Biaya operasi pasang pen untuk pasien patah tulang cukup mahal berkisar jutaan sampai puluhan juta tergantung dari prosedur medis yang digunakan untuk mengobati patah tulang.

Siapa saja bisa mengalami kondisi patah tulang saat anggota tubuh terbentur atau terhantam sesuatu yang kerasnya melebihi keras tulang tubuh manusia. Kejadian patah tulang sering terjadi saat manusia sedang berolahraga atau mengalami kecelakaan lalu lintas.

Operasi pasang pen tergantung letak cedera pasien. Bisa jadi pasang pen di kaki, pasang pen di tangan ataupun pasang pen tulang. Kalau sudah begitu, kamu perlu mempersiapkan biaya operasi pasang pen. 

Biaya operasi pasang pen di rumah sakit 

Umumnya, biaya operasi pasang pen berkisar antara Rp1 jutaan sampai Rp47 jutaan tergantung dari tingkat keparahan cedera dan tindakan medis yang akan digunakan oleh dokter. 

Biaya Rumah Sakit Orthopedi Surabaya menjadi rumah sakit dengan biaya operasi pasang pen termahal. Biaya operasi pasang pen patah tulang tersebut biasanya sudah mencakup operasi pasang pen, konsultasi dokter, obat sampai kamar rawat inap. 

Berikut ini estimasi biaya operasi pasang pen 2022.

Rumah Sakit Biaya Operasi Pasang Pen
Rumah Sakit Atma Jaya Mulai dari Rp975 ribuan
Rumah Sakit Umum Bunda BMC Padang Mulai dari Rp1,5 jutaan
Rumah Sakit Rosela Mulai dari Rp1,7 jutaan
Rumah Sakit Patria IKKT Jakarta Barat Mulai dari Rp2,1 jutaan
Rumah Sakit Premier Jatinegara Mulai dari Rp2,2 jutaan
Rumah Sakit Tiara Bekasi Mulai dari Rp2,5 jutaan
Rumah Sakit Cikarang Medika Mulai dari Rp2,6 jutaan
Rumah Sakit Mulia Pajajaran Bogor Mulai dari Rp2,7 jutaan
Rumah Sakit Sumber Kasih Mulai dari Rp2,7 jutaan
Rumah Sakit Bhakti Husada Cikarang Mulai dari Rp2,9 jutaan
Rumah Sakit EMC Sentul Bogor Mulai dari Rp3 jutaan
Rumah Sakit Umum Pekerja Cilincing Jakarta Mulai dari Rp3,2 jutaan
Rumah Sakit Islam Aminah Sidoarjo Mulai dari Rp3,2 jutaan
Rumah Sakit Umum Amira Purwakarta Mulai dari Rp4,3 jutaan
Rumah Sakit Murni Teguh Sudirman Mulai dari Rp4,5 jutaan
Rumah Sakit Ganesha Mulai dari Rp4,6 jutaan
Rumah Sakit Balimed Negara, Jembrana, Bali Mulai dari Rp4,7 jutaan
Rumah Sakit Karanggede Sisma Medika Boyolali Mulai dari Rp4,9 jutaan
Rumah Sakit Umum Melania Bogor Mulai dari Rp4,9 jutaan
Rumah Sakit Sumber Waras Mulai dari Rp8,8 jutaan
Rumah Sakit Hermina Pandanaran Mulai dari Rp10,5 jutaan
Rumah Sakit Umum Bunda Jakarta Mulai dari Rp20 jutaan
Rumah Sakit Orthopedi dan Traumatologi Surabaya Mulai dari Rp47 jutaan

Apakah biaya operasi pasang pen ditanggung BPJS Kesehatan?

Beruntungnya, biaya operasi pasang pen, biaya operasi patah tulang sampai biaya operasi lepas pen ditanggung oleh BPJS Kesehatan. 

Biaya pasang pen tersebut meliputi tindakan pembedahan, konsultasi dokter, obat-obatan, kamar rawat inap sampai perawatan pasca operasi seperti kebutuhan alat-alat khusus.

Pasalnya, ada beberapa kasus di mana setelah melakukan operasi pasang pen atau patah tulang pasien memerlukan alat khusus untuk membantu recovery seperti kaki dan tangan tiruan, jaket penyangga tulang, penyangga leher dan alat bantu gerak lainnya.

Semua kebutuhan alat untuk recovery tersebut bisa dicover oleh BPJS Kesehatan dengan beberapa ketentuan untuk tiap-tiap jenis operasinya.

