Di Jakarta, toko ban mobil sudah banyak dijumpai sehingga kamu tidak perlu bingung mencari lokasi yang terdekat. Toko ban bisa jadi tempat mencari ban atau velg mobil pengganti.

Berbicara tentang ban, komponen ini mempunyai peran yang vital pada sebuah kendaraan. Secanggih apapun mobil dan jenisnya jika bannya tidak maksimal dalam mencengkeram medan, maka sangat disayangkan.

Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu memeriksa ban sebelum berkendara. Dengan hal tersebut, kejadian yang tidak diinginkan bisa diminimalisir. 

Jika menemukan tanda-tanda tidak normal pada ban, bawalah mobil kamu ke toko ban. Artikel ini akan membahas daftar toko ban mobil terdekat.

Rekomendasi toko ban mobil Jakarta

Jangan sungkan untuk segera mengganti ban jika kondisinya sudah tidak layak pakai. Lakukanlah demi keselamatan saat berkendara. 

Kini banyak penjual ban mobil terdekat yang menawarkan jasa pasang ban baru. Nah inilah rekomendasi toko atau bengkel ban mobil terdekat di Jakarta yang bisa dijadikan pilihan.

1. Bridgestone TOMO

Mendengar namanya pasti sudah tidak asing lagi. Bridgestone TOMO memang sudah terkenal sebagai penjual ban. 

Pantas saja, toko mobil ini sudah tersebar di seluruh penjuru nusantara. Soal kualitas, gak usah dipertanyakan lagi. Layanan yang biasanya dihadirkan toko mobil ini adalah balancing, spooring, tambal ban, dan tune-up.

Untuk wilayah Jakarta, toko ban Bridgestone TOMO ada di Jakarta Timur, Barat, Selatan, Utara, dan Pusat. Unknya, untuk mengetahui dimana saja lokasi toko ban mobil terdekat Bridgestone TOMO, kamu bisa mencarinya menggunakan aplikasi TOMONet. 

Jangan khawatir, Lifepal punya daftar alamat toko ban mobil Bridgestone TOMO di Jakarta Barat dan Jakarta Selatan, serta rekanannya.

  • 1 Speed Tire Center Jakarta: Jalan Danau Sunter Utara Blok A36A No. 20, Sunter Agung, Jakarta Utara
  • 3S Tire Center Tanjung Duren: Jl. Tanjung Duren Raya 147, Tj. Duren Utara, Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat 11470
  • Andala Ban – Panglima Polim: Jl. Panglima Polim Raya No.62 – Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
  • Andala Ban – Radio Dalam: Jl. Radio Dalam Raya No. F1, Jakarta Selatan

Perlu diketahui, jam operasional Bridgestone TOMO rata-rata buka pukul 08:30-17:00 setiap hari Senin sampai Sabtu. Di hari Minggu, toko mobil ini tidak membuka layanan.

2. Nawilis

Nawilis adalah satu dari sekian banyak toko ban mobil terdekat di Jakarta. Toko ban mobil Nawilis sendiri sudah beroperasi sejak 57 tahun lalu. 

Segala macam kebutuhan terkait ban ada di sini. Layanan yang bisa kamu dapatkan di antaranya tambal ban bocor, spooring balancing, ganti ban mobil dan velg baru. 

Berikut alamat Nawilis, toko ban mobil Jakarta Selatan dan toko ban mobil di Jakarta Pusat

  • Nawilis Jakarta Selatan: Jl. Radio Dalam Raya No. 3A-B, Jakarta Selatan, Telp: (021) 7227331/(021) 7227330
  • Nawilis Jakarta Pusat Jl. Tanah Abang 1 no. 12A, Jakarta Pusat, Telp: (021) 3850025/(021) 3850026

3. VIP Auto Style

Toko ban mobil VIP Auto Style menyediakan berbagai merek dan spesifikasi ban mobil yang kamu butuhkan. 

Harganya bervariasi, dari yang termurah hingga termahal. Di sini menyediakan juga ban impor dari Jepang. Pilihan velg-velg HSR di VIP Auto Style sangat lengkap. Kamu tinggal menyesuaikannya dengan spesifikasi mobil.

