Ketika ingin membeli mobil bekas, harus melalui beberapa tahapan pengecekan untuk memastikan kondisi dari komponen mobil masih normal dan mobil bukan merupakan mobil bekas tabrakan.

Mobil bekas saat ini memang menjadi salah satu alternatif sebagian orang untuk memenuhi hasrat dirinya untuk memiliki mobil dengan biaya yang lebih murah.

Namun tentu kamu tidak mau dong mendapatkan mobil bekas tabrakan. Mobil bekas kecelakaan memiliki banyak kekurangan yang akan membuat kamu mengeluarkan lebih banyak biaya untuk memperbaikinya.

Jika sudah yakin untuk membeli mobil bekas, kamu bisa simak penjelasan terkait ciri dari mobil bekas tabrakan beserta cara mengenalinya dengan mudah! 

Ciri mobil bekas tabrakan

Saat ini banyak penampilan mobil bekas tabrakan yang telah dirombak menjadi mobil biasa pada umumnya.

Oleh karena itu, untuk orang awam yang ingin membeli mobil bekas sangat disarankan untuk cek mobil bekas tabrakan sebelum dibeli pada beberapa komponen. 

Ada delapan ciri mobil bekas tabrakan yang bisa kamu jadikan pedoman sebelum membeli mobil pribadi. Berikut ini informasi selengkapnya.

1. Kondisi cat body mobil berbeda

Indikator pertama yang bisa dilihat secara jelas adalah cat body. Cat dari body mobil bekas tabrakan biasanya akan sedikit berbeda dengan cat original.

Untuk melihat perbedaan tersebut kamu perlu memeriksanya di tempat yang langsung disinari oleh matahari seperti lapangan atau lahan parkir terbuka.

Ketika melihat dengan teliti akan mendapatkan terdapat ketidakkonsistenan warna body satu dengan lainnya.

Kondisi ini memungkinkan bahwa mobil bekas tersebut telah mengalami perbaikan akibat tabrakan atau kecelakaan.

Walaupun pewarnaan yang dilakukan bengkel telah disesuaikan dengan warna original tetapi masih dapat terlihat perbedaanya dari variasi kilau dari cat body tersebut.

2. Suku cadang tidak original

Indikator kedua yang dapat dijadikan bagian pemeriksaan sebelum membeli mobil bekas adalah spare part mobil. Harga spare part orisinal yang biasanya mahal membuat banyak para mekanik mengakalinya dengan spare part palsu.

Penggantian spare part pada mobil bekas tabrakan biasanya hanya dilakukan pada bagian-bagian yang benar-benar rusak saja sehingga pada bagian lain yang masih dianggap layak akan dibiarkan dengan tujuan untuk menurunkan biaya perbaikan.

Spare part yang biasanya rusak akibat kecelakaan adalah airbag pada bagian depan. Kamu dapat mengecek kondisi airbag dari indikator pada speedometer. 

Airbag yang bagus dan normal ditandai saat kunci kontak dalam posisi ON, kemudian lampu indikator airbag menyala dan setelah beberapa detik indikator akan mati sebelum mesin dinyalakan.

3. Kondisi ban saat melaju 

Indikator ketiga adalah kondisi ban saat melaju di jalanan. Sebelum membeli mobil bekas kamu perlu mengemudinya terlebih dahulu untuk melihat beberapa masalah yang ada dari mobil tersebut.

Kondisi ban saat melaju harus diperhatikan dengan teliti. Mobil bekas yang masih layak dibeli adalah mobil yang saat dikemudikan sesuai dengan perintah. 

Jika terdapat gangguan pada kemudi stir yang tidak normal dapat memberikan tanda bahwa mobil tersebut telah mengalami kerusakan. Kondisi ini biasanya akibat dari komponen sasis mobil yang tidak lurus.

4. Permukaan ban tidak merata, salah satu ciri mobil bekas tabrakan

Ban adalah komponen terpenting yang harus ada pada setiap kendaraan seperti mobil. Ban yang berkualitas baik akan membuat laju dari mobil lurus dan tenang.

Hal ini mungkin berbeda pada mobil bekas yang biasanya keadaan dari setiap ban tidak baik. Pemeriksaan pada ban dapat dilakukan dengan berlutut dengan melihat tapak ban di setiap sisi. 

Jika ditemukan salah satu ban yang mengalami keausan yang begitu parah dapat mengindikasikan bahwa mobil pernah mengalami kecelakaan.

Namun kamu jangan langsung menyimpulkan secara sepihak perlu adanya pemeriksaan lebih lanjut melalui bantuan mekanik bengkel. 

Mereka akan mengemudikan mobil untuk memeriksa beberapa bagian terutama kondisi ban saat melaju. Permukaan ban yang tidak rata banyak penyebabnya salah satunya adalah pengaturan suspensi mobil yang salah. 

5. Terdapat bekas pengelasan

Cara cek mobil bekas tabrakan selanjutnya adalah dengan mencari bekas pengelasan. Mobil bekas tabrakan biasanya mengalami banyak bagian yang rusak terutama body. Untuk memperbaiki body yang rusak agar seperti normal para mekanik akan mengelas di beberapa bagian.

