Kerusakan pada AC mobil bisa menyebabkan AC mobil jadi tidak dingin hanya keluar angin. Jika terus dibiarkan, pengalaman berkendara tentu jadi tidak maksimal. Karena itu, kamu perlu mencari tahu penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin.

Setelah mengetahui penyebab AC tidak dingin hanya keluar angin, kamu jadi bisa menentukan seperti apa upaya penanganan yang paling tepat untuk mengatasi hal ini. 

Kondisi AC mobil panas hanya keluar angin tentunya bisa menganggu konsentrasi berkendara kamu. Terlebih saat cuaca sedang terik dan macet.

Berikut ini hal-hal yang harus kamu ketahui terkait penyebab AC mobil tidak keluar angin dan cara mengatasinya.

Apa penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin

Ada beberapa kemungkinan yang menjadi alasan AC mobil tidak dingin. Berikut ini beberapa alasan kenapa AC mobil tidak dingin dan hanya keluar angin. 

1. Kompresor AC rusak

Pada AC mobil, kompresor berfungsi untuk memompa freon supaya freon dapat disalurkan ke seluruh bagian AC. Kompresor ini merupakan jantung dari sistem AC pada mobil. 

Setelah digunakan dalam waktu yang lama, kompresor AC bisa mengalami kerusakan. Kondisi ini ditandai dengan sight glass berwarna hitam yang terlihat pada kompresor ketika mesin mobil dibuka. 

2. Kebocoran freon

Freon merupakan komponen pada AC yang berfungsi untuk memberikan udara dingin. Freon akan menyerap udara yang hangat kemudian mendinginkannya, kemudian udara yang sudah dingin akan ditiupkan kembali ke dalam mobil. 

Mungkin saja, freon di AC mobilmu mengalami kebocoran. Selain itu, mungkin juga freon di mobilmu sudah berkurang atau habis. Ini bisa menyebabkan AC mobil tetap keluar, angin tapi tidak dingin. 

3. Filter AC tersumbat

Sumbatan pada filter AC juga bisa menjadi penyebab ac mobil tidak dingin hanya keluar angin. Filter ini sebenarnya berperan sebagai tempat untuk menampung freon yang sudah cair. 

Terkadang, filter ini bisa saja tersumbat akibat penumpukan kotoran atau karena sudah digunakan dalam waktu yang lama. Sumbatan ini akan mengakibatkan penyaringan freon yang kurang maksimal, sehingga membuat AC mobil tidak dingin dan cuma keluar angin.  

4. Kondensor tersumbat

Bukan hanya filter AC mobil saja yang bisa tersumbat, tapi juga kondensor. Kondensor sebenarnya berfungsi untuk mengubah gas freon kembali menjadi cairan. 

Kondensor bisa saja tersumbat karena adanya kotoran atau serpihan lainnya. Sumbatan ini akan menghalangi kinerja kondensor dalam mencairkan gas freon. Akibatnya, AC mobil tetap akan mengeluarkan angin, namun tidak akan membuat udara di dalam mobil menjadi dingin. 

5. Kerusakan pada kipas 

Di dalam mesin AC mobil, terdapat kipas yang bekerja untuk memberikan udara dingin ke dalam mobil. Kipas ini terletak di bagian luar AC dan bisa dilihat dengan mudah.

Coba perhatikan, apakah kipas AC mobilmu masih bisa berfungsi dengan baik. AC mobil yang rusak tidak akan bisa digerakkan secara normal, sehingga udara dingin pun tidak bisa tersampaikan dengan baik. 

6. Gangguan pada sensor AC mobil

Adanya masalah pada sensor AC mobil juga bisa menjadi penyebab ac mobil tidak dingin hanya keluar angin. Setiap AC mobil memang dilengkapi dengan sensor yang bertugas untuk mendeteksi udara dingin dan panas dalam mobil. 

Pemakaian dalam waktu lama bisa menyebabkan sensor AC rusak, sehingga tidak mampu membedakan udara yang dingin dan tidak. Kerusakan pada sensor AC bisa disebabkan oleh kabel-kabel AC yang putus. 