Buat kamu yang berada di Jakarta Utara,  VIP Auto Style bisa dikunjungi di Jl. Boulevard Raya Blok Qj5 No.16-17 Kelapa Gading, Jakarta Utara, Telp: 021-4584 7002/0811 9620 6353

4. Ottoban

Ottoban adalah salah satu distributor ban mobil yang lumayan lengkap di Indonesia. Tidak hanya di Jakarta, Ottoban juga hadir di beberapa daerah di Indonesia seperti Bandung, Bali, Palembang, dan Surabaya. 

Namun demikian, cabang toko ban Ottoban paling banyak ada di Jakarta.

Kebutuhan yang berabu ban pasti akan terpenuhi di sini. Ottoban menjual ban dari berbagai merek dan velg mobil impor. 

Buka mulai pukul 09.00 sampai 18.00, toko ini juga melayani tukar tambah ban atau velg. Di Jakarta, Ottoban tersebar di beberapa tempat, di antaranya:

  • Ottoban Warung Buncit: Jl. Warung Jati Barat No.43, RT.005/RW.5, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan
  • Ottoban Kelapa Gading: Jl. Raya Kelapa Nias Blok QB5 No.5, RT.2/RW.6, Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara
  • Astro Motorsport Bintaro: Jl. RC. Veteran Raya No.102, RT.2/RW.11, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan

Jika kamu kebetulan tinggal di daerah Bandung dan sedang mencari ban bekas berkualitas, cari tahu rekomendasi ban mobil bekas terbaik di Bandung.

5. Jayaban Autofashion

JB Autofashion atau Jayaban Autofashion sudah tersohor di kalangan pecinta mobil. Di tempat ini biasanya mereka memodifikasi ban dan velg kendaraan. 

Di toko ban mobil terdekat yang berlokasi di kawasan MGK Kemayoran ini, hampir semua jenis velg dan ban untuk kebutuhan mobil yang beredar di Indonesia tersedia.

Uniknya, Jayaban Autofashion juga melayani pembelian ban dan velg secara kredit. Langsung saja datang ke Jayaban Autofashion di Mal MGK Kemayoran Lantai 6 Blok G2 No. 1-3, Gunung Sahari, Kemayoran, Jakarta Pusat, Telp: 021-29371451

6. Permaisuri Ban

Permaisuri Ban adalah jawaban jika kamu bertanya toko ban mobil mana yang menjual ban premium dan original. 

Tidak sedikit orang merekomendasikan tempat ini. Di toko ban ini, pelanggan bisa mendapatkan semua kebutuhan terkait ban mobil apapun jenisnya.

Bahkan, kamu bisa lho memesan velg dengan spesifikasi khusus langsung dari produsennya di tempat ini. 

Sejak awal berdirinya tahun 1977 toko ban mobil ini, lokasinya hanya di kawasan Jakarta Selatan, namun sekarang Permaisuri Ban sudah memiliki banyak cabang di Jakarta. 

Bagi warga Jakarta Utara pun sudah bisa menemukan toko ban mobil Jakarta Utara dari Permaisuri Ban. Berikut daftar alamatnya:

  • Permaisuri Mahakam: Jalan Mahakam I No.5 Jakarta Selatan, Telp: 021 – 721 1239, WhatsApp: 0817 21 1239
  • anekASpeed: Jalan Radio Dalam F4, Jakarta Selatan, Telp: 021 – 720 1608, WhatsApp: 0822 1112 1608
  • Aneka Putra Santosa: Jalan Kapten Tendean no.5, Jakarta Selatan, Telp: 021 – 521 2433
  • Permaisuri Sunter: Jalan Danau Sunter Selatan No.48 Jakarta Utara, Telp: 021 – 651 1256, WhatsApp: 0812 1121 1239

Untuk menjawab tantangan perkembangan zaman dan teknologi, Permaisuri Ban kini menghadirkan layanan berbasis online. 

Konsumen bisa menikmati beragam layanan mulai dari memilih hingga mengganti velg melalui platform berbasis website yang telah mereka sediakan.

