Cara menghidupkan mobil adalah hal yang sekilas mudah, namun sebenarnya perlu pemahaman dan teknik yang tepat agar aman. Salah-salah, bisa saja terjadi hal yang tidak diinginkan karena sembarangan menyalakan mobil tanpa memperhatikan kondisi serta langkah yang benar.

Terutama bagi yang baru belajar menyetir mobil, cara menghidupkan mobil matic maupun manual adalah hal paling pertama yang harus diketahui.

Apalagi, tidak semua pemilik mobil juga bisa menghidupkan mobil dengan aman di segala kondisi, terkadang kita juga dihadapkan dengan kondisi mogok, tiba-tiba mati di tanjakan, atau bahkan susah dinyalakan karena lama tidak dipakai.

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui bagaimana cara menghidupkan mobil yang benar supaya tetap aman dan selamat berkendara di jalan raya.

Ragam cara menghidupkan mobil 

Tidak cuma asal masukkan kunci kontak dan memutarnya, cara menghidupkan mesin mobil rupanya berbeda-beda untuk segala kondisi dan jenisnya. 

Simak ragam bagaimana cara menghidupkan mesin mobil berikut ini:

1. Cara menghidupkan mobil start stop engine

Dengan kemajuan teknologi di zaman sekarang, industri kendaraan bermotor pun ikut bertransformasi. Beberapa mobil keluaran baru kini sudah mengadaptasi fitur tombol start/stop engine sebagai cara menghidupkan mobil yang lebih praktis dan mudah.

Meski sekilas mudah, tapi cara menghidupkan mobil engine start manual dan matic memiliki beberapa tahap, yaitu:

  • Sebelum menekan tombol start engine, pastikan posisi tuas transmisi dalam kondisi netral atau di tengah untuk mobil manual. Untuk mobil matic, pastikan tuas transmisi berada di posisi P atau Parking.
  • Kemudian, cara menghidupkan mobil start stop engine adalah dengan menginjak pedal terlebih dahulu. Injak pedal rem untuk mobil matic dan pedal kopling untuk mobil manual, lalu tekan tombol engine start.
  • Tunggu putaran mesin menjadi normal dan tidak mati tiba-tiba. Setelah itu baru mobil bisa dijalankan.

2. Cara menghidupkan mobil tanpa kunci

Tidak punya kunci serep saat kehilangan kunci mobil, pasti kita akan kelimpungan karena bingung bagaimana cara menghidupkan mobil tanpa kunci. 

Untuk kondisi ini memang cukup rumit dan dibutuhkan pengetahuan khusus mengenai mekanisme kelistrikan pada mobil.

Metode cara menghidupkan mobil tanpa kunci bisa dilakukan dengan “curang”, seperti menggunakan palu dan obeng di bagian kontak kunci atau hot wiring

Metode ini bisa digunakan sebagai cara sementara untuk membawa mobilmu ke tukang kunci atau bengkel untuk memperbaikinya.

3. Cara menghidupkan mobil keyless

Satu lagi fitur mobil modern yang sedang menjamur, yakni mobil keyless alias tanpa kunci. Metode ini bisa dilakukan kalau kamu sudah pasang keyless mobil.

Cukup dengan cara menghidupkan mobil pakai remote atau smart key yang ditempelkan ke bagian tombol start/stop engine hingga menyala hijau. Smart key ini juga berfungsi untuk membuka kunci mobil saat berada dalam jangkauan sensornya.

Fitur keyless ini dibuat untuk mengatasi kondisi pengemudi yang kerap kehilangan kunci atau agar mobil tidak mudah dicuri. Satu-satunya tantangan untuk pemilik mobil jenis ini adalah jika remote kehabisan baterai atau hilang.

Jika smart key hilang, maka tidak ada cara menghidupkan mobil keyless selain menghubungi pihak dealer mobil atau bengkel resmi.

4. Cara menghidupkan mobil mogok

Tidak semua orang tahu bagaimana cara menghidupkan mobil mogok. Penyebab mobil mogok sendiri bermacam-macam, salah satunya bisa jadi karena akinya soak atau habis.

Cara menghidupkan mobil aki soak paling mudah adalah dengan bantuan mobil lain untuk melakukan jump start atau jumper aki mobil portable

Namun jika tidak ada mobil lain yang bisa membantu atau mobilmu bertransmisi otomatis, bisa mencoba langkah cara lainnya seperti meminta bantuan orang di sekitar untuk mendorong mobil atau menelpon nomor bantuan derek mobil terdekat.

Perlu diketahui, jangan mendorong paksa sebagai cara menyalakan mobil matic yang mogok. Sebab hal tersebut akan merusak motor penggerak otomatis mobil.

5. Cara menghidupkan mobil yang lama tidak dipakai

Banyak sekali pengemudi yang sudah lama tidak menggunakan mobilnya di kala pandemi Covid-19 karena lebih sering bekerja di rumah atau work from home (WFH). Terkadang mobil jadi susah menyala karena lama tidak dipakai.

Bagaimana cara menghidupkan mobil yang sudah lama tidak dipakai? Jangan langsung sembarangan menyalakan mesin, sebaiknya ikuti dulu langkah berikut ini:

  • Periksa sambungan arus listrik dan aki, pastikan tidak ada koneksi yang kendor
  • Periksa koneksi kabel ground pada sistem aki mobil
  • Periksa apakah ada korosi di bagian kutup-kutup aki, bersihkan terlebih dahulu sebelum menyalakan mesin dengan sikat kawat
  • Cek oli mesin, berkurang atau sudah lewat masa pakai
  • Tidak ada peringatan “engine check” saat menyalakan mobil dalam mode “ignition”
  • Cek semua pedal dan lampu mobil, apakah berfungsi dengan baik.

