Biaya ganti kampas kopling mobil matic tentu merupakan hal yang penting untuk diketahui saat terjadi sesuatu pada komponen bagian kendaraan tersebut. 

Walaupun memang ada pada mobil manual, kopling mobil matic tentu juga membutuhkan perhatian ekstra. Sebab, kampas kopling memiliki batas kemampuan pemakaian dan akan terus menipis sehingga perlu diganti secara berkala.

Namun apa sebenarnya fungsi kampas kopling matic itu, dan berapa biaya yang harus disiapkan oleh pemilik kendaraan? Simak ulasan lengkapnya pada artikel di bawah ini!

Fungsi kampas kopling di mobil matic

Kampas kopling adalah salah satu komponen penting pada mobil yang terletak dekat flywheel dan terhubung langsung dengan mesin. Bentuknya juga cukup unik yaitu menyerupai piringan dengan campuran asbes dan serbuk logam sebagai dasarnya.

Ada beberapa fungsi utama kampas kopling yang membuatnya menjadi salah satu komponen yang harus selalu dicek secara berkala agar mengemudi menjadi lebih nyaman, diantaranya adalah:

  • Menghubungkan mesin dengan sistem transmisi sehingga poros roda dapat berputar.
  • Menyalurkan tenaga ke bagian transmisi kendaraan dari dapur pacu sehingga  input shaft dapat berputar.
  • Meredam setiap getaran yang kerap kali muncul saat penyambungan dan pemutusan daya pada mobil dilakukan sehingga perpindahan transmisi kendaraan dapat berpindah dengan lebih halus dan nyaman.

Hal inilah yang penting untuk mengetahui waktu yang tepat untuk ganti kampas kopling mobil berapa km agar proses pemindahan tenaga di dalam mesin dapat terus terjadi saat mobil dioperasikan.

Perlu untuk diketahui, kampas kopling mobil matic akan bekerja dengan cara berputar sehingga sudah mengalami penipisan dan haus segera diganti jika sudah mau habis atau aus agar tidak muncul kerusakan yang mengkhawatirkan di masa yang akan datang.

Fungsinya yang krusial inilah membuat ongkos ganti kampas kopling mobil umumnya cukup mahal dan harus diperhitungkan saat hendak melakukannya.

3 kebiasaan buruk yang menyebabkan kampas kopling cepat habis

Biaya ganti kampas kopling mobil ini tentu bisa kamu akali dengan menghindari beberapa kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan komponen tersebut cepat habis. 

Hal ini tentu akan memperpanjang waktu kampas kopling sehingga tidak perlu sering diganti. Berikut adalah 3 kebiasaan buruk yang bikin kampas kopling cepat habis sehingga dapat kamu hindari, diantaranya adalah:

1. Memindahkan tuas transmisi dengan terburu-buru

Salah satu kebiasaan buruk yang dapat membuat kampas kopling mobil matic sering diganti adalah lalainya pengemudi dalam menggunakan tuas transmisi dengan lembut. 

Penggunaan tuas transmisi yang terburu-buru dan kasar terutama saat tidak menginjak rem ketika tuas dipindahkan tentu akan membuat kampas cepat aus.

2. Jarang mengganti oli transmisi

Jarang mengganti oli transmisi merupakan kebiasaan buruk yang harus kamu hindari karena dapat membuat kampas kopling mobil matic cepat aus. 

Oli transmisi yang jarang diganti tentu akan mengubah kandungan yang ada di dalamnya secara keseluruhan. 

Tentu, hal ini jika dibiarkan terlalu lama akan mengakibatkan sistem transmisi mesin menjadi rusak sehingga kampas kopling menjadi habis lebih cepat.

3. Tuas transmisi tidak digunakan dengan tepat

Kebiasaan buruk lainnya yang dapat membuat anggaran harga kampas kopling mobil matic menjadi lebih tinggi adalah malas memindahkan tuas transmisi ke posisi netral saat berkemudi.

Umumnya tuas tidak dikembalikan pada posisi netral oleh pengemudi khususnya saat berhenti sementara karena terjebak macet ataupun berhenti karena lalu lintas. Padahal kebiasaan inilah yang membuat kampas kopling mobil matic menjadi lebih cepat habis.