7. Tirta Motorsport

Tirta Motorsport mungkin saja jadi toko ban murah terdekat bagi kamu yang tinggal di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

Di toko ban ini, kamu bisa mendapatkan ban mobil dengan harga terjangkau dari berbagai merek ban seperti Accelera, Forceum, Zeetex, Yokohama, Dunlop, dan Bridgestone.

Selain menjual ban mobil, Tirta Motorsport melayani penggantian velg mobil. Di sini pilihan velg HSR cukup lengkap dan hadir dengan berbagai macam model dan ukuran. Toko ini buka setiap hari pukul 08.30 – 22.00.

Saat ini Tirta Motosport berada di Jl. Wolter Monginsidi No.121, RT6/RW2, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, 0811-9620-6332

8. Project Wheel

Jika kamu berdomisili di seputar Jakarta Timur dan sedang mencari toko serta bengkel ban mobil terdekat, maka silakan sambangi Project Wheel Jakarta. 

Karena di tempat ini banyak sekali pilihan ban dan velg mobil yang bisa disesuaikan dengan spesifikasi kendaraan kamu.

Sebagai toko ban mobil Jakarta Timur, alamat Project Wheel ada di Jl. Dewi Sartika No.260, Cawang, Kramat jati, Jakarta Timur, Telp: 0811 9621 2479

9. Metro Rims

Kalau toko ban mobil terdekat yang satu ini juga pasti sudah gak asing lagi bagi kalangan anam mobil dan pecinta otomotif Jakarta Selatan. 

Cukup banyak mobil-mobil modifikasi keren yang ban beserta velgnya bersumber dari toko ban mobil Metro Rims. 

Selain pilihannya lengkap, harga yang ditawarkan di tempat ini juga cukup bersaing. Metro Rims bisa dikunjungi Jl. H. Nawi Raya No.5a, RT.13/RW.2, Gandaria, Cilandak, Jakarta Selatan, Telp: 0811 9620 6337. 

10. Bravo Motorsport

Bagi yang berlokasi di kawasan Gambir, Jakarta Pusat, toko ban mobil Bravo Motorsport bisa dijadikan jawaban untuk menjawab kebutuhan ban mobil kamu. 

Tempat ini menjual berbagai merek ban mobil yang bisa disesuaikan dengan spesifikasi ban mobil kamu. 

Selain itu ragam pilihan velg HSR pun tersedia dengan lengkap. Adapun alamat Bravo Motorsport di Jl. Sukarjo Wiryopranoto 12B Sawah Besar, Gambir, Jakarta Pusat, Telp: 021-3459209/0811 9621 2490

11. TRIPANCA Tire Service

Rekomendasi bengkel ban mobil terdekat selanjutnya adalah TRIPANCA Tire Service. Berdiri sejak 1981, TRIPANCA Tire Service berpengalaman lebih dari 30 tahun untuk menangani kasus-kasus kerusakan ban. Jadi, kamu gak perlu khawatir.

TRIPANCA Tire Service digadang sebagai salah satu pelopor jasa perbaikan ban di Indonesia. Toko ini terkenal handal dalam mengkombinasikan dasar pengetahuan tentang ban dan pengalaman di bisnis reparasi ban selain didukung oleh teknologi terbaik.

Kerusakan yang biasa terjadi pada telapak ban, siku hingga sisi samping ban, baik yang disebabkan oleh paku, baut, ranjau, maupun beragam benda tumpul lainnya bisa diselesaikan di bengkel ini. 

Toko ban di Jakarta Barat ini dipersenjatai teknologi TP Patch Eco yang mampu memperbaiki ban bocor secara permanen sehingga tidak akan bocor lagi di spot yang sama.

Kamu bisa langsung datang ke TRIPANCA Tire Service di Jl. Kebayoran Lama Raya No. 61 Jakarta Barat 11560. 

Tanda ban mobil harus diganti

Permasalahan pada ban bukan hanya datang dari ban yang sudah tipis. Ada juga beberapa faktor lain yang mengharuskan kamu mengganti ban demi keselamatan berkendara.

