VIVA Tekno – Aplikasi kamera terbaik banyak dicari oleh para muda-mudi zaman sekarang. Sebab, mereka tidak akan pernah terlepas dari media sosial yang semakin hari semakin canggih.

Alasan sebagian besar orang mencari aplikasi pihak ketiga untuk menangkap sebuah objek ini lantaran kamera bawaan ponsel biasanya tidak sempurna.

Karenanya, pilihan aplikasi kamera pun semakin banyak saat ini, baik untuk pengguna Android maupun iOS. Kamu hanya perlu memilih aplikasi kamera yang sesuai dengan kebutuhan.

Dengan memakai aplikasi kamera terbaik ini tentu saja akan meningkatkan kualitas gambar yang ditangkap semakin keren untuk dipajang di media sosial.

Apalagi, beberapa kamera dilengkapi juga dengan fitur editing secara langsung dan tentu saja dengan kelebihan masing-masing aplikasi.

Dengan kehadiran mode tersebut, tentu kamu dapat melakukan beberapa penyesuaian, misalnya menambah kontras sampai memberikan efek vintage. Nah, berikut rekomendasinya yang dirangkum VIVA Tekno:

1. Camera Zoom FX Premium

7 Aplikasi Kamera Terbaik, Cocok untuk Kamu yang Suka Healing

Camera Zoom FX adalah sebuah aplikasi kamera terbaik yang bisa dengan cepat menangkap momen terbaik kamu. Aplikasi tersebut diklaim menjadi yang paling cepat untuk menangkap gambar di Android sehingga bisa dikatakan termasuk ke dalam aplikasi terbaik. Selain itu, Camera Zoom FX memiliki kemampuan mode speed burst yang bisa mengambil 50 gambar per detik. 

Tentu saja, mode tersebut akan sangat berguna ketika kamu mengambil gambar dengan tema aksi. Aplikasi ini juga mempunyai image stabilizer yang dapat mencegah kamu mengambil foto secara blur. Camera Zoom FX memiliki tampilan antarmuka yang cepat dan juga responsive. Ada juga kemampuan kontrol manual, pengambilan foto RAW, tool photo editing, collage maker, dan masih banyak yang lainnya. 

2. Camera FV-5 

Memotret dengan kamera ponsel.

Memotret dengan kamera ponsel.

Bila kamu mencari aplikasi foto profesional untuk mengganti aplikasi kamera Android, kamu hanya perlu menggunakan Camera FV-5. Dengan memakai aplikasi tersebut, kamu memiliki kontrol manual seperti DSLR. Sebagian besar parameter foto dalam Camera FV-5 dapat diatur, termasuk exposure, ISO, light metering, white balance, shutter speed, dan mode program. 

Layar pengambilan kamera juga memperlihatkan berbagai informasi yang berharga, misalnya exposure, aperture, dan f-stop. Bila kamu mau mengambil gambar pada malam hari, ada pula mode keren long exposure dalam aplikasi tersebut. Kamu bisa mengambil video timelapse. Semua foto dapat disimpan dalam bentuk JPG, 16-bit, RAW DNG, atau lossless PNG. Semua itu membuat kamera tersebut cocok sebagai aplikasi kamera terbaik. 

3. VSCO Cam

VSCO

VSCO Cam adalah sebuah aplikasi yang sudah sangat dikenal oleh kalangan pecinta street photo. Aplikasi tersebut dilengkapi dengan berbagai jenis preset yang dapat dipakai untuk mengubah tone foto supaya sesuai dengan hasil yang kamu inginkan. Selain itu, ada pula beberapa tool untuk menyunting foto, seperti exposure sampai untuk menyisipkan highlight dan shadow. 

Selain itu, VSCO adalah kamera yang sempurna dan dilengkapi dengan aplikasi pengolah gambar sekaligus. VSCO memiliki mode kamera yang minimalis, tapi dibekali dengan fitur yang bertenaga. Kamu dapat mengambil gambar dengan mode RAW, manual dengan mengatur white balance, ISO, dan exposure. Setelah menangkap gambar, langsung saja edit foto di aplikasi tersebut. 

