Meski belum memiliki tempat uji emisi sebanyak di DKI Jakarta, namun ada beberapa bengkel uji emisi mobil di Bekasi dan sekitarnya yang bisa kamu jadikan rekomendasi.

Pemerintah Kota Bekasi mencatat, memang baru ada sekitar 10 tempat uji emisi gas buang kendaraan di wilayahnya hingga akhir tahun 2021 lalu. 

Jumlah ini pun dianggap belum maksimal dalam hal kuantitas dan pelayanan mengingat kendaraan roda dua yang ada di Kota Bekasi mencapai 1,2 juta unit.

Padahal, uji emisi penting untuk kamu lakukan demi kontribusi pengurangan polusi dan biar kendaraan kamu nggak perlu kena sanksi.

Buat kamu warga Bekasi dan sekitarnya yang ingin melakukan uji emisi mobil, yuk simak ulasan beberapa lokasi uji emisi berikut ini!

Daftar bengkel uji emisi mobil di Bekasi

Pencarian lokasi bengkel uji emisi di Bekasi memang dapat dikatakan sulit. Banyak juga para pengguna yang memberikan review bahwa beberapa bengkel tersebut belum siap untuk melayani uji emisi.

Selain bengkel uji emisi, sebenarnya kamu bisa melakukannya di kios uji emisi, kendaraan uji emisi (mobile) dan kantor Dinas Lingkungan Hidup setempat. Lalu, gimana dong kalau kamu sulit menemukan bengkel uji emisi di Bekasi? 

Tenang aja, karena menurut Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, kendaraan bermotor dari daerah penyangga bisa melakukan uji emisi di Jakarta. 

Demikian juga daerah penyangga lain, seperti bengkel uji emisi mobil Tangerang, Bogor, Depok, dan Bekasi (Bodetabek) bisa melakukan uji emisi di DKI Jakarta lho.

Jadi, kamu bisa melipir sedikit ke daerah Jakarta Timur misalnya. Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi bengkel uji emisi yang mungkin cocok untuk kamu warga Bekasi! Yuk di cek!

1. Raperind Motor

  • Alamat: Jl. Raya Kalimalang Kompleks Billy & Moon Blok Q/2D, RT.1/RW.10, Pondok Kelapa, Durensawit, Jakarta 13450
  • Telp: (021) 8643594
  • Jam buka: 09:00-17:00 WIB

Sudah ada lebih dari 190 ulasan yang menulis bahwa bengkel yang berlokasi di daerah Kalimalang ini dapat melayani uji emisi untuk mobil bensin dan diesel. Selain itu, pelayanannya pun terbilang cepat dengan bengkel yang luas dan ruang tunggu yang nyaman.

2. Uji Emisi Mobil Bensin Diesel & Sepeda Motor (CV. Farama Consultant)

  • Alamat: Jl. Pahlawan Revolusi No.7, RW.5, Pd. Bambu, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13430
  • Telp: 087786400045
  • Jam buka: 07:00-20:00 WIB

Seperti lokasi lainnya, bengkel ini menawarkan tarif normal sebesar Rp150 ribu untuk kamu yang ingin melakukan uji emisi mobil di daerah Pondok Bambu.

Untuk pelayanannya nggak perlu diragukan lagi. Review dari para penggunanya setuju bahwa bengkel ini bagus dengan pelayanan yang ramah, fast respon di WA serta lokasi yang mudah ditemukan.

3. Nawilis Ban 

  • Alamat: POSH, Jl. Harapan Indah No.A-1, Pejuang, Kecamatan Medan Satria, Kota Bks, Jawa Barat 25314
  • Telp: (021) 88866386
  • Jam buka: 08:00-19:00 WIB

Selain uji emisi, kamu juga bisa coba untuk spooring, balancing, ganti ban, oli, aki, tune up, servis rem, dan aksesoris untuk semua jenis mobil. 

Keterampilan dan pengalamannya bahkan sudah lebih dari 50 tahun, lho. Nggak heran kalau bengkel ini sudah dipercaya oleh para customer baik perorangan maupun perusahaan.

4. Bengkel Spesialis Kaki-Kaki Mobil (Montir Hebat)

  • Alamat: Jl. Boulevard Hijau Raya Jl. Harapan Indah No.40, Pejuang, Kecamatan Medan Satria, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17131
  • Telp: 081380909900
  • Jam buka: 08:30-22:30 WIB

Kamu mungkin perlu mempertimbangkan untuk jadi member di bengkel yang satu ini, karena kamu bisa gratis spooring, tune up dan engine scanner selama setahun. Selain uji emisi, mobil kamu pun jadi lebih terawat nantinya.

5. Bengkel Mobil BOS Bekasi Timur

  • Alamat: Jl. HM. Joyo Martono No.105, RT.003/RW.013, Margahayu, Kec. Bekasi Tim., Kota Bks, Jawa Barat 17115
  • Telp: (021) 8800548
  • Jam buka: 08:00-17:30 WIB (Senin-Jumat), 08:00-18:30 WIB (Sabtu), 08:00-15:00 WIB (Minggu)

Selain uji emisi, bengkel ini juga melayani servis mobil, penggantian spare part, penggantian ban, penggantian velg, salon mobil dan car wash. 

Selain nomor telepon yang tercantum, kamu pun juga bisa menghubungi via Whatsapp ke nomor 081910897709.

6. Kios Uji Emisi Minyung Motor Mobil

  • Alamat: Jl. Raya Wijaya Kusuma No.6B, RT.18/RW.7, Malaka Sari, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13460
  • Telp: 081385530270
  • Jam buka: 07:30-17:00

Dari tampilan depannya sudah jelas banget kios ini melayani uji emisi berdasarkan spanduk yang dipasangnya. 