Kondisi yang mengharuskan seseorang menjalani operasi pasang pen

Tidak semua gangguan kesehatan patah tulang direkomendasikan untuk melakukan operasi pemasangan pen. 

Berikut ini merupakan kondisi patah tulang atau fraktur yang bisa dilakukan operasi pemasangan pen, di antaranya sebagai berikut:

  • Banyaknya tulang yang patah di berbeda lokasi,
  • Patahan tulang bergeser dari posisi semula sehingga jadi tidak sejajar,
  • Patahan tulang tidak stabil sehingga terpecah menjadi beberapa bagian,
  • Patahan tulang menonjol sampai merobek kulit,
  • Patahan tulang terjadi di sekitar area persendian dan berpotensi memengaruhi kinerja sendi,
  • Tingkat kesulitan pengobatan patah tulang yang rumit dan tidak bisa disejajarkan menggunakan gips atau belat,
  • Setelah melakukan pengobatan dan perawatan, misalnya menggunakan metode medis reduksi tertutup, tetapi setelah di CT Scan patahan tulang atau cedera tersebut tidak sembuh dalam waktu 3 bulan,
  • Pasien yang tidak ingin melakukan pengobatan jangka panjang.

Sementara itu, pada kasus pasien dengan fraktur yang berlokasi di tulang panggula atau di area terbuka lainnya akan menggunakan jenis implan eksternal.

Sementara itu, operasi pemasangan pen yang tidak direkomendasikan terjadi pada pasien yang mengalami patah tulang diikuti kerusakan jaringan lunak atau pasien patah tulang yang mengalami infeksi di area patahan tersebut.

Apabila pasien mengalami hal tersebut, maka biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan pengobatan lain terlebih dulu untuk mengobati kerusakan jaringan lunak tersebut atau infeksi pada tulang itu.

Faktanya, sedikit sekali banyak dokter yang menyarankan untuk melakukan operasi pemasangan pen karena operasi ini memiliki efek samping yang cukup komplikasi. 

Beberapa di antaranya seperti memar, pembengkakan, rasa nyeri sampai infeksi di sekitar bekas operasi. Selain itu, mungkin juga pasien mengalami sindrom kompartemen atau deep vein thrombosis (DVT atau trombosis vena dalam).

Karenanya, sebelum memutuskan untuk melakukan operasi pasang pen di tangan, operasi pasang pen patah tulang dan operasi lainnya, lakukan konsultasi lebih lanjut oleh dokter spesialis terlebih dulu.

Prosedur operasi patah tulang

Untuk memperbaiki tulang yang patah pada lengan atau kaki atau area tubuh lainnya, diperlukan dokter spesialis ahli ortopedi untuk melakukan operasi pemasangan pen. 

Seperti operasi pada umumnya, pasien akan melakukan pemeriksaan medis pendukung seperti CT Scan, MRI, tes darah atau pemeriksaan fisik lainnya.

Setelah hasil pemeriksaan medis tersebut keluar dan dokter menetapkan untuk melakukan operasi pasang pen, maka dokter akan meminta pasien untuk melakukan beberapa hal seperti berpuasa dan menghentikan konsumsi beberapa obat tertentu. 

Secara garis besar, berikut ini adalah prosedur operasi patah tulang.

1. Pemberian anestesi

Sebelum pembedahan, dokter bedah akan memberikan suntikan bius atau anestesi guna kelancaran operasi patah tulang. Mengingat operasi mungkin saja berjalan dalam waktu beberapa jam ke depan dan tidak memungkinkan bila pasien dalam keadaan sadar melakukan operasi patah tulang.

Anestesi sendiri diberikan dalam bentuk bius lokal ataupun bius total tergantung dari kondisi kesehatan pasien.

Apabila kamu mendapatkan bius total maka kamu akan tertidur selama operasi patah tulang berlangsung. Sedangkan pasien yang mendapatkan bius lokal akan tetap tersadar tetapi mengalami mati rasa di sekitar tulang yang akan dioperasi sehingga kamu tidak akan merasakan apapun.

2. Reduksi terbuka

Pada prosedur ini dokter akan melakukan penyayatan di area kulit tempat tulang yang patah untuk dikembalikan lagi ke dalam posisi normal. 

Caranya bisa dengan mensejajarkan tulang, memindahkan tulang, atau meletakkan patahan tulang ke posisi semula.

3. Fiksasi internal

Selanjutnya, di bagian patahan tulang tersebut dokter akan memasangkan pen, sekrup, batangan logam atau jenis plat lainnya untuk menahan bagian patahan tulang tersebut. Jenis pen yang digunakan tergantung dari tingkat keparahan patahan tulang pada pasien.

