Dapatkan perlindungan finansial dari asuransi mobil supaya kamu terjamin dari mahalnya biaya servis dan perbaikan di bengkel. Berkat asuransi mobil, tabungan dan investasimu tetap aman.

2. Kampas kopling menipis

Salah satu penyebab kopling mobil bunyi saat dilepas adalah karena kampas kopling yang semakin menipis, hal ini biasanya karena faktor usia atau lama penggunaan mobil.

Munculnya bunyi ini akibat adanya gesekan antara plat kopling yang sudah menipis dengan flywheel.

Gesekan yang menimbulkan bunyi ini memang terbilang masih wajar, hanya saja ketika kondisi kampas kopling masih tebal bunyi yang dihasilkan tersebut masih bisa diredam. 

Lain halnya jika kampas kopling menipis, maka gesekan akan menghasilkan bunyi yang cukup keras bahkan terdengar di area kabin mobil. Selain bunyi, biasanya kamu juga akan mencium aroma hangus dari mobil. 

3. Release bearing kering dan aus

Pada bagian dalam release bearing terdapat komponen yang disebut grease, di mana grease ini bisa kering dan aus seiring dengan penggunaan mobil. 

Jika grease kering dan aus, maka gesekan yang terjadi akibat pergerakan kopling akan menimbulkan bunyi gemeretak terutama ketika pedal kopling dilepas atau diinjak. 

5 Penyebab Kopling Mobil Bunyi saat Dilepas

4. Permukaan pressure plate atau flywheel tidak rata

Kopling mobil terdiri atas 3 play, yaitu pressure plate, flywheel, dan plat kopling. Pressure plate dan flywheel memiliki peran sama sebagai pemberi putaran sementara, sedangkan plat kopling berfungsi sebagai penerima putaran.

Saat kopling bekerja maka akan terjadi gesekan antara flywheel, pressure plate dan plat kopling yang dapat menyebabkan lapisan kampas kopling mengikis.

Inilah mengapa lama-kelamaan kampas kopling akan habis seiring penggunaan mobil. Bahkan gesekan juga bisa mengakibatkan pressure plate dan flywheel menjadi terkikis akibat kampas kopling yang aus dan tidak segera dilakukan penggantian.

Pengikisan pada permukaan pressure plate dan flywheel akan membuat permukaan keduanya menjadi tidak rata, sehingga kopling akan bergetar dan menimbulkan bunyi serta getaran pada saat kopling dilepas. 

5. Plat kopling rusak

Penyebab kopling mobil bunyi saat dilepas yang terakhir adalah karena adanya kerusakan pada plat kopling atau sering juga disebut clutch disc assy.

Fungsi dari komponen ini adalah untuk mengirimkan energi dan juga putaran dari mesin ke arah transmisi yang menggunakan gaya gesek. 

Gaya gesek yang dihasilkan ini sangat besar, karenanya jika pengemudi mengoperasikannya dengan cara yang kurang tepat maka bisa menyebabkan kerusakan pada plat kopling sehingga dapat memunculkan bunyi.

Masalah lain yang kerap muncul pada kopling mobil

Selain masalah bunyi, kopling mobil juga bisa mengalami beberapa masalah lain terkait beberapa penyebab kopling mobil bunyi saat dilepas di atas. 

Apa saja masalah lain yang kerap dialami kopling mobil?

1. Tercium bau hangus

Kampas kopling yang sudah aus bisa menimbulkan bunyi, selain itu bisa juga menyebabkan adanya bau hangus seperti terbakar. Bau ini terjadi akibat gesekan antara kampas kopling yang sudah aus dengan flywheel.

Bau terbakar akan semakin menguat ketika mobil dikendarai di jalanan yang macet atau tanjakan. 

2. Sulit berpindah transmisi

Setelah masalah bunyi muncul, biasanya jika tidak segera diatasi akan menyebabkan masalah lain diantaranya sulit untuk pindah transmisi. Masalah ini pada awalnya dipicu oleh kampas kopling yang kian menipis. 