Ban yang sudah tipis

Mengukur tebal tipisnya ban bisa kamu lihat dengan cara mengamati TWI (Tire Wear Indicator). Caranya dengan mengecek apakah ketebalan tapak atau alur ban sudah aus dan rata dengan indikator yang ada di tengah alur maupun di sisi ban.

Jika demikian, itu berarti kamu harus mempertimbangkannya untuk mengganti ban. Hal tersebut penting dilakukan mengingat ban yang alurnya sudah terlalu tipis tidak dapat mencengkram aspal dengan maksimal sehingga menjadi licin dan berbahaya.

Benjolan pada ban

Pernahkan kamu menjumpai benjolan pada ban? Biasanya benjolan disebabkan oleh kendaraan yang menginjak polisi tidur atau batu saat melaju dengan kecepatan tinggi. 

Alhasil, hal ini membuat komponen pada ban putus dan karet tidak mampu menahan tekanan udara di dalam ban. Jika sudah seperti ini, maka harus segera ganti ban mobil.

Umur ban

Ternyata umur ban adalah salah satu faktor mengapa kamu harus mengganti ban. Bukan tanpa alasan, ban yang sudah berumur atau tua karetnya akan mulai mengeras sehingga daya cengkram ban berkurang. Lantas, ganti ban harus berapa lama?

Untuk mengetahui apakah ban kamu sudah tua atau belum adalah dengan membaca angka yang ada di sisi ban. Angka itu merupakan kode ban mobil yang mengindikasikan usia ban.

Biasanya yang tertera di bagian itu adalah hari ke sekian di tahun tertentu. Misalnya, 09 dan 11, berarti ban tersebut dibuat di minggu ke 09 tahun 2011.

Berapa lama harus ganti ban mobil?

Ban mobil sebaiknya diganti secara berkala untuk mengurangi risiko kerusakan ban yang parah dan membahayakan saat dibawa berkendara. Tapi, ganti ban mobil perlu berapa lama?

Penggantian ban mobil dianjurkan untuk dilakukan setiap ban sudah digunakan selama 3 tahun. Ban yang sudah berusia 3 tahun biasanya sudah tidak lentur dan mengeras, menyebabkan ketidaknyamanan saat berkendara.

Meskipun secara fisik kondisi ban masih terlihat baik, tapi sebaiknya tetap lakukan penggantian ban apabila ban sudah digunakan selama tiga tahun.

Harga ban mobil terbaru 

Setelah mengetahui toko ban Jakarta dan tanda-tanda ban harus diganti, selanjutnya adalah mencari tahu berapa harga sesuai merk ban mobil. Berikut daftar harga ban mobil:

1. Accelera

  • Accelera Gamma 165/65 R13: Rp390 ribu
  • Accelera Eco Plush 185/70 R14 H: Rp410 ribu
  • Accelera Eco Plush 155/65 R14 H: Rp425 ribu
  • Accelera Ecoplush 195/ 70 R14: Rp456 ribu
  • Accelera Acc Beta Ban Mobil: Rp467 ribu
  • Accelera Eco Plush 185/65 R15: Rp482 ribu

2. Achilles

  • Achilles Platinum 175-70/R13: Rp478 ribu
  • Achilles Platinum 195/60 15: Rp475 ribu
  • Achilles Platinum 195/60 15: Rp525 ribu
  • Achilles ATR Sport 195/55 R15: Rp590 ribu
  • Achilles Platinum 175/65 R14: Rp578 ribu
  • Achilles 122 185/70-R14: Rp 582 ribu

3. Bridgestone

  • Bridgestone Ecopia EP150 175/65 R14: Rp595 ribu
  • Bridgestone B-250 185/70R14: Rp582 ribu
  • Bridgestone Ecopia EP150 195/65R15: Rp582 ribu
  • Bridgestone Techno 175/70 R13 82T: Rp598 ribu
  • Bridgestone Ecopia MPV1 185/65SR15: Rp596 ribu

