik ini mulai dari Rp200 ribu hingga Rp3,5 juta sehingga dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Gunakan asuransi mobil terbaik agar kamu tidak terlalu terbebani dengan mahalnya biaya perbaikan di bengkel. 

Manfaatkan asuransi mobil untuk meng-cover biaya perbaikan di bengkel 

Memiliki mobil tentu sudah harus siap dengan berbagai biaya yang menyertainya. Yang biasanya paling menguras kantong adalah biaya perbaikan mobil di bengkel. 

Karena itu, agar keuangan kamu tidak terbebani karena mahalnya biaya servis mobil, gunakan asuransi mobil terbaik yang bisa meng-cover biaya kerusakan baik kecil maupun besar. 

Temukan asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan kamu melalui kuis asuransi mobil terbaik dari Lifepal berikut ini. 

Setelah itu, hitung biaya premi asuransi yang mesti kamu bayarkan menggunakan kalkulator premi asuransi mobil yang sudah disesuaikan dengan aturan dari Otoritas Jasa Keuangan. 

Pertanyaan seputar biaya perbaikan spion elektrik mobil

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.