4. Camera MX

Ilustrasi Foto di Hp

Aplikasi yang satu ini mempunyai interface yang sederhana tapi tetap bersih. Hal ini menjadikan foto yang diambil akan lebih fokus. Camera MX ini bukan hanya dipakai untuk menangkap foto atau mengambil video. Pengguna juga dapat memanfaatkan fitur Live Photos. Fitur tersebut mirip seperti yang ada di iOS yang akan bergerak saat shutter ditekan. 

Selain itu, ada juga fitur Burst Mode atau Shoot the Past yang memungkinkan kamu melihat foto yang diambil. Pengguna bahkan bisa mengetahuinya sebelum menekan shutter. Camera MX ini disebut sebagai salah satu aplikasi kamera terbaik lantaran kemampuannya yang diklaim tercepat ketika menangkap gambar di Android. 

Klaim ini ternyata didukung oleh kemampuan mode speed burst yang bisa menangkap 50 gambar per detiknya, seperti dilansir dari MakeUsOf. Bukan hanya itu saja, aplikasi tersebut juga dilengkapi dengan fitur menarik lainnya. Seperti salah satunya adalah image stabilizer yang bisa mencegah hasil fotonya blur. 

5. Cymera

Ilustrasi ponsel Sony dengan enam kamera

Ilustrasi ponsel Sony dengan enam kamera

Dapat dikatakan ini merupakan salah satu aplikasi kamera terbaik lantaran memadukan keseruan Snapchat dan Instagram. Kamu dapat menggunakannya untuk memotret sambil menambahkan foto dengan berbagai filter, stiker, dan masker yang menggemaskan. Kemudian ada pula alat untuk mengatur cahaya serta pilihan bingkai untuk mempercantik foto. 

Bila kamu menginginkan hasil foto yang lebih berbeda, salah satu aplikasi kamera terbaik ini juga mempunyai sebuah alat untuk menghapus jerawat, mengubah bentuk tubuh, sampai menambahkan kehalusan pada kulit. Kemudian kamu juga dapat menambahkan frame supaya foto tampak lebih cantik. Jika kamu menginginkan hasil foto yang terlihat berbeda, bisa menambahkan tools pengedit wajah. 

6. Polarr

Ngetes fitur kamera ponsel Oppo.

Ngetes fitur kamera ponsel Oppo.

Aplikasi ini sebenarnya adalah aplikasi untuk mengedit foto. Tapi, kamu juga dapat menggunakannya sebagai alat untuk memotret. Kemampuan ini tidak hanya untuk mengambil foto, meningkatkan kualitasnya lewat exposure, kontras, color balance, dan lain sebagainya. Aplikasi kamera terbaik ini juga bisa membuat hasil editan kamu menjadi preset yang terbaik.

Kedua komponen tersebut juga membuatnya cocok disebut sebagai aplikasi kamera terbaik untuk dipasang di ponsel kamu. Dalam aplikasi tersebut, kamu akan mempunyai banyak kemudahan dengan perangkat penyunting foto yang cukup lengkap.

7. Google Camera

Google Camera

Aplikasi yang dirilis langsung oleh Google dengan menggunakan fitur lengkap ini sangat cocok untuk digunakan oleh siapa saja. Kamu bisa menghasilkan sebuah foto yang menakjubkan dengan menggunakan fitur HDR+ dan Photosphere 360 derajat. Tapi sayang, tak semua ponsel bisa support untuk menggunakan aplikasi kamera terbaik yang satu ini.

Sebagai penyedia layanan fotografi, Google Camera dapat dipakai dengan leluasa. Terdapat beberapa fitur yang menjadi unggulan untuk aplikasi ini. Misalnya night sight yang memperlihatkan semua warna detail walaupun dalam keadaan gelap. Kemudian ada super res zoom untuk membuat gambar menjadi lebih jernih dan tajam.

Selain itu, ada pula top shot untuk merekomendasikan pengambilan foto terbaik. Portrait dipakai untuk menambahkan background bokeh. Google lens suggestion untuk memindai QR code, menerjemahkan, memindai dokumen, dan lain sebagainya. Kemudian yang terakhir adalah playground untuk menghias foto kamu dengan menggunakan stiker.

Artikel ini bersumber dari www.viva.co.id.