Setelah kamu memastikan semua poin di atas aman dan berfungsi secara normal, kamu bisa mencoba cara menyalakan mobil seperti biasa dan memanaskannya selama beberapa menit. 

Periksa kembali apabila terjadi masalah saat menyalakannya atau ada hal yang tidak normal saat mesin menyala.

6. Cara menghidupkan mobil yang kunci kontaknya rusak

Selain masalah aki, kunci kontak mobil yang rusak bisa menjadi salah satu penyebab mobil mogok dan tidak bisa dinyalakan. Kunci kontak atau ignition switch sangat penting karena menyuplai arus listrik ke seluruh sistem yang ada di mobil untuk menghidupkannya.

Kunci kontak yang rusak bisa ditandai dengan sulit memutar kunci, mesin tidak mau menyala, mobil tiba-tiba berhenti, atau tidak ada suara starter.

Cara menghidupkan mobil tidak bisa distarter karena kondisi tersebut hampir sama seperti ketika mengalami kondisi aki yang soak. 

Kamu bisa menggunakan bor dan obeng untuk membuka kontak dan menggunakan obeng sebagai pengganti kunci, namun tentu saja cara ini dapat merusak kontak kunci dan harus segera diganti.

7. Cara menghidupkan mobil yang mati di tanjakan

Mesin mobil yang tiba-tiba mati di tanjakan adalah mimpi buruk bagi semua pengemudi mobil. Jika hal ini terjadi padamu, hal pertama yang harus dilakukan adalah tidak panik dan menarik tuas rem tangan secepatnya untuk mencegah mobil merosot mundur.

Kemudian ikuti cara menghidupkan mobil yang mati di tanjakan berikut ini:

  • Posisikan tuas transmisi pada posisi netral (manual) atau N (matic)
  • Nyalakan kembali mesin mobil
  • Injak pedal kopling secara penuh
  • Posisikan tuas transmisi ke posisi 1
  • Buka lock tuas rem tangan dan turunkan perlahan
  • Secara bersamaan injak pedal gas dan angkat pedal kopling hingga posisi setengah
  • Jaga kecepatan mobil agar tidak terlampau tinggi

Untuk menghindari mobil kembali mati, segera angkat tuas rem tangan dan injak pedal kopling saat mobil di depan kamu kembali berhenti. 

8. Cara menghidupkan mobil yang pompa bensinnya bermasalah

Fuel pump atau pompa bensin berperan penting untuk memompa bahan bakar dari tangki menuju mesin. Ketika bermasalah, bisa membuat mesin mobil jadi brebet atau susah menyala serta naiknya temperatur mesin.

Salah satu langkah menyalakan mesin mobil karena kondisi ini adalah dengan menunggu mesin mobil mendingin. Selain itu, cara memperbaiki fuel pump mobil juga bisa dilakukan di bengkel.

Jangan lupa segera mengganti atau memperbaiki pompa bensin yang bermasalah supaya mesin mobil kamu tetap awet.

Tips menyalakan mobil yang aman dan benar

Biar tidak sembarangan, Lifepal kasih tips cara menyalakan mobil yang aman dan benar agar tidak berisiko mengalami kecelakaan atau mesin rusak di bawah ini:

  • Selalu nyalakan mobil dengan tuas transmisi pada posisi netral. Untuk mobil manual, bisa memastikannya dengan menggoyangkan tuas ke kiri dan kanan, jika dapat digoyangkan berarti tuas sudah berada dalam posisi netral.
  • Cara menyalakan mobil setelah lama diparkir terutama di tempat yang panas sebaiknya dengan kondisi jendela terbuka dan menunggu beberapa saat sebelum menyalakan AC. Hal ini berfungsi untuk mengeluarkan udara panas dan mengurangi kadar gas bensol.
  • Sebaiknya matikan AC dan radio terlebih dahulu sebelum mematikan mesin mobil, sehingga saat akan menyalakan mobil nanti hanya akan ada beban mesin saja agar lebih stabil.
  • Ketika akan melalui jalanan tanjakan, segera pindah tuas transmisi ke posisi satu untuk menghindari mobil merosot turun. Mobil yang merosot turun juga berisiko menimbulkan kecelakaan.

Perlu diingat, dalam mengupayakan menghidupkan mesin mobil, perlu dicari tahu cara yang sesuai dengan kondisi mobil. 

Misalnya, jika mobil tidak bisa nyala karena aki soak, maka pastikan untuk menerapkan cara menghidupkan mobil aki soak yang benar.

Pentingnya punya asuransi mobil

Tips dari Lifepal! Miliki asuransi mobil terbaik untuk menambah perlindungan maksimal pada mobil, terutama dari risiko kecelakaan.

Selain itu, jika cara menghidupkan mobil di atas tidak bisa jadi solusi masalah yang kamu alami, kamu bisa memanfaatkan bengkel rekanan dari asuransi mobil yang kamu miliki.

Perusahaan asuransi umumnya memiliki sejumlah bengkel rekanan yang tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia sehingga kamu bisa mendapatkan perbaikan dari bengkel rekanan yang berada di lokasi terdekat denganmu.

Memahami langkah menyalakan mobil yang benar secara tidak langsung juga akan membantumu mengenali mekanisme kerja mobil. Jangan lupa untuk selalu berkendara dengan hati-hati dan bertanggung jawab di jalan ya!

Lifepal memiliki berbagai pilihan asuransi mobil terbaik agar kamu bisa mendapatkan benefit yang maksimal dengan premi terjangkau. 

Ikuti kuis asuransi mobil terbaik dari Lifepal  di bawah ini untuk menemukan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhanmu. 

Pertanyaan seputar cara menghidupkan mobil

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.