Dengan pelayanan yang cepat, teknisi yang ramah dan informatif, tempat ini cocok banget buat kamu warga Jakarta Timur dan Bekasi.

7. Hijrah Bersama Mobilindo Bengkel Serba Bisa 24 Jam

  • Alamat: Jl. Raya Karang Satria Raya No.10A, Karangsatria, Kec. Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17511
  • Telp: 081220180337
  • Jam buka: 24 jam

Bengkel uji emisi Bekasi yang satu ini bisa didatangi kapan saja karena beroperasi selama 24 jam. Semua review customernya setuju kalau bengkel ini punya pelayanan yang baik. 

Selain itu, kamu pun juga bisa melakukan jual beli mobil cash & kredit, wax & detailing poles, body repaint/cat ulang, body repair, air brush, modifikasi, variasi, kaca film, audio, servis dan ganti oli, digital printing.

Ada juga layanan cutting sticker, karbon celup (water printing), service jok hingga menyewakan armada truk, pick up dan thermo box.

8. Yanto Motor Service Station

  • Alamat: Jl. Kejaksaan, RT.3/RW.5, Pd. Bambu, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13430
  • Telp: (021) 8604505
  • Jam buka: 08:00-17:00 WIB, Selasa tutup

Selain uji emisi mobil, kamu mungkin akan senang melakukan perbaikan dan perawatan di bengkel ini karena peralatannya yang cukup lengkap, pelayanan yang ramah dan ruang tunggu yang nyaman.

9. PT. Catur Manunggal Perdana Mandiri

  • Alamat: No. 16, RT.3/RW.1, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450
  • Telp: (021) 8657616
  • Jam buka: 08:30-16:30 WIB (Senin-Jumat), 08:30-15:00 WIB (Sabtu), Minggu tutup

Meski berlokasi di daerah Duren Sawit, bengkel satu ini masih cukup terjangkau juga untuk kamu warga Bekasi yang ingin melakukan uji emisi. 

Atau buat kamu yang ingin melakukan perbaikan AC, filter dll pada mobil, boleh banget untuk coba di bengkel yang satu ini ya.

10. Bengkel Mobil Diesel 

  • Alamat: Jl. Ruko Perum Taman Aster No.1, Telaga Asih, Cikarang Barat, Bekasi Regency, West Java 17530
  • Telp: 081399160008
  • Jam buka: 24 jam

Ada lagi bengkel bengkel uji emisi Bekasi yang juga buka selama 24 jam, yaitu Bengkel Mobil Diesel yang satu ini. Jadi, kamu fleksibel mendatangi bengkel ini di jam berapa saja sesuai jadwal pribadimu.

Beberapa customer puas dengan pelayanan uji emisi di bengkel ini. Selain itu, penerapan standar emisi pun diikuti pula dengan peningkatan kualitas BBM. Jadi, mobil kamu akan lebih awet deh.

Berapa harga uji emisi mobil?

Biaya uji emisi mobil sebenarnya nggak terlalu mahal, kok. Apalagi sertifikat tersebut berlaku untuk satu tahun. Kisaran harganya adalah mulai dari Rp150 ribu hingga Rp165 ribu.

Buat kamu yang rutin melakukan perbaikan dan perawatan mobil, kamu juga bisa melakukan uji emisi di bengkel resmi seperti Auto 2000 (Toyota), Astra atau Asco Daihatsu dan Astrido, Honda dan Suzuki.

Namun, untuk kamu para pengguna Mercedes Benz, siap-siap merogoh kocek lebih dalam ya. Karena untuk uji emisinya bisa menghabiskan biaya sekitar Rp450 ribu, lho. Nggak heran, karena sistemnya yang sudah terkomputerisasi.

Buat kamu warga Bekasi yang memiliki Mercedes Benz dan ingin melakukan uji emisi, coba lakukan di beberapa bengkel di Jakarta berikut ini:

  • PT Cakrawala Automotif Rabhasa
  • PT Dipo Angkasa Motor
  • PT Mercindo Autorama
  • PT Panji Rama Otomotif
  • PT Putra Borneo Nusantara Indah
  • PT Suri Motor Indonesia

Pentingnya punya asuransi kendaraan

Asuransi kendaraan adalah perlindungan terbaik bagi kamu yang memiliki kendaraan dengan tarif mahal seperti mobil. 

Kalau kamu sudah terlindungi dengan asuransi kesehatan, begitu pula mobil yang penting untuk dilindungi dengan asuransi jika butuh perbaikan akibat musibah seperti kecelakaan atau bahkan pencurian. Untuk lebih jelasnya, simak video berikut ini.

Waspada dan berhati-hati tentu penting untuk selalu dilakukan saat berkendara, namun nyatanya penyebab musibah di jalan bisa dikarenakan oleh apapun dan siapapun termasuk kelalaian pribadi.

Bayangin kalau amit-amit mobil kamu dicuri orang, terlebih masih cicil dan tanpa adanya perlindungan asuransi. Kamu pun bisa tekor 2 kali, kehilangan mobil dan sia-sia pula bayar cicilannya selama ini.

Tapi, kamu nggak perlu khawatir lagi kalau punya asuransi. Mobil kamu yang hilang dicuri pun bisa diganti sesuai ketentuan polis. 

Baik mobil baru ataupun bekas, dengan asuransi All risk maupun TLO, cuma asuransi yang bisa mengerti, membantu kerugian dan memulihkan kembali finansial kamu.

Yuk segera asuransikan mobil kamu dengan asuransi mobil terbaik! Coba kuis asuransi mobil terbaik berikut ini untuk tahu jenis asuransi mobil apa yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

FAQ seputar bengkel uji emisi mobil di Bekasi

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.