Sekalipun rutin memanaskan mobil bermesin diesel, tak dipungkiri ada kalanya mungkin saja kamu akan mengalami mesin mobil diesel tiba-tiba mati saat jalan. Hal ini bisa terjadi karena kamu kurang merawat mobil.

Mobil diesel yang kurang mendapatkan perawatan memang mudah “terjangkit penyakit”, terutama pada mesin mobil.

Mobil bermesin diesel memiliki keunggulan hemat pemakaian bahan bakar tetapi mampu mengeluarkan tenaga yang kuat. Penyebab mesin diesel tidak mau digas saat jalan bisa karena bahan bakar yang telah habis atau karena mesin diesel mengalami masuk angin. 

Istilah masuk angin dimaksudkan untuk menggambarkan kondisi di mana fuel injector tersumbat.Selain yang telah disebutkan sebelumnya, ada penyebab mesin mobil diesel tiba-tiba mati saat jalan lainnya. 

Artikel ini akan membahas tentang penyebab mesin diesel mati mendadak dan cara mencegah mesin diesel mobil mati mendadak.

Penyebab mesin diesel mati mendadak

Untuk meminimalisir mobil tiba-tiba mati mendadak, kamu perlu mengetahui sumber penyebabnya. Berikut ini penyebab mesin mobil diesel tiba-tiba mati saat jalan.

1. Tangki bahan bakar habis

Tangki bahan bahan hampir habis atau sudah habis sehingga terciptanya sedikit ruang di dalam tangki untuk udara. Bahkan, bila bahan bakar masih ada seperempat atau setengah tangki lagi kamu tetap harus segera mengisi kekosongan tersebut.

Saat terciptanya ruang kosong di dalam tangki dan kamu biarkan begitu saja semalaman maka udara yang berada di sekitar komponen mobil akan memuai. 

Udara dingin yang masuk akan bereaksi sehingga menghasilkan air atau H2O. Embun air tersebut yang akan tercampur dengan bahan bakar lalu masuk ke dalam injector dan nozzle injection.

2. Filter dan selang solar tersumbat

Selang dan filter solar yang tersumbat kotoran dan tidak segera dibersihkan bisa menimbulkan mesin mobil diesel tiba-tiba mati saat jalan. 

Selang dan filter yang terkoneksi langsung menuju bosch pump atau pompa injeksi berpotensi memiliki kotoran yang menumpuk sehingga memperburuk aliran solar.

Cara memperbaikinya adalah dengan rutin membersihkan komponen mobil tersebut setelah menempuh karak 4.000 sampai 5.000 kilometer. 

Kamu bisa membersihkannya menggunakan angin kompresor. Selain itu, kamu perlu rutin membersihkan tangki bahan bakar secara rutin untuk mencegah penumpukan kotoran lagi.

3. Penurunan kinerja bosch pump

Setelah memastikan bahwa filter dan selang solar dalam kondisi baik, maka bisa jadi sumber masalah berada pada bosch pump yang kurang tenaga untuk memompa bahan bakar.

Bila kamu menemukan tekanan bosch pump begitu lemah, maka periksa di bagian plunger atau ring delivery valve.

4. Saluran pembuangan air yang tersumbat

Penyebab mesin diesel masuk angin selanjutnya adalah karena adanya kotoran dan kandungan air pada saluran pembuangan air yang mengendap. 

Disarankan untuk rutin membersihkan saluran pembuangan air setelah mobil menempuh jarak 3.000 sampai 5.000 kilometer. Cara membersihkannya cukup mudah, di antaranya sebagai berikut:

  • Kendurkan saluran pembuangan air yang terletak di samping bagian bawah pompa.
  • Tarik tuas pompa ke atas dan tekan beberapa kali sampai air atau kotoran pada saluran pembuangan air keluar semua.
  • Putar tuas pompa menuju arah berlawanan dan searah putaran jarum jam agar seluruh sisa kotoran dan air terbuang semuanya.
  • Pastikan bahwa semua kotoran telah terbuang dan putar kembali tuas tersebut searah jarum jam agar tuas terkunci.
  • Simpan kembali pompa di posisi semula dan sedikit ditekan untuk memberikan hentakan saat menyuplai bahan bakar sehingga terbebas dari angin.

5. Nozzle keausan

Penyebab mesin diesel mati mendadak selanjutnya adalah karena nozzle yang keausan sehingga kurang bisa bekerja dengan maksimal. 

Gejalanya biasanya berupa asap putih kebiruan yang keluar dari knalpot. Bila hal tersebut terjadi maka segera ganti komponen nozzle dengan yang baru.