Bahaya kampas kopling mobil matic yang habis

Habisnya kampas kopling mobil matic juga tidak boleh dibiarkan begitu saja karena akan menimbulkan efek yang berbahaya bagi kendaraan. 

Bahkan jika dibiarkan begitu saja akan membuat komponen mesin yang lainnya juga ikut mengalami kerusakan parah. Berikut adalah beberapa bahaya yang ditimbulkan jika kampas kopling mobil milikmu habis sebelum sempat diganti, yaitu:

1. Mobil menjadi tidak bertenaga

Bahaya lainnya yang dapat terjadi karena kampas kopling mobil matic habis adalah kendaraan yang tiba-tiba mulai ngempos atau tidak bertenaga sehingga tidak mampu untuk menanjak dan melaju cepat.

2. Mesin mobil mati total

Kampas kopling mobil yang habis juga akan membuat mesin mobil menjadi rusak terutama pada bagian clutch disc. Hal ini tentu akan menyebabkan mobil menjadi mati total dan tidak bisa dioperasikan sama sekali hingga diperbaiki.

3. Mesin overheating

Kampas kopling mobil matic yang tidak pernah diperhatikan sehingga menjadi aus juga akan menyebabkan plat dan rumah kopling menjadi rusak. 

Hal ini tentu akan berpengaruh pada penurunan kinerja mesin menjadi lebih berat dan membuatnya mudah overheating (kepanasan). Jika dibiarkan terlalu lama maka akan membuat mobil menjadi sangat berbahaya.

Cara cek kampas kopling mobil

Kampas kopling mobil matic yang habis dan rusak namun tidak segera diganti tentu akan menimbulkan bahaya. Jadi kamu perlu mengetahui cara cek kampas kopling mobil agar dapat selalu melakukan pemeriksaan secara rutin.

Berikut adalah beberapa cara yang harus kamu lakukan agar dapat dapat mengetahui apakah kampas kopling mobil masih dalam kondisi yang aman atau tidak, diantaranya adalah:

  • Cek tarikan awal (akselerasi) apakah tertahan atau tidak? Jika akselerasi awal tidak dapat melaju dengan normal maka dapat dicurigai kampas kopling mobil matic sudah aus.
  • Power mobil mendadak lebih lambat saat dioperasikan. Hal ini dapat dicek pada speedometer dan rpm mobil saat kendaraan melaju.
  • Melakukan cek dengan gigi persneling tinggi saat mobil dihidupkan. Jika kopling sudah dilepaskan namun mobil masih melaju lancar maka itu bisa menjadi tanda kampas kopling milikmu sudah aus.

Biaya ganti kampas kopling mobil matic

Biaya kampas kopling mobil yang harus dibayarkan tentunya akan berbeda-beda tergantung dari jenis atau tipe kendaraan yang dimiliki. 

Selain itu biaya ganti kampas kopling mobil matic ini juga dapat berbeda tergantung dari jenis bengkel yang kamu datangi, baik itu resmi ataupun umum.

Supaya kamu bisa mendapatkan gambaran berupa estimasi ongkos ganti kampas kopling mobil yang harus dibayarkan, berikut adalah daftarnya secara lengkap untuk dijadikan bahan pertimbangan, yaitu:

Biaya ganti kampas kopling mobil matic di Bengkel Resmi

Secara garis besar, kisaran biaya ganti kampas kopling mobil matic di bengkel resmi belum termasuk pembelian satu set komponen tersebut adalah sekitar Rp 800-900 Ribu.

Harga kampas kopling mobil matic di bengkel resmi memang terbilang cukup mahal namun hasil yang diberikan serta sparepart yang digunakan tentu sesuai dengan standar operasional yang sudah ada.

Namun jika kamu ingin mencari tahu harga satu set spare part kampas kopling mobil matic di bengkel resmi, maka berikut adalah gambaran kisaran biaya yang harus dikeluarkan untuk masing-masing tipe kendaraan, yaitu:

No Tipe Mobil Brand Harga Satu Set Kampas Kopling
1 Daihatsu Xenia 1.0 L Daihatsu Mulai dari Rp. 1,3 Juta
2 Daihatsu Xenia 1.3 L Daihatsu Mulai dari Rp. 1,7 Juta
3 Daihatsu Terios Daihatsu Mulai dari Rp. 1,6 Juta
4 Daihatsu Ayla Daihatsu Mulai dari Rp. 1 Juta
5 Honda Mobilio Honda Mulai dari Rp. 2,7 Juta
6 Honda Brio Honda Mulai dari Rp. 2,7 Juta
7 Honda HR-V Honda Mulai dari Rp. 2,7 Juta
8 Honda freed Honda Mulai dari Rp. 1,14 Juta
9 Mitsubishi Xpander  Mitsubishi Mulai dari Rp. 2,5 Juta
10 Nissan Grand Livina Nissan Mulai dari Rp. 1,5 Juta
11 Suzuki Ertiga Suzuki Mulai dari Rp. 1,5 Juta
12 Suzuki Karimun Suzuki Mulai dari Rp. 900 Ribu
13 Suzuki S-Cross Suzuki Mulai dari Rp. 3,5 Juta
14 Toyota Avanza Toyota Mulai dari Rp. 1,35 Juta
15 Toyota Vios  Toyota Mulai dari Rp. 1,08 Juta

Biaya ganti kampas kopling mobil matic di bengkel umum

Biaya ganti kampas kopling mobil matic di bengkel umum tentu akan jauh lebih terjangkau dan menjadi pilihan alternatif agar bisa memberikan perawatan pada mobilmu dengan lebih hemat budget.

Sebab, kisaran ongkos ganti kampas kopling mobil untuk layanan servicenya saja yaitu Rp. 350-500 Ribu saja. Jauh lebih terjangkau bukan?

Sebaiknya ganti kampas kopling mobil berapa KM sekali?

Tidak ada patokan yang pasti mengenai kapan waktu yang tepat untuk ganti kampas kopling mobil sebab semuanya kembali lagi dari bagaimana cara pemakaiannya dalam sehari-hari. 

Ditambah apakah kamu rutin melakukan penggantian oli atau tidak juga dapat membuat waktu ganti kampas kopling mobil jadi berbeda. 

Akan tetapi secara umum, jika penggunaan kendaraan dalam batas yang normal maka kampas kopling mobil matic dapat bertahan hingga jarak 100.000 km. Patokan angka ini dapat berubah menjadi lebih pendek bila mobil jarang dilakukan perawatan dan penggantian oli transmisi secara rutin.

Tidak hanya itu saja, jika kamu merasa bahwa terjadi perubahan pada bagian akselerasi mobil yang mulai melemah serta sulit dibawa melaju ataupun menanjak, ada baiknya langsung segera di bawa ke tempat service mobil terdekat (bengkel).

Tujuan utamanya tentu adalah agar pemilik mobil bisa segera mendapatkan perawatan sebelum bertambah parah.

Tips dari Lifepal! Biaya ganti kampas kopling mobil matic tentu memiliki pilihan yang cukup beragam tergantung dari jenis bengkel dan jenis mobil yang kamu miliki. Khusus jasa service, harga kampas kopling mobil matic dari bengkel resmi akan dikenakan sekitar Rp. 800-900 Ribu.

Namun untuk ongkos ganti kampas kopling mobil untuk jasa service di bengkel umum dapat dikenakan sekitar Rp. 350-500 Ribu. Jika memilih bengkel umum yang tetap tentu akan menjadi solusi tepat sebagai alternatif untuk menghemat budgetmu.

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Pentingnya memiliki asuransi mobil

Biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Seperti yang sudah kamu ketahui, biaya ganti kampas kopling mobil tentu tidaklah murah dan jumlahnya berbeda-beda tergantung dari jenis kendaraanmu. 

Namun, jika kampas kopling rusak akibat adanya kecelakaan, maka asuransi mobil akan hadir dan siap untuk menanggung biaya perbaikan tersebut sesuai dengan ketentuan yang telah tertera di dalam polis.

Selain itu, asuransi mobil menjadi hal penting yang harus dimiliki karena dapat memberikan beragam manfaat lainnya yang tentu akan membuat nasabah menjadi lebih tenang.

Sebab, asuransi mobil ini akan memberikan ganti rugi akibat kecelakaan, santunan bantuan medis darurat, kehilangan kendaraan akibat pencurian hingga tanggung jawab pihak ketiga jika dibutuhkan.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Yuk, gunakan kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus ditabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa digunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Hitung uang pertanggungan asuransi kamu

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).

Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Perlu diketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi jiwa terbaik

Pertanyaan biaya ganti kampas kopling mobil matic

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.