Sulit berpindah transmisi ditandai dengan kopling yang terasa berat dan jarak tekan menjadi lebih pendek. Kamu juga akan kesulitan mengendalikan transmisi karena tenaga mesin mobil belum sepenuhnya terputus.

3. Mobil tidak bertenaga

Kerusakan kopling juga bisa menyebabkan mobil menjadi tidak bertenaga, meskipun ruang bakar mobil terus bekerja. Istilah lain dari hal ini adalah ngempos, penyebabnya adalah pegas yang lemah dan habisnya kampas kopling. 

Akibat dari melemahnya tenaga mobil adalah mobil menjadi tidak kuat ketika berjalan di jalan tanjakan serta lemahnya akselerasi mobil. 

4. Kopling getar saat dilepaskan

Selain masalah bunyi pada kopling, kamu juga bisa menemukan gejala getaran yang cukup keras pada saat melepaskan kopling. 

Hal ini bisa terjadi akibat release bearing mengalami kerusakan dan harusnya segera diganti dengan yang baru.

Mengatasi penyebab kopling mobil bunyi saat dilepas dan biayanya

Jika terdapat beberapa gejala yang dicurigai sebagai kerusakan atau masalah pada kopling, maka sebaiknya bawa segera ke bengkel. 

Jika benar kopling mengalami masalah, umumnya bengkel akan menyarankan untuk penggantian satu set kopling. 

Mengapa jarang ada bengkel yang menyarankan penggantian per part? Karena apabila kopling mengalami kerusakan dan tidak diganti satu set maka biasanya komponen lain akan ikut rusak juga dalam waktu dekat. 

Hal ini tentu selain membuat tenaga dan waktu, juga membuang lebih banyak uang. itulah mayoritas masalah kopling biasanya diselesaikan dengan penggantian satu set kopling baru.

Adapun biaya untuk penggantian kopling adalah mulai dari Rp 2 jutaan dan bisa juga lebih.

Pentingnya memiliki asuransi mobil

Asuransi secara umum berfungsi untuk memberikan pertanggungan ganti rugi apabila terjadi risiko yang tidak diinginkan atas suatu aset yang dimiliki. 

Sedangkan lebih sempit lagi, asuransi mobil juga memberikan fungsi yang sama untuk memberikan perlindungan terhadap aset kendaraan atau mobil yang kamu miliki. 

Dengan asuransi mobil, maka kamu tak perlu pusing memikirkan kerugian yang besar jika terjadi risiko baik yang kecil maupun yang besar misalnya saja akibat kecelakaan, tindak kejahatan, bencana alam dan sebab lainnya. 

Selain itu asuransi mobil juga memberikan manfaat lain, seperti misalnya:

  • memberikan biaya ganti rugi untuk biaya perbaikan mobil 
  • membantu menjaga kondisi finansial terutama saat terjadi risiko
  • memberikan manfaat tambahan seperti misalnya pertanggungan terhadap kecelakaan diri

Jika kamu masih bingung menentukan jenis asuransi mobil mana yang cocok untukmu, kamu bisa mengikuti kuis asuransi mobil terbaik berikut ini.

Brand_A_10_IBD
Brand_A_10_IBM

FAQ seputar penyebab kopling mobil bunyi saat dilepas

Beberapa penyebab kopling mobil bunyi saat dilepas diantaranya:

  • pegas kopling lemah
  • kampas kopling menipis
  • release bearing kering dan aus
  • permukaan pressure plate atau flywheel tidak rata
  • plat kopling rusak

Masalah lain yang sering ditemui kopling mobil:

  • Adanya bau hangus terbakar
  • mobil tidak bertenaga
  • kopling getar saat dilepaskan
  • sulit pindah transmisi

Biaya untuk penggantian kopling adalah mulai dari Rp 2 jutaan dan bisa juga lebih. Agar tabungan kamu aman dari biaya perbaikan mobil yang tidak murah, jangan lupa untuk beli asuransi mobil, ya. Beli asuransi mobil di Lifepal dan dapatkan diskon hingga 25%.

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.