Melihat hal ini kamu perlu mengecek di beberapa bagian secara teliti seperti bagian kap, bagian bumper, bagian body samping, hingga pintu belakang.

Jika telah menemukan bekas dempul atau las di salah satu bagian tersebut dapat dipastikan mobil tersebut bekas tabrakan.

6. Posisi kaca depan dan kaca belakang tidak sejajar

Indikator selanjutnya dapat melihat dari posisi kaca depan dan kaca belakang pada mobil bekas. Kedua komponen ini biasanya sangat rawan rusak akibat kecelakaan dan biasanya kaca akan pecah saat mobil tabrakan. 

Untuk memperbaikinya pasti mekanik bengkel akan memasang kaca pengganti tidak seperti setelan pabrik. Posisi kaca nantinya akan berada pada posisi yang tidak sama satu sama lain.

Dalam hal ini, kamu perlu memeriksanya dengan menyemprotkan air pada kaca depan maupun kaca belakang.

Apabila air yang sebelumnya disemprotkan masuk ke sela-sela kaca maka pemasangan yang sebelumnya dilakukan tergolong kurang baik.

7. Beberapa sekrup tidak terpasang atau hilang

Cara mengetahui mobil bekas tabrakan selanjutnya dilakukan dengan cara melihat ke dalam kap mobil. Pemasangan sekrup dari setelan pabrik akan terlihat berbeda dengan setelan bengkel. 

Para mekanik bengkel tidak jarang salah menggunakan jenis sekrup pada beberapa bagian mobil. Walaupun tampaknya tidak penting indikator ini tetapi mengindikasikan bahwa mobil bekas tersebut telah mengalami perbaikan yang besar.

Untuk menemukan perbedaan ini kamu perlu melihat di beberapa bagian yang banyak terdapat baut atau sekrup seperti dashboard, kap mobil, bagian dalam pintu, dan spakbor depan maupun belakang.

8. Perbedaan kondisi terasa nyata saat test drive

Cara mengecek mobil bekas tabrakan yang terakhir adalah dengan melakukan test drive. Saat kamu melakukan test drive dengan mobil yang ingin dibeli, kamu akan merasakan secara nyata kondisi dan keadaan saat melaju.

Beberapa komponen akan dapat diperiksa saat dan setelah melakukan test drive seperti kondisi mesin, interior, hingga eksterior mobil.

Pada bagian mesin kamu disarankan untuk mendengarkan mesin apakah mengeluarkan  ketukan atau tidak. Jika suara mesin disertai ketukan telah menunjukkan bahwa adanya masalah di mesin mobil.

Kondisi rem dan transmisi (mobil manual) juga perlu diperhatikan apakah telah berjalan dengan baik.

Selanjutnya pada bagian interior dan eksterior mobil dapat ditentukan secara subjektif sehingga harus disesuaikan dengan selera dan kenyaman kamu sebagai pembeli.

Pentingnya cek mobil bekas tabrakan sebelum membeli

Pengecekan yang dilakukan sebelum membeli mobil adalah sebuah keharusan terutama pada mobil bekas. Mobil bekas tabrakan mempunyai plus dan minus bagi pemiliknya. 

Untuk memastikan mobil bekas tabrakan masih layak digunakan untuk beberapa tahun mendatang perlu dilakukan pemeriksaan komponen.

Jika tidak dilakukan pemeriksaan secara cermat, kamu bisa dirugikan dengan kondisi mobil yang mungkin akan sering mengalami kerusakan.

Tips dari Lifepal! Nah, itulah ciri-ciri dari mobil bekas tabrakan yang bisa kamu jadikan pedoman sebelum membelinya beserta cara mengenalinya.

Jika kamu masih belum berpengalaman dalam mencari mobil bekas, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan yang lebih ahli atau mengajak orang terdekat yang lebih tahu tentang hal tersebut.

Kamu juga bisa menyimak ulasan tentang lelang mobil tabrakan asuransi dan biaya perbaikan mobil tabrakan di artikel Lifepal!

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

 

Lindungi kendaraan kamu dengan asuransi mobil

Bukan cuma mobil baru saja yang butuh asuransi, tapi ada juga lho asuransi untuk mobil bekas.

Seperti yang kamu ketahui, biaya servis mobil dan perawatan tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Asuransi mobil berguna untuk melindungi finansial kamu ketika harus mengeluarkan biaya perawatan mobil yang terkadang tidak murah. Selain itu ada juga ganti rugi apabila kendaraanmu hilang.

Berapa sih premi yang harus dibayar untuk asuransi mobil. Coba hitung dengan kalkulator premi asuransi mobil ini:

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Lifepal adalah marketplace yang menyediakan berbagai jenis asuransi sesuai kebutuhan kamu. Dapatkan diskon dengan mendaftar asuransi untuk kendaraan kamu melalui Lifepal. Yuk, tunggu apalagi!

Yuk, coba gunakan kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus ditabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa digunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Hitung uang pertanggungan asuransi kamu

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).

Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Perlu diketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi jiwa terbaik

Pertanyaan seputar ciri mobil bekas tabrakan

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.