6. Penurunan kualitas oli mesin mobil

Oli mesin mobil berperan sebagai pelumas yang diperlukan oleh komponen-komponen mobil agar bisa bekerja dengan maksimal. Saat oli mobil mulai menipis maka sistem pelumasan yang dibutuhkan komponen mobil lainnya akan terganggu, dampaknya mesin mobil cepat panas. 

Untuk mengatasinya adalah dengan sering mengganti oli mesin mobil.

7. Volume air radiator berkurang

Penyebab mesin mobil diesel tiba-tiba mati saat jalan selanjutnya adalah volume air radiator yang berkurang yang berpengaruh terhadap sistem pendinginan mesin mobil. 

Saat air radiator habis, mesin mobil jadi cepat panas dan berpotensi mesin diesel mati mendadak.

8. Performa catalytic converter mulai menurun

Peran catalytic converter cukup penting pada sistem pembuangan mobil untuk menjaga knalpot mobil agar mengeluarkan asap yang jernih. 

Catalytic converter hanya ada pada mobil diesel. Oleh karena itu, agar mobil diesel tak mudah mogok sebaiknya rutin merawat dan membersihkan catalytic converter.

Cara mencegah mesin diesel mobil mati mendadak 

Setelah mengetahui penyebab mesin mobil diesel tiba-tiba mati saat jalan, kamu juga perlu mengetahui cara pencegahan agar mobil mesin diesel tidak mati mendadak saat sedang melaju.

Pastikan kondisi tangki bahan bakar selalu terisi sesuai volumenya

Penyebab utama mesin mobil diesel tiba-tiba mati saat jalan adalah tangki bahan bakar kosong atau bervolume kurang. Meskipun masih ada seperempat atau setengah tangki bahan bakar, kamu tetap perlu mengisi tangki bahan bakar agar terisi penuh.

Kabar baiknya, mobil diesel produksi terbaru sudah dilengkapi dengan electronic fuel injection (EFI). Teknologi EFI ini bisa meminimalisir permasalahan tersebut secara teorinya. 

Yang jelas dengan adanya teknologi EFI ini maka mobil tak perlu lagi melakukan pembuangan air secara manual.

Rutin merawat dan membersihkan komponen mobil

Sebagian besar, sumber masalah mesin mobil diesel tiba-tiba mati saat jalan adalah karena adanya penumpukan kotoran atau embun air yang mengendap sehingga pendistribusian bahan bakar jadi kurang maksimal dan berpotensi membuat mobil mogok saat melaju.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi kamu perlu rutin membawa mobil ke bengkel mobil untuk dicek apakah ada komponen mobil yang bermasalah atau hanya sekadar membersihkan beberapa komponen mobil yang sulit dijangkau.

Selain terhindar dari mesin mobil diesel tiba-tiba mati saat jalan, usia pakai komponen mobil juga bisa bertahan untuk waktu yang cukup lama.

Lebih berhati-hati saat ganti komponen mobil

Cara pencegahan yang terakhir adalah pemilik mobil harus lebih cermat dan berhati-hati saat mengganti komponen mobil. 

Jika kamu belum merasa percaya diri untuk mengganti komponen mobil itu sendiri, maka lebih baik bawa mobil ke bengkel mobil terdekat dan terpercaya untuk mendapatkan bantuan dari mekanik andal berpengalaman.

Tips dari Lifepal! Sebaiknya lakukan servis mobil diesel di bengkel resmi karena di sana sudah terjamin bahwa mekanika bersertifikat dan memiliki pengalaman yang cukup banyak untuk memperbaiki mobil.

Selain itu, bila diperlukan untuk ganti komponen mobil, maka di sana telah tersedia suku cadang yang original dan sesuai standar pabrik mobil. Kendati demikian, yang membuat kamu berpikir dua kali untuk melakukan servis mobil di bengkel resmi tentu biaya servis mobil yang terkenal selangit.

Untuk menekan biaya servis mobil tersebut, kamu bisa mengandalkan asuransi mobil terbaik.

Manfaatkan asuransi mobil untuk meng-cover biaya perbaikan di bengkel 

Memiliki mobil tentu sudah harus siap dengan berbagai biaya yang menyertainya. Yang biasanya paling menguras kantong adalah biaya perbaikan mobil di bengkel. 

Karena itu, agar keuangan kamu tidak terbebani karena mahalnya biaya servis mobil, gunakan asuransi mobil terbaik yang bisa meng-cover biaya kerusakan baik kecil maupun besar. 

Temukan asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan kamu melalui kuis asuransi mobil terbaik dari Lifepal berikut ini. 

Setelah itu, hitung biaya premi asuransi yang mesti kamu bayarkan menggunakan kalkulator premi asuransi mobil yang sudah disesuaikan dengan aturan dari Otoritas Jasa Keuangan. 

Pertanyaan seputar mesin mobil diesel tiba-tiba mati saat jalan 

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.