7. Kerusakan pada akumulator AC

Akumulator AC mobil merupakan komponen yang berguna untuk mengumpulkan serta menyerap kelembaban. Setelah digunakan dalam waktu lama, kelembaban ini bisa menumpuk pada akumulator, menyebabkan akumulator AC mobil menjadi rusak. 

Ketika akumulator rusak, maka freon AC mobil rentan terhadap kebocoran. Freon yang bocor secara otomatis akan membuat AC mobil keluar angin tapi tidak dingin. 

8. Adanya tekanan pada sistem AC

Kompresor AC mobil biasanya diisi dengan oli. Oli tersebut berfungsi untuk membantu kompresor agar bisa bekerja dengan baik. Tapi, jika oli diisi dalam jumlah yang terlalu banyak, maka akan ada tekanan berlebih pada sistem AC. 

Inilah yang menjadi salah satu penyebab ac mobil tidak dingin hanya keluar angin. Karena, tekanan dari oli yang terlalu banyak justru akan membuat kompresor menjadi semakin panas. 

9. Kerusakan termostat

Seperti AC pada umumnya, AC mobil juga dilengkapi dengan termostat. Termostat merupakan alat pengukur suhu yang bekerja secara otomatis. 

Dalam hal ini, termostat di AC mobil akan secara otomatis mendeteksi apakah udara di dalam mobil sudah dingin atau belum. Ini membuat mesin AC tidak bisa dinyalakan secara otomatis. 

10. Magnetic clutch rusak

Magnetic clutch adalah komponen pada AC mobil yang terdapat di kompresor, berfungsi untuk menghubungkan mesin dengan kompresor. Magnetic clutch yang rusak menjadi salah satu penyebab ac mobil tidak dingin hanya keluar angin. 

Kerusakan pada magnetic clutch umumnya disebabkan oleh pemakaian AC mobil yang tidak benar. Contohnya saat AC mobil terbiasa dinyalakan dengan suhu yang kelewat rendah ketika mobil sedang melaju di kecepatan tinggi.

Apa yang harus dilakukan jika AC mobil tidak dingin?

Jika sudah mengetahui penyebab AC mobil hanya keluar angin saja, sekarang waktunya untuk melakukan upaya mengatasinya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan kinerja sistem AC mobil seperti semula. 

1. Rutin mengganti freon AC

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, ketika sudah digunakan dalam waktu lama, freon bisa saja menjadi berkurang atau bahkan habis. Selain itu, terkadang freon juga bisa mengalami kebocoran.

Untuk membuat AC mobil tetap dingin, sebaiknya gantilah freon AC mobilmu secara rutin. Jangan biarkan sampai AC mobil sudah tidak dingin sama sekali. 

2. Bersihkan filter AC

Cara mengatasi AC mobil tidak dingin hanya keluar angin lainnya adalah dengan rutin membersihkan filter AC. Setelah mobil digunakan, periksa filter udara di AC. 

Jika terdapat kotoran, segera bersihkan. Jangan biarkan kotoran-kotoran itu sampai menumpuk di filter. Kamu bisa membersihkan filter AC sendiri tanpa perlu membawa mobil ke bengkel. 

3. Nyalakan AC ketika mobil sudah berjalan

Salah satu penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin adalah pemakaian AC yang keliru. Kebiasaan menyalakan AC secara langsung ketika mesin baru dinyalakan bisa membuat mesin AC cepat rusak dan menjadi tidak dingin.

Sebaiknya, tunggu sampai mobil sudah berjalan, baru nyalakan AC mobil. Karena, ketika mesin sudah mobil sudah berputar dengan cepat, kompresor AC bisa bekerja dengan lebih baik untuk memberikan udara dingin.

Berapa biaya servis AC mobil?

Sebenarnya, biaya perbaikan AC mobil berbeda-beda, tergantung tingkat keparahannya. Selain itu, penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin juga akan menentukan berapa besar biaya perawatan yang perlu dibayar.

