Jangan sampai biaya perbaikan mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaran. Manfaatkan asuransi mobil all risk untuk mendapatkan jaminan ganti rugi atas biaya perbaikan mobil secara menyeluruh di bengkel terbaik.

3. Suspensi yang kurang mumpuni

Salah satu masalah yang sering terjadi pada mobil Avanza dan bahkan sudah menjadi masalah bawaan adalah masalah suspensi yang tidak terlalu mumpuni terutama saat digunakan berkendara dalam kecepatan tinggi. 

Salah satu efek yang dirasakan pengemudi adalah mobil terasa limbung saat mobil dipacu dengan kecepatan yang cukup tinggi. 

Faktanya, mobil ini memang didesain sebagai mobil keluarga yang lebih nyaman digunakan untuk berkendara dalam kecepatan sedang saja. 

4. Idle tinggi

Salah satu masalah yang juga sering terjadi pada mobil Avanza adalah idle yang cukup tinggi bahkan lebih dari 1 terutama ketika mesin dalam kondisi dingin lalu dinyalakan. 

Sebetulnya hal ini bisa dinilai wajar karena bertujuan untuk membuat mesin mobil cepat panas. Idle umumnya akan kembali normal jika mesin sudah cukup panas. Yang perlu diperhatikan adalah ketika idle tetap tinggi meskipun mesin sudah cukup panas.

7 Masalah yang sering Terjadi pada Mobil Avanza dan Solusinya

5. Masalah pada radiator

Kemudian mobil Avanza juga kerap kali mengalami masalah pada radiator mobil, di mana air yang keluar dari radiator ini sangat perlahan. Jika dibiarkan saja terus-menerus maka hal ini bisa memicu mesin menjadi overheat.

6. Kurangnya fitur keselamatan

Salah satu masalah bawaan dari mobil Avanza adalah kurangnya fitur keselamatan pada mobil tersebut.

Diketahui bahwa mobil Avanza memang tidak dibekali salah satunya sistem ABS atau Anti-lock Braking System.

Sistem ABS ini berfungsi untuk  mencegah agar roda tidak terkunci ketika pengemudi melakukan pengereman mendadak. Hal ini bertujuan agar pengemudi bisa mengubah arah mobil dengan normal hingga mobil benar-benar berhenti sempurna. 

Tidak adanya sistem ABS ini tentunya akan mengurangi tingkat keamanan berkendara.

7. Masalah aki mobil

Pada mobil Avanza generasi lama, sering kali muncul masalah pada aki yang sulit dikendalikan. 

Pada saat mesin mobil dalam kondisi panas, mobil akan menjadi lebih sulit dinyalakan. Hal ini dinilai karena adanya masalah pada aki mobil. 

Cara mengatasi berbagai masalah yang sering terjadi pada mobil Avanza

Cara paling mudah untuk memperbaiki masalah yang ada pada mobil Avanza kamu adalah tentu saja dengan menyerahkannya pada mekanik atau montir yang memang sudah lebih memahami mesin mobil. 

Akan tetapi kamu harus tahu juga lho, apa masalah yang terjadi dan solusi apa yang kira-kira dibutuhkan. Ini untuk mencegah oknum nakal yang sengaja ingin membengkakkan biaya perbaikan atau servis kamu. 

Jadi apa saja sih solusi untuk berbagai masalah mobil Avanza kamu?

1. Ganti karet stabilizer

Jika sudah merasakan adanya bunyi jedak jeduk pada bagian suspensi mobil Avanza, ada baiknya lakukan pengecekan dan jiak diperlukan lakukan penggantian pada bagian karet stabilizer. 

Stabilizer ini juga berfungsi untuk menstabilkan mobil agar tidak terjadi limbung pada saat berkendara dalam kecepatan tinggi. 

Penggantian karet stabilizer bisa dilakukan bersamaan saat servis rutin dengan biaya sekitar Rp 100 ribuan.

2. Ganti karet pintu

Untuk meminimalisir bunyi berisik pada kabin, kamu bisa mengganti karet pintu model jepit dengan model karet balon yang lebih tebal pada keempat sisi pintu mobil. Karet balon memang dinilai lebih elastis dan lebih bisa meredam bunyi. 

3. Tambahkan karpet dan karet

Kamu juga bisa menambahkan karpet pada bagian tengah, hal ini meniru desain New Avanza 2019 yang dinilai lebih berhasil meredam bising. 