Kendati demikian, biasanya paku logam atau batang akan diletakkan di dalam tulang sedangkan pelat logam dan sekrup diletakkan menempel di permukaan tulang.

Apabila ditemukan pembuluh darah yang rusak selama operasi, dokter juga langsung mengobatinya atau bila memerlukan tindakan pencangkokan tulang saat menemukan tulang yang pecah.

4. Penutupan luka

Dokter akan memastikan bahwa pen telah terpasang dengan benar untuk kemudian selanjutnya menutup luka sayatan tersebut dengan jahitan atau staples dan dilapisi dengan perban.

5. Pemasangan gips

Terakhir, dokter akan memasang gips atau belat untuk menutupi luka dan perban tersebut.

Sementara itu, prosedur pemasangan pen eksternal hampir sama dengan pemasangan pen internal. Bedanya terletak pada pemasnagan batang logam berada di luar tubuh pasien guna menstabilkan dan memastikan tulang telah kembali ke posisi semula.

Hal yang harus dilakukan setelah operasi pasang pen

Pasca operasi pasien harus fokus pada prosedur pemulihan agar tulang kembali sehat seperti sedia kala dan terhindar dari efek samping pasca operasi. Oleh karena itu, berikut ini adalah hal-hal yang perlu kamu perhatikan pasca operasi pemasangan pen untuk pasien patah tulang, di antaranya adalah:

  • Mengonsumsi obat pereda nyeri dan obat lainnya yang diresepkan oleh dokter,
  • Mengonsumsi makanan yang baik untuk merecovery patah tulang agar cepat pulih,
  • Menghindari beberapa kebiasaan buruk seperti mengonsumsi alkohol, merokok, melakukan pekerjaan berat,
  • Untuk mengurangi pembengkakan, kamu bisa mengangkat tulang yang dipasang pen,
  • Menjaga jahitan dengan cara menghindarinya dari air dan rutin mengganti perban agar tidak infeksi,
  • Menghindari aktivitas fisik yang berat untuk tulang yang patah,
  • Rutin melakukan fisioterapi dan konsultasi dokter sesuai jadwalnya.

Umumnya pasien bisa saja pulih dalam kurun waktu 3 – 6 minggu atau 3 – 12 bulan, tergantung dari seberapa besar patahan tulang untuk masing-masing pasien, jenis kasus, sampai lokasi patahan tulang.

Mungkin saja pasien membutuhkan waktu pemulihan lebih lama dari biasanya karena beberapa faktor seperti mendapatkan efek samping pasca operasi atau kasus patahan tulang yang panjang.

Demikianlah pembahasan mengenai biaya operasi pasang pen di sejumlah rumah sakit di Indonesia. Semoga bisa bermanfaat untuk kamu, ya. 

Tips dari Lifepal! Mengingat mahalnya biaya pengobatan, khususnya pada masalah kesehatan yang cukup serius seperti patah tulang, alangkah lebih baik bila kamu memiliki dana darurat. 

Seperti namanya, dana darurat hanya digunakan pada saat kondisi darurat saja atau untuk urusan yang sama sekali tidak terduga. 

Dengan memiliki dana darurat, kamu terhindar dari utang atau masalah finansial yang serius karena ada backup dana untuk kondisi tidak terduga. 

Adapun kebutuhan dana darurat tiap orang berbeda. Kamu bisa mencari tahu berapa dana darurat yang ideal menggunakan Kalkulator Dana Darurat berikut ini. 

Lindungi keluargamu dengan asuransi kesehatan terbaik 

Seperti yang kita tahu, resiko kesehatan dapat menimpa siapa saja tanpa terkecuali dan terjadi kapan saja tanpa diduga. Untuk memberikan proteksi finansial dari risiko kesehatan, penting untuk kamu memiliki asuransi kesehatan. 

Asuransi kesehatan dapat mengcover biaya pengobatan dan perawatan medis di fasilitas kesehatan jika tertanggung mengalami sakit. Adapun biaya yang dicover oleh perusahaan asuransi meliputi biaya rawat inap, biaya rawat jalan sampai pembedahan. 

Dengan begitu, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya berobat di rumah sakit yang mahal dan bisa menyimpan uang untuk kebutuhan lainnya. 

Cari tahu di Lifepal daftar asuransi kesehatan terbaik di Indonesia dan bandingkan sendiri pilihan polis dan manfaat pertanggungan yang ditawarkan. Dapatkan diskon hingga 20% dan cashback 10% jika kamu membeli asuransi kesehatan di Lifepal. 

Pertanyaan seputar biaya operasi pasang pen    

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.