Umumnya, jika perbaikan hanya melibatkan penambalan gas freon, maka estimasi biayanya sekitar Rp150-450 ribu. Sementara, jika ada komponen lain yang bermasalah, maka biaya perbaikannya mencapai Rp400-900 ribu. 

Jika kerusakan mesin AC sudah sangat parah hingga membuat AC mobil tidak nyala sama sekali, maka kamu perlu mengganti AC mobil dengan yang baru. Biaya penggantiannya sekitar Rp1,5-3 juta. 

Kamu bisa membaca lebih detail di artikel Lifepal tentang harga service ac mobil untuk mendapatkan informasi seputar servis mobil dengan berbagai tipe kerusakan maupun komponen. 

Tips merawat AC mobil agar awet

Untuk menghindari kerusakan parah pada AC mobil, kamu bisa melakukan beberapa upaya perawatan AC mobil secara berkala. Caranya dengan menerapkan tips-tips berikut ini. 

1. Parkir mobil di tempat yang tertutup

Ketika kamu memarkirkan mobil di tempat yang terbuka, mesin mobil, termasuk mesin AC, akan terpapar oleh sinar matahari secara langsung. Ini akan membuat mesin menjadi panas. 

Saat AC dinyalakan pun, angin yang ditiupkan tidak akan terasa sejuk, karena sudah terpapar oleh udara panas dari luar. Jika hal ini terus terjadi, maka mesin AC mobil bisa lebih cepat rusak.

2. Lakukan perawatan rutin

Sebelumnya, telah disebutkan apa saja yang bisa menjadi penyebab ac mobil tidak dingin hanya keluar angin, serta cara untuk mengatasinya. 

Karena kamu sudah mengetahui hal-hal tersebut, maka mulai sekarang biasakan untuk melakukan perawatan AC mobil secara rutin. Caranya dengan rutin membersihkan serta memeriksa apabila ada penumpukan kotoran di berbagai komponen AC. 

Penting punya asuransi mobil

Melakukan perawatan secara berkala terkadang tidak bisa dilakukan seorang diri. Ada beberapa upaya pembersihan komponen AC mobil yang hanya bisa dilakukan secara maksimal oleh teknisi yang profesional.

Oleh sebab itu, kamu akan memerlukan dana untuk bisa membawa mobil ke bengkel guna mendapatkan perawatan rutin. Adanya asuransi mobil akan memudahkan kamu untuk membiayai biaya perbaikan AC mobil yang bermasalah tersebut.

Tanpa asuransi mobil, biaya perbaikan kendaraan pasti akan terasa lebih berat. Itulah mengapa sebaiknya asuransikan mobilmu sejak awal. 

Cek besaran premi asuransi mobil menggunakan kalkulator premi asuransi mobil di bawah ini. 

Tips dari Lifepal! Penyebab AC mobil tidak dingin dan hanya keluar angin saja biasanya disebabkan karena beberapa hal, seperti freon bocor, filter AC tersumbat, hingga adanya kerusakan pada termostat. 

Untuk perbaikan, sebaiknya kamu membawa mobil kamu ke bengkel agar ditangani langsung oleh ahlinya. Hal ini juga menghindari kerusakan AC mobil yang lebih parah jika kamu nekat memperbaikinya sendiri. 

Agar AC mobil kamu tetap awet, jangan lupa untuk rutin melakukan servis seperti mengganti freon AC secara berkala, membersihkan filter AC, hingga kebiasaan menyalakan AC mobil yang benar. 

FAQ terkait penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin

Pengecekan penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin serta perbaikannya akan memakan biaya yang tidak sedikit. 

Jangan sampai, masalah biaya menghambat kamu untuk melakukan perbaikan AC mobil sedini mungkin. Gunakan asuransi mobil untuk membantu kamu dalam menanggung segala biaya perawatan tersebut. 

Pilih asuransi mobil terbaik di Lifepal dengan premi terjangkau. Ada diskon hingga 25% lho!

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.