Selain itu kamu juga bisa menambahkan karet pada firewall di bagian sisi bawah transmisi serta pemasangan insulator di bagian dek belakang. 

Hal ini bisa mengurangi kebisingan sekitar 1-2 db, yang awalnya sekitar 49 db bisa menurun menjadi 47 db. 

4. Rutin ganti motor fan

Salah satu masalah yang sering terjadi pada mobil Avanza adalah lemahnya motor fan. Maka salah satu solusinya adalah dengan rutin melakukan penggantian motor fan tersebut. 

Kapan motor fan Avanza harus diganti? Yaitu ketika sudah berumur 5 tahun atau ketika jarak tempuh sudah mencapai 130 ribu kilometer. 

Untuk solusi masalah lainnya sebaiknya lakukan konsultasi dengan mekanik atau montir kepercayaan kamu. Hal ini agar dapat diperiksa dengan teliti dan bisa diatasi sumber masalah yang ada.

Manfaat memiliki asuransi kendaraan

Pada dasarnya fungsi umum asuransi adalah sama, yaitu untuk mengalihkan kerugian apabila terjadi risiko-risiko yang tidak diinginkan di masa yang akan datang. 

Begitu juga dengan asuransi kendaraan atau asuransi mobil yang juga dapat mengalihkan kerugian jika terjadi risiko, misalnya kendaraan terperosok, tergelincir, benturan, kerusakan akibat huru-hara, bencana alam, hingga risiko kehilangan. 

Selain itu asuransi mobil juga memberikan manfaat lain, diantaranya:

  • Dapat membantu kamu untuk dapat mengatur keuangan dengan lebih baik
  • Solusi finansial dikala kamu harus mengalami risiko yang merugikan
  • Memberikan kenyamanan dan ketenangan, lebih utama ketika sedang berkendara
  • Adanya manfaat fitur tambahan, seperti misalnya fasilitas mobil ambulance, jasa derek mobil, pertanggungan kecelakaan diri dan sebagainya
  • Menjaga nilai kendaraan yang dijaminkan

Ada berbagai jenis produk asuransi mobil, diantaranya all risk dan TLO. Perbedaan mendasar keduanya adalah asuransi all risk bisa memberikan manfaat pertanggungan terhadap segala jenis kerugian, sedangkan asuransi TLO memberikan pertanggungan terhadap risiko kehilangan dan kerusakan parah. 

Jika kamu masih bingung menentukan asuransi mobil terbaik yang tepat, kamu bisa mengikuti kuis asuransi mobil terbaik dari Lifepal berikut ini. 

Tips dari Lifepal! Toyota Avanza merupakan salah satu tipe mobil yang cocok untuk keluarga. Hal ini karena bentuknya yang cukup lebar dan juga pas.

Namun, di samping itu, ada beberapa kekurangan mobil Avanza yang harus kamu ketahui. Salah satunya adalah kurangnya fitur keselamatan pada mobil Avanza

Brand_A_10_IBD
Brand_A_10_IBM

Sehingga, saat kamu mengendarainya kamu harus berhati-hati dan sebaiknya tidak mengendarai dalam kecepatan tinggi. Avanza diketahui tidak memiliki fitur ABS atau Anti-lock Braking System.

Dengan mengetahui masalah yang biasanya muncul pada mobil Avanza, kamu jadi tahu bagaimana cara mengatasi dan mengendarainya dengan baik. 

FAQ seputar masalah yang sering terjadi pada mobil Avanza

Berbagai masalah yang sering terjadi pada mobil Avanza diantaranya:

  • Suara kabin yang bising atau berisik
  • Motor fan yang mudah lemah
  • Suspensi mobil yang kurang mumpuni
  • Kurangnya fitur keselamatan pada mobil Avanza
  • Masalah pada radiator
  • Idle tinggi
  • Masalah aki mobil

untuk mengatasi bising kamu bisa mengganti karet pintu model jepit dengan model karet balon yang lebih tebal pada keempat sisi pintu mobil. Karet balon memang dinilai lebih elastis dan lebih bisa meredam bunyi. 

Kamu juga bisa menambahkan karpet pada bagian tengah, hal ini meniru desain New Avanza 2019 yang dinilai lebih berhasil meredam bising. 

Selain itu kamu juga bisa menambahkan karet pada firewall di bagian sisi bawah transmisi serta pemasangan insulator di bagian dek belakang. 

Agar finansial kamu tetap aman mengingat biaya perbaikan mobil tidak murah, sebaiknya kamu memiliki asuransi mobil.

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.