4. Goodyear

  • Goodyear Assurance Duraplus 175/45R14: Rp520 ribu
  • Goodyear Assurance Triple Max 185/55R15: Rp585 ribu
  • Goodyear Assurance Triple Max 2 185/65R15: Rp550 ribu
  • Goodyear Assurance Duraplus 185/45R15: Rp535 ribu
  • Goodyear Assurance Triple Max 2 175/65R14: Rp485 ribu

5. GT Radial

  • Champiro Bxt Plus 205/75 R15: Rp920 ribu
  • Champiro Bxt Plus 165/70 R13: Rp500 ribu
  • Champiro Bxt Plus 185/70 R14: Rp625 ribu
  • Champiro BXT Pro 225/60 R15: Rp921 ribu
  • Champiro BXT Pro 175/60 R13: Rp541 ribu
  • Champiro BXT Pro 205/55 R16: Rp958 ribu
  • Champiro Eco 185/65/ R14: Rp650 ribu
  • Champiro Eco 185/60/ R13: Rp581 ribu
  • Champiro Eco 185/60 R15: Rp749 ribu
  • Champiro Eco 185/70/ R13: Rp629 ribu

6. Michelin

  • Michelin Energy XM2 195/70 R14: Rp820 ribu
  • Michelin Agilis 185-R14: Rp870 ribu
  • Michelin Energy XM2 205/65 R15: Rp970 ribu
  • Michelin Energy XM2 195/60 R14: Rp975 ribu
  • Michelin Primacy 3ST 195/65-R15: Rp976 ribu
  • Michelin Primacy 3ST 195-65 R15: Rp981 ribu

Bengkel ganti ban mobil terdekat

Toko ban mobil mungkin bisa jadi tempat untuk mendapatkan ban mobil baru maupun ban mobil pengganti yang kamu perlukan.

Tapi, kalau kamu mengalami masalah dengan ban mobil dan perlu jasa tambal sekaligus ganti ban mobil, maka kamu bisa mengunjungi bengkel. Berikut ini beberapa daftar bengkel tambal dan ganti ban mobil terdekat di Jakarta. 

Bengkel Alamat & Kontak
Anugrah Sejahtera Jl. Pluit Karang Karya Tim. No.12A, RT.7/RW.16, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara 14440

085212677360

Tambal Ban WIRO CS Jl. Pluit Timur Raya No.Kav 2, RT.10/RW.9, Pluit, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara 14450

081314731734

Bengkel Tambal Ban Sido Makmur Jl. Pahlawan Revolusi, RT.4/RW.3, Pd. Bambu, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur 13350
Victory Ban 1, Jl. Jend. Basuki Rachmat No.12, RW.9, Rw. Bunga, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur 13350

081210731513

Bengkel Tambal Ban Golan & Denis Jl. TB Simatupang No.34, RT.5/RW.9, Ps. Minggu, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan 12520
Patch & Repair Tires Shop Jl. Panjang Arteri Klp. Dua Raya, RT.1/RW.8, Sukabumi Sel., Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat 11560

087780423562

Tambal Ban Garden Jl. Raya Daan Mogot No.25, RT.12/RW.2, Kedaung Kali Angke, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat 11710
Bengkel Tambal Ban Motor & Mobil Yunus Jl. Kyai Haji Zainul Arifin No.55, RW.15, Krukut, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat 10130

Lindungi mobil kesayangan dengan asuransi

Risiko pengeluaran yang banyak bisa saja terjadi karena kecelakaan atau saat kamu membawa mobil kamu ke bengkel untuk servis.

Tips dari Lifepal! Nah, ada cara untuk meminimalisir pengeluaran yaitu dengan memanfaatkan asuransi mobil. Manfaat asuransi mobil yang diberikan sangat menguntungkan karena bisa menjamin dan membayar perbaikan yang sangat mahal.

Kalau sudah pakai asuransi mobil, akan ada premi yang perlu dibayar secara berkala. Hitung berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil dari Lifepal berikut ini.

Pengajuan klaim asuransi pun bisa dilakukan dengan mudah, yaitu kamu hanya perlu membawa mobilmu ke bengkel rekanan asuransi dan langsung ditangani.

Pertanyaan seputar toko ban mobil

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.