Pada dasarnya, penyebab ban mobil habis sebelah karena terlalu sering bertemu langsung dengan permukaan jalan yang kasar, rusak, berlubang, dan sebagainya. Hal inilah yang menjadi faktor utama ban mobil cepat habis.

Tapi nyatanya, faktor jalanan tidak selalu menjadi penyebab ban mobil habis sebelah, lho. Ada penyebab lainnya yang perlu kamu perhatikan. Temukan jawabannya di bawah ini, ya!

3 hal yang menjadi penyebab ban mobil habis sebelah

Pada dasarnya, ada 3 (tiga) hal yang bisa menjadi penyebab ban mobil depan habis sebelah. Ketiganya ini bisa terjadi karena faktor kelalaian. 

Maka dari itu, ada baiknya jika kamu memperhatikan dan memastikan ketiga hal ini di ban mobil kesayangan. Berikut tiga hal yang menjadi penyebab ban mobil habis sebelah.

Sudut kemiringan yang tidak lurus

Penyebab ban mobil depan habis sebelah yang pertama biasanya karena sudut kemiringan yang tidak lurus. Artinya, permukaan ban tidak menyentuh jalan secara bersamaan. Sehingga ada bagian ban yang lebih condong keluar atau bersinggungan dengan aspal.

Hal inilah yang menjadi penyebab ban mobil habis sebelah. Karena sisi dalam ban mobil yang bersinggungan lebih keras dengan jalanan dan membuatnya menjadi cepat aus atau terkikis.

Umumnya hal ini bisa terjadi ketika proses pengaturan toe in dan toe out pada spooring ban mobil. Hal yang perlu kamu perhatikan di sini adalah untuk segera mengganti ban mobil yang sudah botak, untuk menghindari pecah ban di kemudian hari.

Jangan sampai biaya perbaikan mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaran. Manfaatkan asuransi mobil all risk untuk mendapatkan jaminan ganti rugi atas biaya perbaikan mobil secara menyeluruh di bengkel terbaik.

Tekanan Angin

Tentu kamu sudah mengetahui kalau setiap ban mobil memiliki aturan untuk tekanan anginnya masing-masing. Nah, jika diberi tekanan yang kurang, maka bisa menjadi penyebab ban mobil habis sebelah dalam.

Sedangkan jika tekanan angin terlalu berlebihan, maka bagian tengah roda ban bisa cepat termakan dan bisa menyebabkan ban pecah. 

Maka dari itu, ada baiknya jika kamu mengikuti aturan terkait tekanan angin yang sudah ditentukan.

… KLIK UNTUK BACA SELENGKAPNYA →
Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.