Sabtu, 23 Juli 2022 – 18:23 WIB

VIVA Edukasi – Seperti kisah-kisah nabi lainnya, Nabi Ibrahim AS juga memiliki kisah yang sayang untuk kita sebagai umat Muslim lewati begitu saja. Sebagai umat Muslim, kita wajib mengetahui dan mengimani kisah-kisah dari para nabi, seperti salah satunya kisah dari Nabi Ibrahim AS.

Hal ini bisa menjadi salah satu cara agar kita selalu meneladani sifat-sifat baik para Nabi. Sama seperti Nabi dan Rasul lainnya yang diberikan mukjizat yang luar biasa oleh Allah, Nabi Ibrahim pun sama demikian.

6 Mukjizat Nabi Ibrahim AS, Mampu Mengubah Pasir Jadi Makanan

Ilustrasi Nabi Ibrahim dan Ismail.

Seperti yang diketahui, bahwa Nabi Ibrahim AS merupakan seorang yang termasuk dalam golongan ulul azmi yakni seorang nabi yang ketabahannya sangat luar biasa dalam perjuangannya melakukan dakwah. 

Sejak lahir hingga akhir hayatnya, kisah Nabi Ibrahim menjadi salah satu wujud ketaatan dan ketauhidan yang sungguh luar biasa. Selain itu, dalam kisah Nabi Ibrahim juga ditemukan sosok nabi, pemimpin, ayah, dan suami yang luar biasa. Dikutip Human Appeal, inilah karakteristik Nabi Ibrahim yang terpuji:

  • Sosok pemimpin sejati. Allah SWT menjadikannya seorang imam, pemimpin umat, dan fokusnya adalah melanjutkan warisan ini untuk keturunannya dan ummat. 
  • Dia tahu cara menumbuhkan kepemimpinan dan berdoa kepada Allah SWT. Dia selalu terbuka saat memimpin dan melakukan kebaikan, serta menginspirasi orang lain untuk mengambil tindakan.
  • Dia juga tahu pentingnya memastikan bahwa dia tidak mengabaikan keluarganya dalam dakwah, karena dia adalah orang yang seimbang. Memiliki kepercayaan yang sempurna. Nabi Ibrahim sangat menginspirasi dalam hal ketakwaan dan ketauhidan.
  • Dia lebih fokus untuk menyenangkan Allah SWT dan menjadikan-Nya sebagai prioritas. Dalam perjalanan hidupnya, Nabi Ibrahim memiliki tawakul atau kepercyaan, karena hanya bergantung kepada Allah SWT dan tidak ada yang bisa menggoyangkan keimanannya.
  • Contoh kesabaran. Ketika dihadapkan pada tantangan, cobaan dan ujian, Nabi Ibrahim selalu bersikap tenang dan bijaksana. Ketika ayahnya menentang dia dan pesannya, dia tidak marah dan tetap sabar. Dia berbicara kepada ayahnya dengan cara yang lemah lembut.
  • Dia beribadah dengan Ihsaan (keunggulan). Banyak orang yang beribadah dengan tergesa-gesa, misalnya terburu-buru sholat. Namun, Nabi Ibrahim menunjukkan kualitas ibadah yang sangat istimewa sepanjang hidupnya.

Selain karakterisitik Nabi Ibrahim AS, ada juga mukjizat beliau yang perlu kita ketahui. Berikut ini akan kami bagikan sederet mukjizat Nabi Ibrahim AS yang luar biasa.

Artikel ini bersumber dari www.viva.co.id.